Ide Usaha Rumahan Modal Kecil, Hanya 50 Ribu

Usaha Modal Kecil – Salah satu masalah ketika ingin membuka usaha adalah tidak punya cukup modal. Khususnya untuk orang yang ingin membuka usaha sampingan di

Gilang Surya

Usaha Modal Kecil – Salah satu masalah ketika ingin membuka usaha adalah tidak punya cukup modal. Khususnya untuk orang yang ingin membuka usaha sampingan di rumah untuk menambah pendapatan.

Karena itulah kami ingin membagikan ide usaha rumahan dengan modal kecil, mulai dari 50 ribu rupiah.

Mungkin kamu kebingungan, usaha apa dengan modal 50 ribu? Padahal banyak loh usaha dengan modal kecil yang bisa kamu coba.

Ide Usaha Modal Kecil
Ide Usaha Modal Kecil

Dengan keadaan seperti sekarang, kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menekan budget modal usaha. Terutama internet dan media sosial, dua hal tersebut membuka peluang usaha yang luas.

Sayangnya tidak semua orang sadar tentang peluang internet dan media sosial sebagai sumber pendapatan. Kami mencoba membantu dengan membuat daftar usaha modal kecil dengan pemanfaatan Internet secara optimal.

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

Pemilihan usaha yang tepat berpotensi mendatangkan keuntungan besar. Berikut ini kami bagikan daftar ide usaha rumahan dengan modal kecil yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Dropship

Dropship adalah skema usaha yang memungkinkan pelakunya menjalankan bisnis dengan modal seminimal mungkin, bahkan tanpa modal.

Hal itu karena, dalam skema ini dropshiper (pelaku dropship) hanya bertugas memasarkan barang tanpa harus menyetok barang.

Tugas dropshiper adalah mencari supplier di toko online, lalu membuka toko online di e-commerce untuk menjual barang tersebut.

Dropshiper tidak perlu membeli stok barang terlebih dahulu, hanya perlu melakukan pemesanan di toko supplier dengan memasukan alamat pembeli. Keuntungan dropship berasal dari selisih harga jual supplier dengan toko mu.

Modal yang diperlukan untuk usaha ini adalah smarthphone, kuota internet, dan sejumlah uang untuk melakukan pemesanan di toko supplier.

Baca Juga: Kerja Sampingan di Waktu Luang

2. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing atau program afiliasi adalah sistem pemasaran digital, dimana ketika seseorang mempromosikan suatu produk dan berhasil terjual, orang tersebut akan mendapat upah atau komisi.

Program afiliasi biasanya berbentuk link url. Affiliate Marketer, sebutan untuk orang yang melakukan affiliate marketing, bertugas membagikan link afiliasi. Jika ada yang membeli produk dari link afiliasi tersebut, maka ia akan dapat komisi.

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk menjalankan program afiliasi, contoh termudahnya adalah aplikasi e-commerce Shopee. Shopee membuka program afiliasi dan menawarkan keuntungan dari program tersebut.

Modal usaha Affiliate Marketing hanya smartphone dan kuota internet. Uang 50 ribu cukup bukan untuk usaha ini?

Baca Juga: BtcMaker, Website Penghasil Bitcoin?

3. Jasa Joki Game

Punya skill hebat dalam bermain game? Jika iya, sepertinya kamu perlu mempertimbangkan untuk membuka jasa joki game.

Game online sudah menjadi bagian dari hidup banyak orang, bahkan tak jarang menjadi ajang adu gengsi untuk unjuk pencapaian.

Tapi tidak semua orang jago bermain game, ada banyak yang skillnya pas-pasan tapi ingin punya pencapaian dalam game.

Kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk mendulang rupiah. Caranya adalah dengan menawarkan jasa joki atau memainkan akun game dengan kesepakatan tertentu dan mengambil bayaran atas jasa itu.

Hanya butuh modal kecil untuk usaha ini, yaitu skill, device untuk bermain game (bisa HP atau laptop/PC), dan kuota internet. 

4. Top-up Game

Masih berhubungan dengan game, menjual item game atau jasa top-up merupakan peluang usaha yang cukup baik. Item game yang dimaksud adalah mata uang game, misalnya diamond FF dan ML atau UC di game PUBGM.

Mata uang game dibutuhkan untuk membeli item di dalam game, misalnya skin, karakter, dan lain-lain. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang demi item game, karena itulah usaha ini punya peluang besar.

Menjalankan jasa top-up dan joki game bisa meningkatkan potensi keuntungan. Karena dengan menjadi joki game, kamu akan mendapat kepercayaan banyak orang sehingga lebih mudah menjajakan jasa top-up.

Kamu bisa memulai usaha jasa top-up game dengan mendaftar jadi reseller di platform top-up terpercaya, seperti codashop dan unipin.

Baca Juga: Game Penghasil Pulsa

5. Jasa Isi Saldo E-Wallet

Banyak anak kecil yang ingin menggunakan e-wallet atau dompet digital untuk melakukan pembelian online karena mereka belum punya rekening bank.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk jadi peluang usaha dengan modal kecil. Membuka jasa pengisian saldo e-wallet bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Mungkin mengisi saldo e-wallet terdengar seperti hal yang remeh, tapi berbeda untuk anak dibawah 17 tahun. Anak dibawah umur tentu akan kesulitan mengisi saldo e-wallet karena mereka belum punya rekening bank.

Kamu bisa meminta jasa 3000 rupiah untuk setiap transaksi pengisian saldo e-wallet. Jika dalam sehari ada sepuluh orang yang menggunakan jasa mu, kamu akan mendapat 900 ribu per bulan.

Baca Juga: 4 Aplikasi Penghasil Saldo DANA

6. Jasa Penulis Konten

Konten media sosial sudah menjadi barang yang laku dijual belikan. Banyak Influencer yang membutuhkan konten untuk media sosial mereka, tapi tidak punya waktu luang untuk membuatnya.

Jika kamu pandai dalam bidang penulisan, hal tersebut bisa dimanfaatkan jadi ladang uang. Kamu bisa membuat skrip video untuk si Influencer dan menerima bayaran.

Usaha ini disebut content writting. Seorang content writer biasanya diminta untuk menulis konten untuk dipublikasikan dalam bentuk tulisan, tapi banyak juga permintaan membuat skrip untuk konten video.

Bayaran dari pekerjaan ini tergolong tinggi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per tulisan.

Untuk jadi content writter kamu hanya perlu modal keahlian menulis, device untuk mengetik, dan kuota internet. Usaha ini hanya butuh modal kecil bukan?

7. Bisnis Kuliner Online

Bisnis kuliner terus berkembang setiap tahun, salah satu penyebabnya adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan distribusi produk kuliner dilakukan secara optimal.

Peluang terbuka lebar untuk mu yang hobi memasak, khususnya makanan atau minuman yang sedang viral atau kekinian. Biasanya mkanan atau minuman yang sedang viral akan lebih mudah terjual.

Contohnya es kepal milo. Es kepal milo sempat hype beberapa tahun lalu dan jadi peluang usaha besar. Terbukti dengan banyaknya stand es kepal milo yang muncul.

Kamu bisa memanfaatkan tren kuliner yang sedang berlangsung untuk dijadikan usaha. Misalnya tren minuman boba, dalgona kopi, atau olahan mi instan.

Kamu juga memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis kuliner mu dan menggunakan layanan ojek online untuk delivery.

Kesimpulan

Itu tadi daftar ide usaha modal kecil mulai dari 50 ribu rupiah. Yang perlu kamu ingat, selain uang kamu juga butuh modal niat dan tekad kuat agar usaha mu bisa terus jalan dan menghasilkan uang. Selain itu kamu juga harus camkan, bahwa semuanya butuh proses. Jadi jangan mudah menyerah ketika menemui rintangan ya!

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment