Mengulas Remotasks Situs Kerja Online Viral, Legit atau Scam?

Remotasks – Apakah kamu sedang mencari penghasilan tambahan tapi bingung mencari kerja sampingan yang fleksibel? Jika iya, mungkin kamu harus mencoba Remotasks. Dalam artikel ini

Gilang Surya

Remotasks – Apakah kamu sedang mencari penghasilan tambahan tapi bingung mencari kerja sampingan yang fleksibel?

Jika iya, mungkin kamu harus mencoba Remotasks. Dalam artikel ini kami akan mengulas salah satu situs micro job yang pernah viral di tiktok beberapa waktu lalu tersebut.

Kami akan membahas semua yang perlu kamu ketahui, termasuk apakah situs tersebut legit atau scam, siapa saja yang bisa menggunakannya, berapa penghasilan dari remotasks, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Remotasks

Review Remotasks
Review Remotasks

Remotasks adalah salah satu situs micro job yang menawarkan bayaran kepada penggunanya untuk melakukan pekerjaan atau tugas-tugas ringan.

Platform micro job ini memiliki lebih dari 240 ribu tugas atau pekerjaan dan tersedia di 90 negara termasuk Indonesia.

Situs micro job dijalankan oleh Smart Ecosystem, Inc.,sebuah perusahaan yang beralamat di 398 11th Street San Francisco, California US 94103.

Perusahaan tersebut berfokus pada pengembangan teknologi Artificial Intelegence, karena itulah kebanyakan tugas di remotasks berhubungan dengan pengumpulan data.

Beberapa tugas yang akan kamu temukan misalnya penandaan gambar, menyalin, memoderasi komentar, mengumpulkan data, dan mengkategorikan gambar 2D/3D.

Ada juga tugas lain yang melibatkan deteksi dan jangkauan cahaya. Tugas ini lebih sulit, tapi memberikan bayaran yang lebih besar.

Remotasks Legit atau Scam?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul tentang situs microjob ini adalah Remotasks legit atau scam? Membayar atau penipuan?

Wajar jika pertanyaa seperti itu muncul karena memang banyak situs penghasil uang diinternet hanyalah scam dan merugukan penggunanya.

Tapi Remotasks bukanlah scam, tetapi mungkin masih banyak yang skeptis. Ada beberapa hal untuk membuktikan bahwa situs tersebut sah.

Misalnya, platform tersebut mendapat ratting 4,4 dari 5 berdasarkan 138 ulasan di facebook pada saat itu. Mereka juga punya lebih dari 80.000 pengikut di facebook.

Memang rating dan pengikut bisa dipalsukan, jadi dua hal tersebut tidak bisa jadi bukti mutlak. Tapi dalam kasus Remotasks rating dan pengikut tersebut asli.

Di berbagai media review, situs micro job ini mendapat penilaian cukup baik dari pengguna. Mereka membayar pengguna secara rutin dan tepat waktu.

Satu hal yang agak mencurigakan dari situs ini hanyalah anonimitas pemilik. Meskipun ada alamat yang dicantumkan, tidak ada informasi lebih untuk memvalidasi kepemilikan situs tersebut.

Remotasks Legit
Source: Swiftsalary.com

Meski begitu bukan berarti remotasks scam. Sebab ada banyak pengguna yang sudah menerima bayaran dari platform kerja online ini.

Jika kamu ingin tahu situs yang sudah terbukti legit, kamu bisa mencoba Nusaresearchplatform survey online atau Picoworkerssitus micro job popluer.

Tapi perlu kami sampaikan sekali lagi, kalau platform microjobs tersebut sah dan benar membayar penggunanya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengerjakan tugas-tugas yang disediakan untuk mendapat bayaran.

Cara Mendapat Bayaran di Remotasks

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mendapat bayaran di Remotasks kita harus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Namun ada beberapa tahapan yang harus dilewati terlebih dahulu sebelum mulai menghasilkan uang di situs ini.

1. Mendaftar Remotasks

Kamu harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun facebook atau akun Gmail. Sebenarnya ada fitur mendaftra dengan menggunakan email dan kombinasi kata sandi, tapi fitur itu sudah dihapus.

Karena akun facebook dan Gmail menyimpan banyak informasi penting, kami sarankan untuk mendaftar menggunakan akun dummy atau membuat akun khusus untuk remotasks.

Cara mendaftarnya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke halaman sign up, lalu pilih metode pendaftaran yang kamu suka.

2. Mengerjakan Ujian

Sebelum mengerjakan tugas dan mendapat bayaran, kita harus lulus berbagai ujian. Namun ujian ini seharusya tidak terlalu sulit, karena akan ada pelatihannya.

Ujian ini sebagai persyaratan untuk sertifikasi kelayakan pengguna mengerjakan tugas, jadi pastikan kamu mengerjakan ujian atau tes ini dengan sungguh-sungguh.

Memang butuh langkah ekstra untuk menghasilkan uang di platform microjob ini, tapi bayaran yang diberikan sepadan dengan yang kita kerjakan.

Jika kamu ingin menggunakan platform micro job yang lebih mudah digunakan, silakan baca artikel 5 Situs Micro Job Indonesia dan Luar Negeri Terbaik.

3. Mengerjakan Tugas-Tugas Ringan

Setelah mendaftar dan berhasil mengerjakan berbagai tes ujian, kamu bisa mulai mengerjakan tugas-tugas ringan yang tersedia. Ada beberapa kategori tugas yang tersedia.

  • Image Annotation atau Anotasi Gambar adalah salah sati pekerjaan yang mudah diselesaikan. Dalam tugas jenis ini biasanya pengguna diminta menggambar di sekitar objek untuk menunjukan lokasi persisnya dalam gambar.
  • Categorization atau Kategorisasi adalah jenis tugas yang meminta pengguna untuk mendeskripsikan suatu objek dengan kata kunci tertentu.
  • Image Transcription atau Transkripsi Gambar merupakan tugas berupa menjelaskan fitur penting dalam suatu gambar atau objek.
  • Audio Trancription merupakan tugas untuk mentranskripsikan audio ke dalam bentuk teks. Untuk mengerjakan tugas ini, pastikan kamu fasih berbahasa inggris.
  • Data Collection berupa tugas mengumpulkan data online untuk keperluan klien. Data yang dibutuhkan beragam, tergantung topik yang diminta.
  • LiDAR adalah singkatan dari Light Detection and Ranging. Tugas ini membayar lebih banyak dari tugas lainnya, tapi kamu harus mebgikuti pelatihan selama 10 hari terlebih dahulu.

4. Menjadi Pengulas

Cara lain untuk mendapat bayaran dari Remotasks adalah dengan menjadi pengulas atau orang yang menilai pekerjaan pengunaan lain.

Tidak ada ketentuan yang pasti untuk menjadi pengulas, tetapi jika kamu konsisten mengerjakan tugas yang berkualitas, semakin besar kesempatan untuk diangkat menjadi pengulas.

Berapa Bayaran dari Remotasks?

Jika kamu rutin mengerjakan tugas di remotasks, kamu bisa mendapat sekitar $1 sampai $3 per jam. Memang nominalnya tidak besar, tetapi platform ini tetap layak digunakan sebagai kerja sampingan.

Jika kamu ingin bayaran yang lebih besar lagi, kzmu bisa mencoba mengerjakan tugas LiDAR atau menjadi Pengulas, karena keduanya akan mendapat bayaran yang lebih besar.

Ada berbagai metode pembayaran yang tersedia, tapi kami menyarankan untuk menggunakan paypal sebagai sarana pembayaran. Hal tersebut karena mudah digunakan meskipun ada biaya transaksi sebesar 2%.

Tidak ada batas minimum pemabayaran di platform ini, berapa pun saldo yang kamu kumpulkn, akan ditransfer ke aku  paypal mu setiap satu minggu sekali.

Kelebihan dan Kekurangan Remotasks

Ada banyak kelebihan Remotasks yang perlu kamu ketahui. Situs ini mudah digunakan bahkan untuk pemula, tidak ada minimum pembayaran, tugas yang selalu ada, pembayaran rutin, komunitas yang baik, dan tim pendukung profesional.

Tapi tetap, platform microjjobs ini punya kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Bayaran rendah untuk beberapa tugas, beberapa tugas yang sulit diselesaikan, penilaian akurasi yang ketat, butuh waktu untuk peninjauan tugas, kurang efektif digunakan di HP, butuh akun facebook atau Google untuk mendaftar.

Itulah tadi ulasan kami untuk situs micro job Remotasks. Situs ini bisa digunakan untuk mendapat penghasilan tambahan, tapi tidak bisa dijadikan untuk menjadi pekerjaan utama.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment