Kontributor Displate: Cara Menghasilkan Uang dengan menjual Desain

Displate.com adalah sebuah platform yang memungkinkan para desainer untuk menjual desain mereka. Menjadi kontributor di situs ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang sekaligus

Gilang Surya

blank

Displate.com adalah sebuah platform yang memungkinkan para desainer untuk menjual desain mereka. Menjadi kontributor di situs ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang sekaligus membangun portofolio desain.

Tapi perlu diketahui, menjual desain di Displate bisa jadi sulit bagi kontributor pemula. Karena itulah mengapa artikel ini akan menjadi panduan yang membantu mu untuk mulai menjual karya dan memahami cara kerja platform ini dengan segala keuntungannya.

Apa Itu Displate?

Kontributor Displate
Kontributor Displate

Displate.com adalah situs print on demand yang menawarkan berbagai macam karya seni yang dicetak pada plat besi. Situs ini menawarkan berbagai karya seni dari seniman dan desainer grafis dari seluruh dunia.

Situs print on demand adalah situs web yang menyediakan layanan percetakan di mana pelanggan dapat memesan produk cetak seperti buku, poster, kaos, dan produk cetak lainnya secara online. Namun, produk cetak hanya diproduksi setelah pelanggan melakukan pemesanan dan pembayaran

Platform online ini memungkinkan seniman dan desainer grafis untuk memamerkan dan menjual karya seni mereka dengan mendaftar sebagai kontributor.

Cara kerja displate secara sederhana adalah menjual desain-desain mu kepada konsumen dalam bentuk plat besi. Kemudian setelah terjual, kamu akan mendapat komisi atau bayaran.

Jumlah uang yang bisa kita hasilkan bergantung pada berapa banyak orang yang membeli desain kita.

Cara Kerja Displate.com

Kontributor sangat dimudahkan dengan cara kerja displate. Kontributor hanya perlu membuat desain dan mengunggahnya ke platform tersebut, selanjutnya semua urusan mulai dari produksi, pengemasan, sampai pengiriman akan diurus platform ini.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan alur dibawah ini.
  1. Kontributor mengunggah desain dan mengatur harga
  2. Displate memproses transaksi dan menangani layanan pelanggan setiap kali karya seni atau desain mu terjual
  3. Pencetakan dan pengiriman ke pelanggan juga ditangani
  4. Kontributor mendapat komisi untuk setiap desain yang terjual.

Menjadi kontributor di Displate memberikan banyak manfaat yang menarik, selain penghasilan, kamu juga bisa mempromosikan karya desain mu. Jika kamu tertarik menjadi kontributor, silakan ikuti penjelasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Menjadi Kontributor?

Untuk menjadi kontributor displate kamu harus mengirimkan portofolio mu ke alamat email yang sudah ditentunkan. Berikut ini langkah-langkah mendaftar sebagai kontributor:

  • Buka halaman displate.com/open-shop
  • Klik tombol contact us, maka kamu akan diarahkan untuk mengirim email
  • Kamu diminta mengirimkan portofolio desain mu dalam bentuk online
  • Kirim link portofolio desain

Yang dimaksud portofolio online adalah hasil desain yang bisa dilihat tanpa harus mendownload terlebih dahulu. Ada beberapa bentuk portofolio online, misalnya blog atau website yang menampilkan desain mu.

Portofolio online juga bisa berupa akun instagram. Jadi kamu hanya perlu mengirimkan link akun instagram mu sebagai portofolio online.

Yang Perlu Diketahui Kontributor Displate?

Untuk menjadi kontributor, paling tidak kamu harus memiliki kemampuan  basic desain grafis. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa desain yang kamu buat berkualitas, unik, dan profesional.

Jika kamu tertarik untuk menjadi kontributor secara mandiri, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menjadi kontributor displate.com:

  1. Kontributor bisa menentukan harga. Pelanggan dapat membeli desain mu dalam 3 ukuran. Setelah mengunggah desain, kamu bisa menentukan harga untuk cetakan logam ukuran M. Harga untuk ukuran lain akan dihitung secara otomatis.
  2. Kamu akan mendapat komisi untuk setiap desain yang terjual. Jadi penghasilan yang kontributor dapat tergantung jumlah desainnya yang terjual.
  3. Kontributor akan mendapat komisi hingga 50% jika berhasil menjual desainnya melalui link yang dibagikan di sosial media.
  4. Kontributor juga akan mendapat diskon 50% jika membeli desainnya.

Desain Apa yang Bisa Dijual?

Tidak ada batasan jenis desain yang bisa dijual di Displate. Asalkan desain buatan mu original dan tidak melanggar hukum, maka kamu bisa menjualnya.

Tetapi ada beberapa ketentuan yang harus kamu patuhi terkait desain. Berikut ini daftarnya:

  1. Desain harus original dan tidak mengandung unsur copyright
  2. Desain harus berupa JPG/JPEG dan beresolusi tinggi
  3. Ukuran gambar harus 4060px X 2900px dan DPI minimal 300
  4. Tidak boleh mencantumkan logo, watermark, dan bingkai pada desain

Setiap desain yang diupload akan di moderasi atau diverifikasi oleh admin. Jika desain yang kamu buat tidak memenuhi ketentuan, bisa jadi desain mu tidak diverifikasi atau ditolak.

Berapa Penghasilan dari Displate?

Bayaran dari displate.com berupa komisi untuk setiap desain yang terjual. Besar komisi berbeda-beda tergantung berapa harga yang kita atur untuk setiap desain.

Namun, dapat dilihat bahwa komisi untuk desain yang terjual dengan harga paling murah yaitu 42$, kita akan mendapat komisi sekitar 5% atau sekitar 2$. Sedangkan untuk harga yang lebih tinggi, kita bisa mendapat komisi 25% hingga 30%.

Bayaran dari Displate
Source: onemorecupof-coffee.com

Dibayar 2$ atau sekitar Rp30.000 untuk setiap desain yang terjual memang bukan jumlah yang besar. Tapi coba pertimbangkan, kita hanya perlu membuat desain, tanpa perlu mengurusi percetakan, pengemasan dan pengiriman barangnya.

Selain itu, desain yang kita buat juga bisa dijual berkali-kali sehingga berpotensi menjadi passive income online. Jika konsisten, kamu bisa mendapat bayaran hingga $5.000 perbulan.

Sejak awal berdiri, platform ini sudah membayar komisi kepada kontributornya hingga 21 Juta Dolar, atau sekitar 314 miliar Rupiah.

Cara Mendapat Bayaran dari Displate

Untuk bisa menerima bayaran, kita harus mengumpulkan komisi minimal $50. Setelah jumlah itu terpenuhi, kita bisa menariknya melalui rekening paypal.

Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan bayaran dari situs ini, yaitu sekitar 45 hari. Proses penarikan komisi ini menjadi kelemahan displate.com.

Apakah Sulit Menghasilkan Uang dengan Displate

Ada banyak situs print on demand yang menawarkan komisi sebagai kontributor. Tetapi, displate menawarkan produk yang spesifik, sehingga lebih mudah bagi kontributor untuk menjual karyanya di platform ini.

Meski begitu, ada beberapa proses yang cukup sulit yang harus dilalui jika ingin mendapat penghasilan dengan menjual desain dari situs ini.

Pertama, untuk menjadi kontributor kita harus memiliki portofolio yang benar-benar bagus. Peraturan ini berbeda dengan situs sejenis seperti freepik dan shutterstock.

Dalam dua platform microstock tersebut untuk menjadi kontributor kita hanya diharuskan mendaftar menggunakan email aktif dan melakukan pengaturan profil tertentu yang prosesnya kurang dari satu jam.

Aturan yang mengharuskan calon kontributor untuk mengirimkan portofolio ini membutuhkan waktu lama. Staf akan menilai portofolio mu dan menentukan apakah kamu layak menjadi kontributor atau tidak. Proses ini memakan waktu hingga 2 minggu.

Kedua, ketatnya moderasi atau penilaian desain. Jika kita sudah diterima menjadi kontributor, ada satu hal lagi yang harus dihadapi, yaitu moderasi desain yang ketat.

Desain yang diunggah tidak boleh sembarangan, ada aturan-aturan dan ketentuan yang harus dipatuhi. Aturan dan ketentuan tersebut sudah kita bahas di atas.

Apabila desain yang kita buat melanggar aturan atau tidak sesuai dengan ketentuan, maka desain kita tidak akan diterima. Ada beberapa hal yang menyebablan desain kita ditolak, antara lain:

  1. Kualitas tidak cukup untuk hasil cetak yang bagus.
  2. Piksel telah ditingkatkan ukurannya agar sesuai dengan persyaratan sisi pendek (2900px).
  3. Gambar jauh di luar rasio 1,4:1 yang disarankan.
  4. Jumlah DPI kurang dari 300.
  5. Mengandung logo, tanda air, batas atau bingkai.
  6. Teks/konten dari tepi kurang dari 200px untuk file dengan min. ukuran 4060px x 2900px.
  7. Beberapa unggahan dari gambar yang sama dengan palet warna yang sedikit berubah atau detail kecil.
  8. Seluruh konten desain tidak termasuk dalam satu file yang diunggah.

Kesimpulan

Menjadi kontributor Displate.com adalah cara yang menarik untuk menghasilkan uang dari karya seni dan desain. Meskipun proses pendaftaran dan unggah karya sedikit sulit, hal ini sebenarnya membuktikan bahwa standar kualitas dijaga agar tetap tinggi dan memungkinkan Anda untuk menghindari membuat kesalahan fatal.

Displate.com juga menawarkan berbagai keuntungan bagi kontributor seperti komisi yang adil dan dukungan pemasaran yang baik. Jadi, jika kamu seorang seniman atau desainer yang mencari cara baru untuk memonetisasi karya seni kamu, Displate.com mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment