Cara Mudah Menghitung Engagement Rate Instagram

Menghitung engagement rate wajib dilakukan karena bermanfaat untuk menilai keefektifan strategi marketing yang dijalankan. Engagement rate adalah indikator yang menunjukkan berapa banyak pengguna yang berinteraksi

Gilang Surya

Menghitung engagement rate wajib dilakukan karena bermanfaat untuk menilai keefektifan strategi marketing yang dijalankan.

Engagement rate adalah indikator yang menunjukkan berapa banyak pengguna yang berinteraksi dengan konten kita. Indikator ini menjadi acuan seberapa menarik dan relevan konten kita.

Indikator-indikator yang dimaksud adalah jumlah like, komentar, dibagikan, view dan semua tindakan yang mengisyaratkan bahwa konten kita disukai orang.

Semakin banyak jumlah like atau komentar akan semakin baik. Tapi jumlah like atau komentar yang banyak belum tentu menunjukan engagement rate yang baik.

Cara Menghitung Engagement Instagram
Menghitung Engagement Instagram

Karena engagement rate adalah hasil perhitungan ideal antara interaksi dan jumlah pengikuti akun media sosial.

Misalnya, kamu punya +100 ribu pengikut di akun instagram, tetapi hanya 100 atau 200 dari mereka yang menekan tombol suka atau menuliskan komentar.

Itu menunjukan engagement rate yang tidak ideal, karena hanya 0,01% yang aktif berinteraksi. Kalau sudah begitu kamu harus berhati-hati, karena ini bisa jadi pertanda strategi marketing tidak efektif.

Umumnya engagement rate instagram yang ideal berkisar antar 1% – 5%.

Untuk menghindari strategi marketing yang tidak efektif, kita perlu mengetahui cara menghitung engagement rate atau tingkat interaksi dengan benar.

Cara Menghitung Engagement Rate

Ada banyak pendapat tentang cara menghitung engagement rate, apalagi di Instagram. Memang tidak hanya ada satu rumus pasti untuk melakukannya.

Biasanya orang menghitung engagement rate dengan menjumlahkan likes dan komentar lalu membaginya dengan jumlah pengikut.

Namun ada juga yang berpendapat, selain menjumlahkan likes dan komentar, jumlah postingan disimpan juga perlu diperhitungkan.

Selain itu, beberapa orang menilai komentar lebih penting daripada likes. Karena itulah mereka menyatakan bahwa 1 komentar setara dengan 1,5 – 2 likes.

Sampai sekarang memang tidak ada kesepakatan tentang cara menghitung engagement yang terbaik. Banyak perdebatan tentang jumlah likes + komentar atau jumlah tayangan.

Meskipun begitu, dibawah ini kami membagikan 3 metode yang paling populer untuk menghitung engagement rate instagram.

1. Interaksi / Pengikut

Cara pertama untuk menghitung engagement rate adalah dengan membagi jumlah likes dan komentar dengan jumlah pengikut, lalu dikalikan 100.

Engagement rate = (likes + komentar) ÷ Followers × 100

Cara ini adalah cara yang paling umum dan mudah di praktikkan. Karena jumlah likes, komentar dan total pengikut merupakan info publik.

Menjumlahkan Likes dan komentar lalu dibagi dengan total pengikut menjadi cara terbaik jika kamu ingin membandingkat engagement rate mu dengan milik kompetitor.

Tapi cara ini juga punya kelemahan. Jika kita memilih menggunakan “followers” daripada “views” bisa jadi hasilnya kurang akurat. 

Misalnya, beberapa follower mu hanya aktif di instagram sekali atau dua kalk per bulan, maka mereka akan melewatkan konten mu.

Karena itulah ada orang yang memilih menggunakan views atau tayangan daripada hanya sekedar pengikut yang belum tentu aktif di Instagram.

2. Interaksi / Tayangan

Cara kedua untuk menghitung engagement rate instagram adalah dengan membagi jumlah likes dan komentar dengan tayangan atau views, lalu dikalikan 100 untuk mendapat persentase.

Engagement rate = (likes + komentar) ÷ tayangan × 100

Cara kedua ini agak lebih akurat daripada cara pertama. Karena memperhitungkan jumlah orang yang benar-benar melihat post kita dan memilih terlibat atau tidak (interaksi).

Karena data yang digunakan berisifat pribadi (tayangan), maka hampir mustahil untuk membandingkannya dengan kinerja kompetitor.

Untuk melihat data tayangan kamu hanya perlu ke halaman profil > pilih menu drop-down di pojok kanan atas > Insights. Aku instagram mu akun bisnis untuk bisa mengakses data tayangan.

3. Interaksi / Tayangan Nyata

Cara ketiga yang bisa kamu coba untuk menghitung engagement rate instagram adalah dengan tayangan nyata. Tayangan nyata adalah jumlah likes + komentar + postingan disimpan.

Engagement rate = (likes + komentar + postingan disimpan) ÷ tayangan × 100

Menurut kami cara ini menghasilkan data yang kuat, karena orang yang menyimpan unggahan hampir pasti menyukai unggahan tersebut.

Tetapi memang pada umumnya orang lebih cenderung memberi likes dan komentar daripada menyimpan suatu unggahan. Meski begitu tidak ada salahnya menghitung postingan yang disimpan.

Cara yang Terbaik

Jika kamu mencari cara mana yang terbaik dari tiga diatas, kami tidak bisa menyebutkan yang terbaik. Karena hal itu tergantung dengan keperluan mu.

Jika tujuan mu menghitung engagement rate instagram adalah untuk membandingkan kinerjanmu dengan kompetitor, maka kami rekomendasikan cara nomor satu.

Tapi jika kamu hanya ingin menganilisis keberhasilan strategi mareketing mu, kami sarankan menggunakan cara kedua atau ketiga.

Yang harus diperhatikan adalah nilai dari engagement rate, jika dibawah 1% maka kamu harus mencari cara meningkatkan engagement instagram.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment