7 Daftar Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

Usaha Kecil Menengah – Berbisnis jadi salah satu cara terbaik mendapatkan uang. Memulai bisnis tidak harus dengan modal besar, kita bisa memulai bisnis dengan membuka

Gilang Surya

Usaha Kecil Menengah – Berbisnis jadi salah satu cara terbaik mendapatkan uang. Memulai bisnis tidak harus dengan modal besar, kita bisa memulai bisnis dengan membuka UKM.

Berdasarkan undang-Undang no.9 tahun 1995 Tentang Usaha Kecil, kriteria UKM adalah  kegiatan ekonomi skala kecil dengan omzet kurang dari 200 juta per bulan.

UKM juga bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar. Dalam skala tahunan.

7 Daftar Usaha Kecil Menengah

Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Beberapa tahun terakhir, pemerintah mendorong UKM untuk terus maju. Sebab usaha kecil menengah memang jadi penggerak roda ekonomi nasional. Bahkan UKM masih bisa bertahan di tengah pandemi yang mempengaruhi berbagai aspek termasuk ekonomi.

Kami membuat daftar usaha kecil menengah yang bisa kamu pertimbangkan untuk membangun bisnis yang menguntungkan.

1. Kuliner

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang terus bertumbuh. Usaha kecil menengah kuliner bisa mendatangkan untung dengan cepat jika dikelola dengan benar.

Ketika berjualan makanan, hampir pasti setiap hari ada yang beli, karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Rata-rata keuntungan yang didapat dari bisnis kuliner antara 20% sampai 40% tergantung jenis kuliner dan pengelolaan bisnisnya.

2. Produk Khas

Produk khas adalah produk yang menjadi ciri suatu wilayah atau daerah. Produk khas atau produk tradisional juga kerap menjadi perhatian pemerintah. Dengan usaha membuat produk tradisional, akan membawa dampak positif bagi daerahnya.

Misalnya peningkatan ekonomi daerah karena usaha produk khas akan membuka lapangan kerja baru. Selain itu, usaha produk khas juga selalu potensial karena akan selalu ada konsumennya.

3. Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan bisa menjadi peluang bisnis yang mendatangkan keuntungan besar asalkan mampu menerima perubahan dan berkembang mengikuti zaman. Karena seni adalah hal yang fleksibel dan mampu mengikuti perubahan serta perkembangan zaman.

Usaha kerajinan tangan tidak membutuhkan banyak modal jika mampu mengolah limbah dengan baik. Contoh kerajinan tangan yang bisa kamu pertimbangkan antara lain, aksesoris, barang rajutan, baranag anyaman, dan lain-lain.

4. Agribisnis

Agribisnis adalah usaha tani yang berbasis pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik proses produksi dari hulu ke hilir. Sebagai negara agraris, Indonesia jadi tempat yang tepat untuk berbisnis pertanian.

Tidak harus memproduksi produk pertanian seperti padi dan jagung, usaha produk pendukung pertanian semacam pupuk juga bisa mendatangkan keuntungan besar, Mengingat jumlah petani di Indonesia masih terbilang banyak meskipun tidak bertambah.

5. Event Organizer

Event Organizer merupakan salah satu daftar usaha kecil menengah yang selalu potensial. Event Organizer atau biasa disebut EO selalu dibutuhkan, karena akan selalu ada acara atau event yang perlu management dan perencanaan, yang merupakan tugas utama EO.

Peluang usaha event organizer terbuka lebar selama pelaku usaha ini punya kemampuan dan profesional dalam menjalankan bisnisnya. Apalagi jika EO berlokasi di kota besar, yang jadi tempat orang sibuk bekerja. Orang-orang tersebut potensial untuk jadi klien.

6. Furniture

Usaha furniture juga punya peluang bagus mendatangkan keuntungan. Furniture atau mebel selalu dibutuhkan masyarakat, karena itulah kebutuhan mebel akan terus stabil dan usaha Furniture juga akan terus menguntungkan.

Untuk bisa menggaet pembeli, usahawan furtniture harus pandai membaca kebutuhan pasar. Misalnya sekarang desain minimalis menjadi trend yang digandrungi untuk kebutuhan mebel rumah, maka usahawan furniture juga harus bisa memproduksi desain minimalis.

7. Fashion

Fashion jadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang berbelanja baju di hari raya akan menguntungkan pelaku usaha ini. Akan lebih menguntungkan apabila bisa membuat produk sendiri. Sebab harga yang ditawarkan ke konsumen bisa ditekan.

Teknologi juga bisa digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Kamu bisa mempromosikan produk fashion di media sosial atau membuka toko online.

Perbedaan UKM dengan UMKM

Perlu diketahui juga bahwa UKM dan UMKM itu berbeda. Definisi UKM sudah jelas dalam UU no.9 tahun 1995. Sedangkan UMKM adalah akronim dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah. Ketiganya punya kriteria masing-masing, yaitu:

Usaha Mikro

  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50 juta dan tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha.
  • Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta.

Usaha Kecil

  • Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50 juta rupiah hingga Rp500 juta dan tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha.
  • Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar.

Usaha Menengah

  • Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 500 juta Rp10 miliar dan tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha.
  • Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar.
Itulah tadi daftar usaha kecil menengah yang menguntungkan. Jika kamu sedang mencari ide bisnis, mungkin daftar di atas bisa kamu pertimbangkan.
blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment