10 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Jualan Makanan Laris – Bisnis kuliner masih sangat potensial mendatangkan keuntungan. Terbukti dengan semakin banyaknya usaha-usaha makanan yang muncul belakangan ini. Di sisi lain, timbul persaingan

Gilang Surya

Jualan Makanan Laris – Bisnis kuliner masih sangat potensial mendatangkan keuntungan. Terbukti dengan semakin banyaknya usaha-usaha makanan yang muncul belakangan ini.

Di sisi lain, timbul persaingan yang ketat antar pelaku usaha kuliner akibat dari menjamurnya berbagai usaha makanan.

Meski begitu, bukan berarti bisnis kuliner tidak menguntungkan. Untuk bisa untung, pelaku bisnis harus bisa menemukan produk dan target konsumen yang tepat.

Karena itulah kami membuat daftar ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari
Foto olehQuintin Gellar dariPexels

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis kuliner adalah memilih makanan apa yang akan dijual.

Tidak boleh sembarangan dalam menentukan makanan yang akan dijual, harus dipikirkan dengan benar agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Untuk membantu mu memilih, kami menyusun daftar jualan makanan yang laku setiap hari berdasarkan selera rata-rata masyarakat Indonesia. Simak berikut ini.

1. Jualan Pentol

Berjualan pentol bisa menjadi usaha makanan yang laris setiap hari. Hampir semua  masyarakat Indonesia tidak asing dengan makanan ini, baik dibuat dari ikan ataupun ayam, lidah orang Indonesia sudah mengenalnya.

Biasanya pentol dijual dengan harga Rp500 sampai Rp1.000 per butir, jadi makanan ini termasuk jajanan murah. Karena harganya yang terjangkau, banyak orang yang menjadi penikmat pentol.

Meskipun harganya murah, bukan berarti usaha pentol tidak menguntungkan. Umumnya laba bersih dari usaha jualan pentol berkisar 30% sampai 50% dari omzet yang didapat.

2. Berjualan Siomay

Mirip seperti pentol, Siomay juga jajanan yang digemari orang Indonesia. Makanan yang disajikan dengan kuah kacang ini selalu sukses memikat konsumen untuk repeat order atau membeli lagi.

Siomay biasanya dijajakan dengan berkeliling menggunakan gerobak atau sepeda yang sudah dimodifikasi sehingga muat untuk meletakkan panci. Berbeda dengan pentol, Siomay dijual dengan ukuran per porsi.

Dengan cara penjualan tersebut, pedagang Siomay berkesempatan meraup untung yang lebih pasti. Omzet penjualan Siomay bisa mencapai 1 juta perhari dengan margin keuntungan 30 sampai 40 persen.

3. Kue Makanan yang Laku Setiap Hari

Kue menjadi barang jualan makanan yang laku setiap hari karena banyak peminatnya. Berjualan kue, baik kue basah maupun kue kering merupakan peluang usaha yang bagus karena makanan ini disukai semua kalangan, orang tua dan muda pasti menyukai kue.

Terlepas dari jenis kue apa yang disukai, berjualan kue secara umum memang menguntungkan. Apalagi jika mendekati perayaan tertentu seperti hari raya lebaran, natal, dan, tahun baru cina.

Keuntungan dari bisnis ini pun tidak bisa diremehkan, jika digarap dengan serius usaha kue bisa mendatangkan cuan besar.

4. Martabak Manis

Kepopuleran martabak manis dan asin memanglah setara, tapi martabak manis selalu punya penggemar loyal.

Kita tentu tidak asing dengan makanan yang satu ini, adonan terigu yang dimasak di atas loyang dan diberi berbagai toping, jadi favorit banyak orang.

Konsumen martabak manis tersebar di seluruh Indonesia. Sebab, martabak memang jualan makanan yang laris di kampung maupun kota.

Jadi, berjualan martabak bisa kamu pertimbangkan jika berniat membuka bisnis kuliner jualan makanan yang laku setiap hari.

5. Jualan Makanan Ringan

Kebisaan ngemil orang Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah. Karena itulah berjualan makanan ringan jadi peluang usaha yang bagus.

Makanan ringan atau camilan tidak pernah kehilangan konsumen. Permintaan makanan ringan terus stabil bahkan meningkat setiap tahunnya. Tidak heran jika banyak publik figur yang berbisnis makanan ringan.

Untuk masuk ke bisnis ini kamu bisa mulai dengan menjual keripik, stik balado, atau snack lain yang sudah akrab dengan lidah orang Indonesia, asakan buatan sendiri. Tapi, kamu juga bisa mulai dengan menjadi reseller produk makanan ringan milik publik figur.

6. Berjualan Seblak

Apakah kamu pernah melihat guyonan di media sosial tentang cewek yang minta Seblak? Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dengan berbagai bumbu dan toping.

Makanan khas kota Bandung ini digemari banyak orang, dan entah bagaimana ceritanya bisa dinarasikan sebagai makanan kesukaan wanita. Yang jelas, kuliner Seblak memang sedang naik daun belakangan ini.

Kamu bisa memanfaatkan trend ini untuk mendapat cuan dengan menjual Seblak. Potensi keuntungan dari berjualan Seblak cukup besar. Info yang kami dapat dari salah satu media online, kentungan menjual seblak mencapai Rp700.000 dan Rp1.500.000 saat weekend.

7. Jual Rujak

Rujak jadi street foodkegemaran banyak orang Indonesia. Buah-buahan segar disiram dengan bumbu petis yang manis dan pedas adalah perpaduan yang nikmat.

Rujak biasanya dijajakan berkeliling dengan sepeda atau gerobak. Satu hal yang menjadi ciri khas rujak adalah penggunaan akuarium sebagai etalase buah.

Peluang usaha kecil-kecilan dengan menjual rujak masih terbuka lebar. Keuntungan yang didapat dari usaha ini juga lumayan, jutaan rupiah tiap bulannya. Tempat terbaik untuk berjualan rujak adalah area suatu eventseperti konser, bazar dan car free day.

8. Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas jakarta yang berisi sayuran rebus, lontong, telur dadar, dan disiram kuah kacang. Makanan ini sering dipilih sebagai menu makan siang, terutama oleh karyawan kantoran yang sibuk.

Konsumen gado-gado berasal dari semua kalangan masyarakat. Karena harganya terjangkau, gado-gado bisa dinikmati semua orang, dari kalangan atas ataupun menengah.

Sehingga gado-gado termasuk ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Alangkah baiknya jika membuka usaha gado-gado di tempat yang ramai seperti pasar atau daerah perkantoran. Tapi jika kekurangan modal, kamu bisa mulai berjualan gado-gado dari rumah dan memasarkannya dengan aplikasi ojek online.

9. Nasi Padang

Nasi padang menjadi salah satu makanan terenak asal Indonesia. Nikmatnya nasi padang sudah dipahami warga Indonesia.

Menu yang dijual di rumah makan masih digemari masyarakat, tentu hal ini memberi keuntungan kepada pelaku usaha nasi padang

Peluang usaha Nasi Padang terbuka lebar, omzet penjualan nasi padang bisa mencapai puluhan juta per bulan. Sebab, nasi padang termasuk ide jualan makanan yang laku setiap hari sehingga berpotensi cuan besar.

10. Gorengan

Gorengan jadi makanan favorit orang Indonesia. Terbukti dengan kebiasaan orang Indonesia yang memasak berbagai bahan makanan dengan cara digoreng.

Gorengan jadi pilihan yang tepat jika kamu mencari ide jualan makanan yang laku setiap hari. Selain itu, keuntungan usaha gorengan juga lumayan besar, margin keuntungannya bisa mencapai 50 persen.

Penutup

Itulah tadi 10 daftar ide jualan makanan yang laku setiap hari. Setelah memutuskan usaha kuliner apa yang akan kamu coba, pastikan dieksekusi secara tepat.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment