10 Kerja Online Dibayar Mahal untuk Pemula

Kamu sedang cari penghasilan tambahan dari kerja online? Disini kita akan membahas 10 kerja online yang gampang dilakukan untuk pemula.

Gilang Surya

Kerja Online untuk Pemula

Mau habiskan lebih banyak waktu sama keluarga tapi tetap bisa menghasilkan uang? Sudah saatnya coba peruntungan dengan kerja online!

Zaman sekarang, kita gak harus keluar rumah buat dapetin penghasilan, karena internet membuka banyak lapangan pekerjaan buat siapa aja yang mau berusaha.

Ada banyak banget kesempatan kerja online di internet, mulai dari yang butuh keahlian khusus kayak programming, sampe yang cuma butuh keahlian dasar kayak mengetik.

Kalo kamu masih pemula, sebaiknya pilih pekerjaan yang gak membutuhkan keahlian khusus, biar gampang dikerjain dan cepet dapet penghasilan.

Nah, supaya kamu bisa memilih pekerjaan online yang gampang dikerjain, kami udah susun daftar 10 peluang kerja online yang dibayar mahal buat pemula. Berikut ini daftarnya.

1. Penulis Lepas

Penulis Lepas
Ilustrasi Penulis Lepas

Peluang kerja online dibayar yang pertama adalah menjadi penulis lepas. Penulis lepas atau Freelance Writer adalah orang yang dibayar untuk membuat konten dalam bentuk teks.

Kalau kamu jadi penulis lepas, kamu akan dibayar berdasarkan jumlah tulisan yang kamu hasilkan. Meskipun penghasilan seorang penulis lepas tidak menentu, nominalnya tidak boleh dianggap sepele.

Dengan keahlian negosiasi yang baik, seorang penulis lepas bisa mendapatkan bayaran tinggi, bahkan mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah1 untuk satu tulisan.

Apalagi jika penulis mendapatkan pekerjaan untuk menulis konten iklan, biasanya bayarannya lebih mahal lagi.

Ada banyak jenis tulisan yang dapat ditawarkan penulis, contohnya:

  • Opini
  • Artikel blog
  • Skrip konten
  • Copywritting
  • Caption media sosial
  • Tulisan akademik (makalah, skripsi, tesis)

Kamu bisa menawarkan jasa menulis konten di platform freelance seperti fastwork dan fiverr.

Atau mengirimkan tulisan mu ke media massa yang menerima kontributor. Kamu bisa baca artikel kami tentang website penulis artikel untuk tahu media mana saja yang menerima kontributor.

2. MicroJobs

Microjobs
Ilustrasi Microjobs

Jadi, Microjobs itu adalah pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa dilakukan secara sementara. Nah, buat kamu yang baru mulai cari peruntungan di dunia internet, Micro Job bisa jadi pilihan yang oke nih.

Dengan Micro Job, kita bisa kerja online dan dapat bayaran cuma dengan mengerjakan tugas-tugas simpel, misalnya kasih komentar, bikin review produk, atau download dan daftar ke aplikasi tertentu.

Nah, yang seru dari Micro Job ini, kamu gak perlu punya keahlian khusus, loh. Semua orang bisa melakukannya dengan mudah, bahkan tanpa modal besar, cuma butuh smartphone dan kuota internet.

Microjobs juga bisa jadi solusi buat pelajar yang sibuk dengan Full Day School. Kenapa? Karena bisa dikerjakan kapan aja dan di mana aja lewat platform-platform penyedia Micro Job.

Ada banyak banget platform microjobs di internet, misalnya Freecash.com, Timebucks, nusatalent, dan lain-lain.

Kalau kamu pengen dapat penghasilan tambahan dari microjobs, kamu boleh baca artikel kami tentang Situs Microjob Terpercaya.

3. Mengisi Survey Berbayar

survey berbayar
Ilustrasi survey berbayar

Tahu nggak, kita bisa dapat penghasilan cuma dengan menjawab pertanyaan, loh? Caranya adalah dengan mengisi survey berbayar online yang ada di internet.

Sekarang, data itu mahal banget, guys. Salah satu cara lama untuk mendapatkan data itu dengan mengadakan survey.

Perusahaan-perusahaan yang butuh data biasanya punya duit buat bayar responden yang mau jawab survey mereka.

Nah, kita yang jawab survey biasanya dapet bagian dari uang yang didapat perusahaan penyelenggara survey.

Dari menjawab survey ini kita isa dapat ratusan sampai ribuan dolar pertahun loh!2

Kalau kamu pengen tahu dimana aja kita bisa jadi responden survey dan dibayar, kamu bisa baca artikel Platform Survey Berbayar Terbaik yang kami buat.

Sistem survey online ini oke banget buat pemula yang pengen cari kerja sampingan dari rumah. Cukup daftar di platform penyelenggara survey berbayar aja.

Jadi, kita bisa kerja online dan dapat uang cuma dengan jadi responden survey berbayar.

4. Jasa Merangkum

Jasa Merangkum
Sumber Foto: Pexels.com – Louis Bauer

Nah, tau gak, salah satu peluang kerja online yang menjanjikan buat pelajar itu adalah membuka jasa tulis rangkuman.

Jadi, merangkum itu tugas yang sering dikasih guru buat muridnya. Nah, merangkum itu artinya bikin intisari atau pokok bahasan dari tulisan yang panjang.

Tapi, gak semua murid bisa atau mau merangkum, padahal bikin rangkuman itu gak sulit. Cuma emang perlu waktu yang agak lama.

Makanya, buka jasa rangkuman bisa jadi peluang kerja online yang bayarannya lumayan gede. Kan selalu ada aja murid yang kesulitan bikin rangkuman, nah ini bisa jadi sumber penghasilan.

Sebagai penyedia jasa, kita bisa atur harga yang pas buat nulis rangkuman, gak terlalu murah tapi juga gak terlalu mahal. Biar untungnya maksimal.

5. Desain Poster

Jasa Desain Poster
Sumber Foto: Pexels.com – Caio

Tahu nggak, buat memulai jasa desain poster, gak harus punya keahlian pake aplikasi Photoshop, loh. Kita bisa bikin poster cuma dengan modal aplikasi gratisan di Android.

Kita bisa banget pake aplikasi Canva untuk bikin poster. Di situ udah ada banyak template desain jadi tinggal kita sesuaikan aja.

Biasanya, jasa desain poster ini di-promosiin di media sosial, jadi kamu bisa coba cara itu buat cari klien.

Penghasilan dari jasa desain poster itu tergantung dari kesepakatan sama kliennya, jadi pastiin kamu negosiasi dulu sebelum nentuin harga jasanya.

Tapi, rata-rata, satu desain poster bisa dijual dengan harga puluhan sampai ratusan ribu, loh. Jadi, lumayan banget buat nambah-nambah uang jajan.

6. Admin Media Sosial

Admin media sosial
Sumber Foto: Pexels.com – Magnus Mueller

jadi admin media sosial bisa jadi pilihan yang oke buat pemula yang mau kerja online. Gak perlu punya keahlian khusus, kok, buat jadi admin.

Tapi emang, posisi admin medsos itu agak susah buat didapetin. Biasanya, kamu harus ngelamar ke perusahaan yang lagi nyari orang buat jadi admin.

Atau, alternatifnya, kamu juga bisa cari lowongan admin media sosial paruh waktu di situs freelancer.

Biasanya, penghasilan admin media sosial itu berupa gaji yang dibayarin perusahaan sesuai sama UMP. Tapi kadang-kadang, nominal gajinya bisa juga hasil dari kesepakatan bareng. Jadi, tergantung situasinya juga.

7. Konten Kreator

Konten Kreator
Sumber Foto: Federico González

Jadi konten kreator itu salah satu pilihan kerja online yang patut dipertimbangkan. Kalo berhasil jadi konten kreator yang tenar, penghasilanmu bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta per bulan, loh.

Apalagi, jadi konten kreator gak harus punya bakat khusus atau keahlian tertentu. Kamu bisa mulai bikin konten video sederhana, kayak Anime Music Video, atau bisa juga dari apa yang kamu suka aja.

Biasanya, penghasilan konten kreator itu datang dari endorse atau promosi barang di akun media sosialnya. Jadi, bisa dibilang, peluangnya lumayan besar kan?

8. Data Entry

Kerja online dibayar mahal yang selanjutnya adalah Data Entry atau memasukan data berdasarkan kategori tertentu. Pekerjaan ini bersifat administratif.

Data entry bisa dikerjakan secara online dan fleksibel. Pekerjaan ini juga banyak tersedia di situs-situs freelancer.

Dari sumber yang kami dapat, peluang penghasilan data entry bisa sampai $10 per jam3. Tapi untuk dapat penghasilan seperti itu pasti butuh perjuangan dan sedikit keberuntungan.

Ada beberapa skill yang harus dimiliki seseorang data entry, yaitu:

  • Mengetik cepat
  • Manajemen waktu dan organisasi
  • Menggunakan microsoft office
  • Software basis data

Peluang kerja sebagai data entry masih terbuka, karena perusahaan akan selalu butuh orang untuk menyusun data mereka. Apakah kamu tertarik jadi data entry?

9. Program Afiliasi

Kalau kamu orang yang aktif di media sosial, kamu harus mencoba daftar program afiliasi.

Program afiliasi atau affiliate marketing adalah model bisnis yang memungkinkan kita mendapat uang dengan cara mempromosikan suatu produk.

Artinya, jika mendaftar ke suatu program afiliasi, kita diberi tugas mempromosikan barang dan jika ada produk yang terjual dari promosi yang kita lakukan, maka kita akan mendapat komisi atau upah.

Komisi dari program afiliasi atau affiliate marketing ini beragam, tergantung tempat kita mendaftar. Tapi rata-rata seorang afiliator akan mendapat komisi sebesar 10% dari harga jual produk.

Untuk menjalankan program afiliasi ini kita hanya butuh smartphone dan kuota Internet, lalu membagikan link afiliasi ke media sosial disertai dengan kalimat promosi agar ada pelanggan yang tertarik membeli.

Jadi program afiliasi bisa kamu pertimbangkan jika sedang mencari peluang kerja online.

10. Reseller

Reseller adalah kegiatan menjual barang dari produsen atau supplier ke konsumen. Dengan menjadi reseller, kita berpeluang mendapat penghasilan yang lebih besar, karena margin keuntungan bisa kita tentukan sendiri.

Menjadi reseller juga merupakan pekerjaan online yang menjanjikan. Kita bisa menjual barang-barang Fashion dan memasarkannya ke orang-orang sekitar.

Untuk jadi resseler yang sukses kamu harus bisa membranding toko online mu. Ini harus dilakukan supaya calon konsumen percaya dengan toko mu.

Penutup

Itulah tadi daftar kerja online dibayar mahal untuk pemula. Kamu bisa memilih pekerjaan online mana yang menurutmu untungnya besar dan mudah digunakan.

Referensi

  1. https://dibimbing.id/blog/detail/panduan-gaji-content-writer-terbaru ↩︎
  2. https://www.cbsnews.com/news/paid-online-surveys-are-they-worth-it/ ↩︎
  3. https://www.linkedin.com/pulse/data-entry-simple-way-make-money-per-houronline-majed-khalaf-7qhec/ ↩︎
blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment