Menabung 2000 Per Hari Apakah Bisa Kaya? Begini Caranya

Menabung 2000 Per Hari – Kita tentu sudah tidak asing dengan peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit yang sering diucapkan guru atau orang tua kita

Gilang Surya

Menabung 2000 Per Hari – Kita tentu sudah tidak asing dengan peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit yang sering diucapkan guru atau orang tua kita ketika mengajarkan kebiasaan menabung.

Kita diajarkan untuk menyisihkan uang jajan meski hanya beberapa ribu rupiah per hari, tetapi apakah kebiasaan menabung itu masih cocok diterapkan hari ini? Apakah dengan menabung 2000 per hari kita bisa kaya?

Menabung 2000 Per Hari
Cara Kaya dengan menabung 2000 Per hari

Jawabannya BISA! Kita bisa kaya dengan cara rutin menyisihkan sebagian uang yang kita punya meskipun jumlahnya tidak banyak. Namun, kita tidak bisa menjadi kaya jika hanya menabung uang 2000 sehari.

Maksudnya, menabung hanyalah langkah awal menjadi kaya, ada hal-hal lain yang perlu dikerjakan. Jika diibaratkan lomba lari, menabung hanya seperti “bersiap di belakang garis start”.

Setelah bersiap di belakang garis start, kita harus berlari sekuat tenaga dan mengatur pernapasan untuk bisa mencapai garis finish.

Begitu juga untuk menjadi kaya, ada hal-hal lain yang perlu dilakukan di samping menabung. Apa saja hal-hal tersebut?

Berikut ini cara menjadi kaya dengan langkah awal menabung 2000 per hari.

1. Konsisten

Bagi sebagian orang uang Rp2000 mungkin dianggap receh dan tidak memberi manfaat berarti. Padahal jika kita rutin mengumpulkannya, uang dua ribu bisa menjadi ratusan ribu rupiah.

Apabila kita konsisten menyisihkan uang 2000 per hari, kita bisa mendapat manfaat yang besar. Salah satu manfaatnya adalah menjadikan kita orang yang terbiasa menabung.

Selain itu, konsisten menabung juga akan menghasilkan uang yang jumlahnya lumayan besar. Coba bayangkan jika kamu konsisten menabung 2000 sehari.

Dalam seminggu uang itu akan menjadi Rp14.000, dalam sebulan menjadi Rp60.000, dan dalam setahun akan terkumpul Rp720.000. Bila sudah terkumpul sebanyak ini, akan uang tersebut akan lebih bermanfaat.

Karena itulah kita harus konsisten jika ingin menjadi kaya. Konsistensi tidak hanya dibutuhkan dalam menabung, semua kegiatan positif lainnya juga butuh konsistensi agar mendapat hasil yang baik.

2. Mengurangi Pengeluaran

Peribahasa hemat pangkal kayaperlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari apabila kita ingin kaya. Dengan berhemat atau mengurangi pengeluaran, kita bisa menyisakan uang lebih untuk ditabung.

Berhemat bukan berarti pelit, yang dimaksud berhemat adalah mengeluarkan uang untuk hal-hal penting berdasarkan kebutuhan bukan keinginan.

Karena kita memang perlu membelanjakan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti Sandang (pakaian), Pangan (makanan), dan Papan (tempat tinggal).

Bagi sebagian orang berhemat itu tidak mudah, karena mereka terbiasa boros. Jika sudah demikian, akan sulit menyisihkan uang. Tapi ada cara untuk mengatasinya, yaitu dengan metode budgeting50-30-20.

Maksud dari metode tersebut adalah, menggunakan 50% uang untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% sisanya untuk ditabung.

Metodebudgeting atau penganggaran ini cocok untuk pelajar yang diberi uang bulanan. Namun bisa juga dipraktikkan oleh pelajar yang punya uang jajan harian.

3. Mencari Pemasukan Tambahan

Selain konsisten menabung dan berhemat, kita juga perlu mencari sumber pemasukan tambahan. Dengan memiliki sumber pemasukan, kita bisa menabung lebih banyak uang dan juga semakin besar peluang kita menjadi kaya.

Sumber pemasukan itu bentuknya beragam, tapi yang paling umum adalah gaji dari pekerjaan. Namun, yang menjadi masalah di zaman sekarang mendapatkan pekerjaan itu sulit, apalagi jika masih berstatus pelajar.

Tetapi sulit bukan berarti tidak bisa. Jika pelajar kesusahan mencari pekerjaan karena takut mengganggu aktivitas belajarnya, pelajar bisa mencari pekerjaan sampingan yang jam kerjanya fleksibel.

Silakan baca artikel 10 Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa jika kamu masih berstatus pelajar dan ingin punya pemasukan tambahan.

4. Mulai Berinvestasi

Hasil dari kebiasaan menabung 2000 per hari bisa digunakan untuk berinvestasi. Banyak yang bilang Investasi merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin perekonomian kita stabil.

Investasi tidak harus dengan uang yang besar. Dengan produk investasi terjangkau seperti Reksadana, kita bisa mulai investasi hanya dengan uang Rp720.000 dari hasil konsistensi menabung 2.000 per hari selama satu tahun.

Uang sejumlah Rp720.000 itu bisa digunakan untuk membeli reksadana. Seiring berjalanya waktu, nantinya Reksadana yang kita beli akan bertambah nilainya.

Misalnya kita membeli reksadana senilai Rp720.000, dalam satu tahun nilainya bertambah sebesar 3%, maka nilai reksadana yang kamu punya menjadi Rp742.000. Selisih harga Rp22.000 itulah yang menjadi keuntungan kita.

Nilai itu hanya simulasi, coba bayangkan jika kita membeli lebih banyak reksadana karena sudah memiliki pemasukan tambahan, maka potensi keuntungan kita juga akan semakin besar.

5. Mengembangkan Diri

Zaman sekarang kita dituntut untuk bisa beradaptasi dan terus mengembangkan diri untuk bisa bertahan di segala keadaan. Karena memang perubahan terjadi begitu cepat dan bertubi-tubi.

Seperti kata Albert Einstein “Ukuran kecerdasan adalah kemampuan untuk berubah”. Jika kita terus belajar mengikuti perkembangan zaman, pasti kita bisa menggapai apa yang kita inginkan, tak terkecuali kesejahteraan.

Jika ingin memiliki perekonomian yang stabil, tentu kita harus mengikuti perubahan yang terjadi dalam dunia ekonomi. Contoh perubahan ekonomi di masa kini adalah Crypto dan NFT. Terbukti banyak yang menjadi kaya dengan perubahan tersebut.

Namun jika mencoba menolak perubahan, hampir pasti kita akan tergilas roda perubahan. Sebab, perubahan itu suatu kepastian yang tidak bisa dicegah atau dihalang-halangi.

Kesimpulan

Itu tadi cara kaya dengan langkah awal menabung 2000 per hari. Jadi menabung hanyalah permulaan untuk menjadi kaya atau sejahtera, ada banyak hal lagi yang perlu diusahkan untuk mencapainya.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment