10 Usaha Passive Income Online dan Offline Terbaik

Usaha Passive Income – Cara terbaik untuk menambah penghasilan sambil tetap fokus dipekerjaan utama adalah dengan membangun sumber pendapatan pasif. Memiliki penghasilan tetap dari gaji

Gilang Surya

Usaha Passive Income – Cara terbaik untuk menambah penghasilan sambil tetap fokus dipekerjaan utama adalah dengan membangun sumber pendapatan pasif.

Memiliki penghasilan tetap dari gaji memanglah keren, tapi akan lebih baik jika kita punya uang lebih yang bersumber dari usaha passive income.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki pendapatan pasif. Apalagi dengan adanya internet, peluang untuk mendapatkan uang tambahan semakin terbuka lebar.

Passive Income Terbaik
Passive Income Terbaik

Kita bisa mendapat penghasilan tambahan hanya bermodalkan HP dan sinyal internet. Misalnya dengan menjadi freelancer atau mengerjakan tugas berbayar di situs kerja online.

Pendapatan pasif juga bisa dimiliki dengan membangun usaha offline, entah itu di desa atau di kota, dengan modal kecil atau dengan modal besar, asalkan tahu usaha apa yang akan dilakukan.

Untuk membantu mu mendapat penghasilan tambahan, berikut ini kami berikan 10 ide usaha passive income online dan offline terbaik.

Usaha Passive Income Online Terbaik

Dengan bermodalkan kreativitas, kita bisa mendapat penghasilan 50 ribu perhari dari internet, bahkan bisa lebih dari itu.

Ada banyak cara untuk mendapat passive income dari internet hingga jutaan rupiah tiap bulan, di bawah ini kami rekomendasikan 5 yang terbaik.

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau program afiliasi merupakan strategi pemasaran dengan sistem komisi untuk orang yang berhasil mempromosikan suatu produk pihak ketiga.

Tugas seorang affiliate marketer adalah mempromosikan produk dengan menyertakan tautan produk di berbagai media, bisa blog, channel youtube, facebook fanspage, atau akun sosmed.

Affiliate Marketing
Affiliate Marketing

Kita akan mendapat bayaran berupa komisi penjualan jika berhasil menjual produk melalui link atau tautan promosi produk tersebut.

Jumlah komisi yang diberikan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang produknya kamu promosikan. Contohnya, komisi 10% untuk program afiliasi shopee.

Jika kamu ingin mendapat passive income melalui program afiliasi, kamu perlu belajar copywritingagar kamu semakin mudah menjual produk yang kamu promosikan.

2. Kontributor Microstocks

Jika kamu seorang fotografer, videografer, atau ilustrator, kamu bisa mendaftar sebagai kontributor di situs microstocks untuk mendapat passive income.

Microstocks adalah platform tempat jual beli aset digital seperti foto, footage video, dan gambar vektor. Kontributor yang karyanya didownload di situs microtocks, akan mendapat bayaran sesuai kebijakan yang berlaku.

Kontributor Micostocks
Situs Microstocks

Setiap asset yang dibuat oleh kontributor bisa diunduh tanpa batas, sehingga bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang menguntungkan.

Penghasilan dari menjadi kontributor microstocks memang tidak instan, kita harus konsisten mengupload aset yang sedang diminati agar penghasilan yang kita dapat bertambah.

Ada banyak situs microstocks di internet, tapi jika kamu ingin tahu yang terbaik, silakan baca artikel 7 Situs Microstocks Terbaik.

3. Membuat E-book

Salah satu cara yang paling populer untuk membangun sumber pendapatan pasif adalah dengan menulis E-Book.

Menulis E-Book perlu kamu coba jika ingin memiliki passive income dengan modal kecil. Karena memang tidak butuh banyak modal untuk membuat E-Book, cukup dengan laptop dan kreativitas.

E-Book juga relatif lebih mudah dibuat dibanding buku biasa, sebab E-book bisa dibuat hanya dengan 30 sampai 50 halaman saja.

Menulis E-Book
Menulis E-Book

Tapi kamu tetap harus memiliki keahlian dalam topik yang ingin kamu tuliskan. Jangan sampai menulis sembarangan apalagi salah menulis informasi, karena akibatnya bisa fatal.

Menulis E-Book bisa jadi kerja sampingan untuk mahasiswa yang menguntungkan, apalagi jika yang dituliskan adalah hal-hal yang sedang dibutuhkan.

Setelah E-Book mu selesai dibuat, kamu bisa menjualnya di media sosial. Harga E-Book rata-rata antara Rp50.000 sampai Rp100.000 tergantung topik yang dibahas.

4. Dividen Saham

Investasi Saham sudah menjadi cara yang paling umum digunakan untuk memperoleh kekayaan. Kita bisa mendapat penghasilan tambahan dari dividen saham setiap beberapa bulan sekali.

Pemegang saham perusahaan yang berhasil mencetak laba akan mendapat dividen atau bagi hasil secara berkala dari perusahaan tersebut.

Dividen Saham
Dividen Saham

Dividen dibayarkan perlembar saham, jadi semakin banyak saham yang dipunya, semakin besar juga dividen yang akan didapat.

Karena dividen saham bergantung pada keuntungan perusahaan, kita sebagai pemegang saham tidak perlu melakukan apapun untuk bisa merasakan dividen saham.

Dengan kata lain, dividen saham bisa menjadi passive income yang ideal. Tapi kamu perlu memilih saham perusahaan yang kinerjanya bagus, agar bisa rutin memberi dividen.

5. Membuat E-courses

Cara terbaik mendapat passive income online adalah dengan membuat e-courses atau kursus online dalam bentuk audio atau video.

Kursus online sedang banyak diminati, sehingga potensi untung dari bisnis ini cukup tinggi. Apalagi jika kamu memiliki keahlian yang permintaannya sedang tinggi, kamu bisa mendapat banyak uang dari e-courses.

E-Courses
Membuat E-Courses

Kursus dalam bentuk audio atau video bisa dijual melalui situs seperti SkillShare, Udemy, dan Coursera.

Sama seperti platform microstocks, e-courses mu bisa diunduh tanpa batas disitus tersebut. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Membuat e-courses tidaklah mudah, kamu perlu tahu cara membangun brand awareness terlebih dahulu agar ada yang tertarik mengikuti kursus mu.

Usaha Passive Income Offline

Meskipun ada banyak cara mendapatkan uang di Internet, usaha mendapatkan passive income juga bisa dilakukan secara offline.

Ada banyak peluang usaha offline yang bisa menjadi sumber pendapatan pasif. Berikut ini daftarnya.

6. Kos-kosan atau Kontrakan

Baik bisnis kos-kosan ataupun kontrakan sepertinya akan tetap potensial dalam waktu lama. Peluang bisnis ini masih sangat besar, mengingat pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang tumbuh perlahan.

Jika kamu memiliki kamar kosong di rumah, atau punya rumah yang tidak ditinggali, ada baiknya disewakan saja untuk mendapat penghasilan tambahan.

Bisnis kos-kosan atau kontrakan tidak butuh usaha yang terlalu besar, tapi butuh modal yang cukup besar. Karena kamu harus punya properti untuk menjalankan bisnis ini. Tapi jika sudah punya, kamu tinggal menunggu penghuni kos membayar biaya sewa.

Yang paling dalam bisnis kos-kosan adalah lokasinya strategis, dekat dengan kampus atau daerah perkotaan. Dengan begitu, kos-kosan mu akan berpeluang lebih besar untuk laku.

7. Menyewakan Lahan Parkir

Bisnis parkir bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin punya pendapatan pasif tapi tidak punya skill khusus.

Kamu bisa mulai menyewakan lahan parkir untuk mendapat passive income tanpa usaha besar. Untuk membuka usaha parkir dibutuhkan lahan kosong dan tenaga kerja untuk menjaga keamanan parkiran.

Sama seperti kos-kosan, usaha parkir juga akan berjalan lancar jika berada ditempat yang strategis. Dengan demikian, potensi penghasilan dari lahan parkir bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per hari.

8. Usaha Carter Kendaraan

Jika kamu memiliki kendaraan yang menganggur, lebih baik disewakan saja untuk mendapat penghasilan tambahan.

Carter atau penyewaan kendaran bisa menjadi sumber passive income yang menguntungkan, apalagi jika dilakukan di tempat wisata seperti Bali dan Lombok.

Kendaraan yang disewakan tidak harus mobil mewah, kamu bisa menyewakan motor bebek ataupun matic seperti beat dan vario kepada turis asing.

Potensi penghasilan dari bisnis carter kendaraan mulai dair ratusan hingga jutaan rupiah perhari.

9. Sarang Walet

Usaha passive income offline lainnya adalah bisnis sarang walet. Sarang walet yang terbuat dari ludah burung walet punya harga yang sangat mahal, bisa mencapai jutaan rupiah per kilogram.

Karena itulah banyak orang yang berusaha mendapatkan sarang burung walet dengan cara membangun gedung tinggi sebagai tempat burung walet membuat sarang.

Jika kamu punya modal yang cukup, kami sarankan untuk mempertimbangkan sarang walet sebagai usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

10. WIFI Hotspot

Usaha passive income yang terakhir adalah penyewaan Wifi Hotspot. Penyewaan wifi hotspot bisa menjadi sumber passive income yang menguntungkan di desa.

Caranya adalah dengan memasang Wifi dirumah lalu menjual voucher aksesnya. Tapi kamu perlu menggunakan paket wifi khusus jika ingin menjalankan usaha ini, jika tidak kamu bisa dituntut oleh provider wifi yang kamu gunakan.

Itulah tadi 10 usaha passive income terbaik yang bisa dilakukan secara online dan offline. Jangan lupa membangun sumber pendapatan pasif secepat mungkin untuk masa depan yang lebih terjamin.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment