10 Tips Menabung untuk Pelajar, Mudah!

Tips Menabung – Bagi sebagian pelajar, tidak mudah menyisihkan uang untuk ditabung. Salah satu alasannya karena pelajar hanya bisa mengandalkan uang saku dari orang tua.

Gilang Surya

Tips Menabung – Bagi sebagian pelajar, tidak mudah menyisihkan uang untuk ditabung. Salah satu alasannya karena pelajar hanya bisa mengandalkan uang saku dari orang tua.

Uang saku yang diberikan orang tua biasanya hanya cukup untuk jajan disekolah. Karena itulah banyak pelajar kesulitan menyisihkan uang saku.

Jangan khawatir jika kamu termasuk pelajar yang kesusahan menyisihkan uang saku untuk ditabung, karena kami sudah membuat 10 tips mudah menabung untuk pelajar yang bisa kamu terapkan.

10 Tips Menabung untuk Pelajar

Tips Menabung untuk Pelajar
Tips Menabung untuk Pelajar

Sebenarnya ada berbagai alasan yang menyebabkan pelajar kesulitan menabung. Selain persoalan uang saku, habit atau kebiasaan juga mempengaruhi kemampuan menabung. Kebiasaan boros tentu berakibat pada pengeluaran yang membesar, padahal uang saku terbatas.

Selain dua hal tersebut, ada alasan lain yang membuat pelajar kesulitan menabung. Di bawah ini beberapa contohnya.

  • Memiliki kegiatan yang perlu biaya
  • Tidak punya motivasi
  • Bernafsu membeli barang yang diinginkan
  • Tidak memahami kondisi keuangannya

Jika salah satu atau beberapa contoh di atas terjadi padamu, kamu perlu memikirkan cara menabung yang efektif dan efisien.

Karena itulah kami menyusun tips menabung untuk pelajar agar bisa membantu para pelajar memahami cara menyisihkan uang dengan baik.

1. Temukan Motivasi Menabung

Motivasi Menabung
Motivasi Menabung

Tips menabung untuk pelajar yang pertama adalah mencari motif atau tujuan menabung. Segala sesuatu yang kita kerjakan harus ada tujuannya, termasuk menabung. Jadi sebelum mulai menabung kita harus tentukan tujuannya terlebih dulu.

Tujuan bisa jadi motivasi dan penyemangat. Karena kita akan berusaha untuk menggapai tujuan tersebut dan secara tidak langsung mendorong kita untuk terus menabung.

Tapi biasanya menabung adalah bentuk aksi dari tujuan dan keinginan. Artinya, hampir pasti setiap orang menemukan tujuan menabungnya.

2. Merencanakan Anggaran

Merencanakan Anggaran
Merencanakan Anggaran

Merencanakan anggaran harus dilakukan, khususnya untuk pelajar yang uang sakunya terbatas. Dengan merencanakan anggaran pengeluaran kita bisa lebih terkontrol dan terhindar dari perilaku boros.

Salah satu metode budgetingatau perencanaan anggaran adalah metode 50-30-20. Maksud dari metode ini yaitu, 50% uang dibelanjakan kebutuhan, 30% uang dibelanjakan keinginan, dan 20% uang untuk ditabung.

Metode budgetingini cocok diterapkan oleh pelajar yang diberi uang saku bulanan. Tapi bisa juga dipraktikkan oleh pelajar yang punya uang saku harian.

3. Menyisihkan Uang Saku

Uang Saku
Uang Saku

Satu tips menabung untuk pelajar yang mungkin sering kamu dengar, “menyisihkan uang saku”. Kita sering mendengar nasihat dari orang tua untuk membiasakan diri menabung sebagian uang saku.

Menyisihkan uang saku wajib dilakukan pelajar, berapapun nominalnya. Meskipun sedikit, uang saku tetap harus disisihkan untuk ditabung. Karena nominal yang sedikit tersebut akan jadi banyak jika dikumpulkan dengan teratur.

Selain itu, menyisihkan uang saku juga akan membentuk kebiasaan menabung. Jika kesulitan, kamu bisa menggunakan metode 50-30-20 yang sebelumnya kita bahas untuk membantu mu menyisihkan uang saku.

4. Mencari Pendapatan Tambahan

Pendapatan Tambahan
Pendapatan Tambahan

Memang benar kita bisa menyisihkan uang saku untuk ditabung, tapi akan jadi lebih baik jika tidak hanya mengandalkan uang saku. Caranya adalah dengan mencari pendapatan tambahan.

Jika punya penghasilan sendiri uang yang bisa ditabung jumlahnya akan jadi lebih banyak. Untuk mendapat penghasilan tambahan, bisa mulai dengan kerja sampingan yang tidak memakan banyak waktu. Ini bisa disebut tips menabung untuk pelajar yang gemar cari uang.

Kamu bisa membaca artikel 10 Kerja Sampingan untuk Pelajar di Waktu Luang  untuk mendapatkan informasi kerja sampingan yang cocok dengan mu.

5. Membuat Catatan Keuangan

Catatan Keuangan
Catatan Keuangan

Membuat catatan sirkulasi uang wajib dilakukan jika kamu ingin menabung secara efektif. Dengan membuat catatan keuangan, kita bisa mengetahui dari mana saja sumber uang dan digunakan untuk apa saja uang kita.

Catatan keuangan juga membantu kita mempertimbangkan hal-hal yang patut dibeli dan tidak. Juga mempermudah kita untuk memantau habitatau kebiasaan dalam penggunaan uang.

Dengan beragam manfaat tadi, catatan keuangan menjadi tips menabung untuk pelajar yang perlu kamu coba terapkan.

6. Pahami Kebutuhan dan Keinginan

Penting banget untuk paham konsep kebutuhan dan keinginan jika ingin sukses menabung efektif. Secara sederhana kebutuhan adalah sesuatu yang harus Anda miliki dalam hidup, sedangkan keinginan didefinisikan sebagai sesuatu yang diharapkan untuk Anda miliki.

Dengan memahami konsep kebutuhan dan keinginan, kamu bisa membuat daftar prioritas yang harus dibeli dan daftar keinginan yang bisa diusahakan lain waktu.

Kamu bisa membuka catatan keuangan untuk memilah antar kebutuhan dan keinginan, sehingga penggunaan uang mu dapat efisien.

7. Gunakan Celengan

Gunakan Celengan
Gunakan Celengan

Selain berfungsi sebagai tempat melindungi uang dari pencuri, celengan juga bisa melindungi uang dari pemakaian yang tidak perlu oleh pemiliknya.

Jika kamu adalah orang yang mudah tergoda membelanjakan uang, celengan bisa jadi solusinya. Kamu akan kesulitan mengambil uang yang sudah dimasukkan ke celengan, sehingga kamu akan lebih terlindungi dari perbuatan boros.

Menggunakan celengan jadi tips menabung untuk pelajar karena akan ada dua manfaat yang dirasakan, yaitu semakin rajin menabung dan terhindar dari perbuatan boros.

8. Jangan Remehkan Uang Kecil

Uang Kecil
Uang Kecil

Jangan pernah menyia-nyiakan uang kecil. Mungkin banyak diantara kita yang meremehkan uang koin pecahan ratusan rupiah, karena nominalnya dianggap kecil.

Jangan pernah lagi lakukan hal tersebut. Sebab, uang kecil akan bernilai besar jika rutin dikumpulkan. Untuk membuktikannya, coba kamu kumpulkan uang koin dalam wadah atau celengan selama satu minggu kedepan, lalu hitung berapa jumlahnya.

Dan coba kamu renungkan kenapa Indomar*t sering menawarkan uang kembalian kita untuk didonasikan padahal nominalnya hanya ratusan rupiah.

9. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Tips menabung untuk pelajar yang berikutnya adalah menyibukkan diri dengan kegiatan positif yang tidak butuh biaya banyak. Salah satu penyebab pelajar sulit menabung adalah banyaknya kegiatan boros yang dilakukan.

Contoh kegiatan positif yang bisa kamu lakukan adalah belajar dan mengasah skill di Internet. Selain dapat membantu mengalihkan mu dari kegiatan boros, mengasah skill juga akan meningkatkan kualitas diri.

Atau mengisi survey berbayar. Dengan mengisi survey berbayar, kamu akan mendapatkan upah. Jika kamu tertarik dengan survey berbayar, silakan baca artikel Nusaresearch Penghasil Saldo Gopay.

10. Membuat Target

Membuat target menabung penting dilakukan. Mirip seperti tujuan menabung, adanya suatu target akan membuat kita lebih giat menabung dan menghemat uang.

Jika kita punya target yang ingin dicapai, alam bawah sadar kita akan berusaha mencapai target tersebut sebaik dan secepat mungkin.

Kesimpulan

Itu tadi daftar tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu terapkan. Perlu kamu ketahui, menabung itu penting untuk persiapan masa depan. Jadi jangan malas nabung yaa.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment