Rincian Modal Usaha Angkringan dan Labanya

 Jika ingin memulai bisnis angkringan, kita harus tahu terlebih dahulu berapa modal usaha angkringan dan potensi keuntungan usaha angkringan. Modal dan potensi profit atau keuntungan

Gilang Surya

 Jika ingin memulai bisnis angkringan, kita harus tahu terlebih dahulu berapa modal usaha angkringan dan potensi keuntungan usaha angkringan.

Modal dan potensi profit atau keuntungan adalah hal yang wajib diketahui jika ingin membuka usaha, termasuk usaha angkringan.

Lalu berapa modal yang dibutuhkan jika ingin berbisnis angkringan? Dan berapa potensi kentungan dari usaha angkringan?

Modal Usaha Angkringan
Modal Usaha Angkringan

Angkringan memang menjadi salah satu peluang usaha yang potensial, sebab popularitas angkringan meningkat sebagai tempat nongkrong.

Kepopuleran angkringan tentu berpotensi mendatangkan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya.

Apakah kamu berniat memulai bisnis angkringan? Dalam artikel ini akan disebutkan modal usaha angkringan secara rinci juga potensi keuntungan bagi para pelakunya.

A. Modal Usaha Angkringan

Berikut ini rincian modal usaha angkringan, mulai dari sewa tempat, biaya membuat gerobak, meja & kursi, Perlengkapan masak, dan Bahan makanan.

1. Sewa Tempat

Modal pertama yang harus kamu pikirkan matang-matang adalah lokasi atau tempat membuka usaha angkringan.

Kalau kita merujuk kota Yogyakarta, usaha angkringan umumnya terletak di pinggir jalan dengan luas yang tidak seberapa, namun cukup untuk memarkirkan gerobak dan kursi meja.

Jika ingin membuka lapak dagangan dipinggir jalan, kita harus rela mengeluarkan uang sewa, meskipun tidak ada fasilitas yang disediakan.

Sebenarnya kita tidak bisa memastikan, berapa biaya sewa lapak di pinggir jalan, karena tergantung pengelolanya. Sebab, terkadang ada pihak non-pemerintah yang mengelola bisnis lapak dagangan di pinggir jalan.

Tapi kami menyarankan untuk menyiapkan uang antara 400 ribu sampai 700 ribu Rupiah per bulan sebagai budget sewa tempat.

Namun di beberapa kota di luar pulau jawa, usaha angkringan justru dibuka di teras atau halaman rumah. Jika demikian, tentu kita tidak perlu mengeluarkan uang sewa.

2. Gerobak

Modal usaha angkringan selanjutnya adalah Gerobak. Gerobak untuk usaha angkringan tidak jauh beda dengan gerobak usaha lain, seperti gerobak bakso, dan gerobak pentol.

Tetapi gerobak angkringan harus didesain sedemikian rupa hingga bisa digunakan sebagai meja serta muat untuk memasukkan panci, dan etalase makanan. Jadi ukurannya memang agak besar dari gerobak pada umumnya.

Gerobak Angkringan
Gerobak Angkringan

Merujuk e-commerce Tokopedia dan Shopee, harga gerobak angkringan komplit dengan kursi dan mejanya berkisar antara 2 Juta sampai 2,5 Juta Rupiah.

Jika ingin menekan modal, kita harus membuat sendiri gerobak angkringan. Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membuat gerobak angkringan tanpa meja dan kursi adalah 1,5 Juta Rupiah.

Perlu diketahui, gerobak angkringan harus dibuat dengan material berkualitas yang mampung menopang bobot yang lumayan berat.

3. Meja dan Kursi

Angkringan pada umumnya menggunakan gerobak sebagai meja serta bangku panjang dari kayu untuk tempat duduk pembeli.

Tapi akan lebih baik jika menggunakan meja tambahan. Karena bisa menampung lebih banyak pembeli.

Estimasi biaya yang diperlukan untuk menyiapkan bangku dan meja tambahan sekitar 300 ribu sampai 600 ribu Rupiah.

4. Perlengkapan Masak dan Makan

perlengkapan masak dan makan yang dibutuhkan sebagai modal usaha angkringan antara lain, panci, wajan, kompor, tabung gas, termos, sendok, garpu, gelas dan lain-lain.

Perkiraan biaya untuk membeli perlengkapan masak dan makan tersebut antara lain 1 Juta sampai 1,5 Juta Rupiah.

Perlu diingat bahwa nominal di atas hanya perkiraan, bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung domisili usaha angkringan dan perlengkapan yang dipilih.

5. Bahan Makanan dan Minuman

Modal membeli bahan makanan dan minuman untuk usaha angkringan berkisar 2 Juta sampai 3 Juta Rupiahuntuk satu bulan jualan.

Uang dengan nominal tersebut lebih dari cukup untuk membeli berbagai bahan makanan dan minuman yang umum dijual di Angkringan, seperti gorengan, nasi kucing, bihun, kopi dan teh.

Tapi jika ingin untung yang lebih banyak, sebaiknya jual berbagai menu. Sebab, semakin beragam menu makanan dan minuman yang tersedia, akan semakin besar pula peluang keuntungannya

Menu Angkringan
Menu Angkringan

Menu makanan dan minuman di angkringan punya ke khasan tersendiri, yaitu angkringan menjual makanan dan minuman tradisional yang murah.

Namun seiring perkembangan zaman, pilihan menu di Angkringan semakin beragam demi memenuhi keinginan konsumen.

Total Modal Usaha Angkringan

Berikut ini perkiraan total modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha angkringan.

  1. Sewa Tempat : 400 Ribu Rupiah
  2. Gerobak : 1,5 Juta Rupiah
  3. Meja dan Kursi : 300 Ribu Rupiah
  4. Perlengkapan Masak dan Makan: 1,5 Juta Rupiah
  5. Bahan Makanan dan Minuman : 2 Juta Rupiah per bulan

Total : Rp5.700.000

Perlu diingat bahwa nominal diatas hanyalah perkiraan. Modal usaha angkringan sangat mungkin berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Jika kamu merasa modal membuka usaha angkringan terlalu besar, sepertinya kamu perlu membaca artikel Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu untuk membantu mu mendapatkan ide usaha yang sesuai modal mu.

Berwirausaha punya prinsip yang mirip dengan investasi yaitu High risk high return. Semakin besar modal yang kita keluarkan untuk usaha, semakin besar juga peluang untung kita.

Lalu, berapa keuntungan usaha Angkringan?

B. Perkiraan Keuntungan Usaha Angkringan

Menu makanan dan minuman di Angkringan rata-rata dijual dengan harga Rp1500 per porsi.

Anggap jika dalam satu hari ada 100 orang yang belanja di Angkringan mu. Lalu, setiap satu orang memesan makanan dan minuman, yang berarti mereka menghabiskan uang Rp3500 per orang.

Rp4000 × 100 = Rp350.000 per hari. Rp350.000 × 30 hari = Rp10.500.000 per bulan.

Usaha Angkringan bisa mendapat omzet Rp10.500.000 per bulan. Namun itu belum masih omzet kotor dan harus dikurangi biaya sewa tempat dan bahan makanan serta minuman.

Biaya Sewa tempat + Modal Bahan Makanan dan Minuman = Rp400.000 + Rp2.000.000 = Rp2.400.000.

Omzet Per bulan – Biaya Sewa tempat + Modal Bahan Makanan dan Minuman = Rp10.500.000 – Rp2.400.000 = Rp8.100.000.

Pendapatan Rp8.100.000 per bulan terbilang besar, apalagi jika dari lapak Angkringan kecil yang modalnya tidak sampai 50% keuntungan.

Keuntungan Usaha Angkringan
Keuntungan Usaha Angkringan

Jika pendapatan per hari konsisten, dalam satu bulan kamu sudah bisa balik modal bahkan langsung mendapat untung dari usaha angkringan.

Tapi kita juga harus paham, bahwa berdagang tidak selalu ramai pembeli ada kalanya sepi, ada juga waktunya laris dan ramai pembeli.

Jadi sebagai wirausahawan kita harus siap mental untuk menghadapi berbagai kondisi usaha kita.

Jika kamu mencari ide jualan makanan yang laku setiap hari, silakan baca artikel 10 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari.

Kesimpulan

Modal usaha angkringan tidak terlalu besar, tergantung dengan domisili dan strategi pelaku usaha untuk memilih menu makanan dan menentukan lokasi. Tetapi, perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha Angkringan ialah Rp5.700.000.

Keuntungan usaha angkringan juga terbilang besar jika penghasilannya konsisten. Tugas pelaku usaha angkringan hanya tinggal menyiapkan strategi untuk promosi usahanya.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment