Review Rev.com: Cara Kerja dan Bayarannya

Rev.com Freelance – Tahukah kamu, kita bisa mendapatkan uang di internet hanya dengan mengetik kalimat? Ada website yang menawarkan bayaran kepada siapa saja yang mau

Gilang Surya

Rev.com Freelance – Tahukah kamu, kita bisa mendapatkan uang di internet hanya dengan mengetik kalimat?

Ada website yang menawarkan bayaran kepada siapa saja yang mau mengetik transkrip video atau audio di situs mereka. Website itu bernama Rev.com.

Rev.com adalah situs penyedia layanan speech-to-text atau biasa disebut transkrip. Website ini mirip seperti Fiverr yang menyediakan berbagai jasa dari para freelancerdi seluruh dunia. Namun bedanya, Rev hanya berfokus pada layanan transkrip.

Review Rev.com

Di situs ini kita bisa mendaftar sebagai freelancer yang bertugas membuat transkrip. Namun sebelum mendaftar, kamu harus yakin apakah situs ini benar membayar atau hanya penipuan/scam?

Selain itu, kamu juga harus mengetahui berapa bayaran yang kita terima jika bekerja sebagai freelancer di website rev.com. Jangan sampai kita menyesal karena mendapat bayaran yang tidak layak.

Untuk itu kami membuat artikel review rev.com ini, dengan tujuan memastikan bahwa situs ini bukan scam dan menginformasikan potensi penghasilan yang bisa kita dapatkan.

Apa itu Rev.com

Sebelum mengetahui scam tidaknya rev.com dan jumlah bayaran yang kita terima, kita harus tahu terlebih dahulu asal-asul dari website ini.

Rev.com merupakan marketplace trancription, secara sederhana situs ini mirip seperti aplikasi Tokopedia, Shopee, dan Bukapalapak. Bedanya rev.com hanya menjual jasa transkripsi.

Rev.com sendiri didirikan oleh mahasiswa MIT (Massachusetts Institute of Technology) pada 2010 lalu. Jadi sudah lebih 10 tahun platform ini eksis di Internet.

Dalam jangka 10 tahun tersebut, Rev berhasil menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga perusahaan besar. Sebut saja CBS, TCM, Duke University, Amazon hingga Microsoft pernah menjadi kliennya.

Rev menyediakan jasa transkrip menggunakan teknologi Speech Recognition Artificial Intellgence atau kecerdasan buatan yang dibuat khusus untuk pengenalan suara.

Meski begitu, Rev.com masih membuka peluang kerja bagi para freeelancer.

Apakah Rev.com Scam?

Keaslian suatu aplikasi atau website penghasil uang di Internet harus benar-benar dicari tahu. Sebab ada banyak platform dan situs web yang mengambil uang dari pengguna dan menjanjikan penghasilan tapi malah scam atau menipu.

Misalnya aplikasi Golns yang sempat viral tahun 2020 lalu. Aplikasi tersebut meminta sejumlah uang dari penggunanya sebagai syarat menggunakan aplikasi tersebut, tapi ternyata aplikasi golns malah menipu dan menghilang.

Informasi lebih lengkap tentang aplikasi Golns bisa kamu baca di artikel Aplikasi Golns Membayar atau Hanya Penipuan?

Lalu, apakah website Rev.com Scam?

Berdasarkan riwayat kerja samanya bersama merek-merek besar dan terkenal, kemungkinan rev.com bukan scam. Selain itu, ulasan di trustpilot dan glassdoor juga menunjukan sentimen yang positif terhadap website transkripsi ini.

Meskipun demikian, tetap saja ada ulasan buruk tentang rev.com, misalnya upah rendah, akun yang dinonaktifkan tanpa alasan, dan sulit mendapat orderan.

Namun perlu diketahui, ada dua ciri khas website penghasil uang yang scam. Ciri tersebut antara lain, tidak ada halaman media sosial dan tidak menyertakan alamat.

Sedangkan Rev.com sebaliknya, situs ini memiliki akun facebook, Instagram, twitter, LinkedIn, dan Youtube dengan ribuan pengikut.

Rev.com juga menyertakan alamat operasinya, yaitu di 222 Kearny St, 8th Floor San Francisco, CA 94108 dan 1717 W 6th St, Suite 310 Austin, TX 78703, Amerika Serikat.

Berdasarkan beberapa kenyataan tersebut, kami menyimpulkan bahwa website Rev.com bukanlah scam, hanya saja ada beberapa pengguna yang tidak puas dengan bayaran dari website ini.

Bayaran dari Rev.com

Bayaran yang kita terima tergantung pekerjaan yang kita selesaikan. Perlu diketahui, ada tiga posisi yang tersedia untuk para freelancer. Ketiga posisi tersebut memiliki bayaran yang berbeda-beda. Berikut ini posisi yang bisa diisi oleh freelancer.

  • Transcriptionist: Mengubah audio bahasa Inggris lisan menjadi dokumen tertulis.
  • Captioner: Transkripsikan bahasa Inggris lisan dan tambahkan teks ke video.
  • Subtitler: Terjemahkan kata-kata yang diucapkan di layar dan tambahkan subtitle ke video.

Untuk Transcriptionist, bayaran yang diterima antara $0.30 sampai $1.10 per audio atau menit video. Sedangkan Captioner dibayar antara $0.54 hingga $1.10 per audio atau menit video. Bayaran yang paling besar diterima oleh Subtitler, $1.50 sampai $3.00 per audio atau menit video.

Jika dirupiahkan, bayaran paling rendah yang diterima freelancer sekitar Rp4.000 dan bayaran paling tinggi Rp43.000.

Bayaran tersebut dinilai terlalu rendah bagi sebagian orang, sebab usaha yang dikeluarkan tidak sebanding dengan upah atau bayaran yang didapat.

Meskipun transkripsi tidak membutuhkan skill khusus, tapi hal tersebut butuh keterampilan mengetik yang andal supaya bisa menyelesaikan banyak transkrip dalam satu hari.

Secara tidak langsung para freelancer diharuskan menyelesaikan banyak transkrip untuk bisa menghasilkan uang dengan jumlah yang layak.

Namun masalahnya, tidak setiap hari ada pesanan transkripsi yang masuk, sehingga para freelancer tidak bisa mendapat bayaran yang layak. Ditambah lagi risiko penonaktifan akun tanpa alasan yang jelas makin memperburuk kondisi freelancer.

Memang website penghasil uang seperti rev.com tidak bisa membuat kita kaya, tapi kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari situs ini.

Jika kamu ingin mendapat bayaran yang lebih besar hingga 100 ribu rupiah, mungkin kamu perlu mencoba aplikasi Nusaresearch. Silakan baca artikel Nusaresearch Aplikasi Survey Berbayar Paling Menguntungkan.

Tapi jika kamu menganggap bayaran dari rev.com sudah cukup dan ingin mendaftar ke website tersebut, silakan masuk ke alamat rev.com/freelancers.

Kesimpulan

Rev.com adalah website freelancer khusus transkripsi yang legit dan bukan scam. Namun bayaran dari website ini tidak besar, hanya puluhan ribu rupiah. Orderan dari rev.com juga sedikit, apalagi untuk freelancer baru. Jadi, jangan mengharap penghasilan besar dari website ini.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment