8 Langkah Membangun Brand Awareness dari Nol

Membangun Brand Awareness harus dilakukan agar bisnis kita dikenal orang lain. Karena brand awareness dapat membantu pelanggan membedakan produk kita dengan produk lain. Brand Awarness

Gilang Surya

Membangun Brand Awareness harus dilakukan agar bisnis kita dikenal orang lain. Karena brand awareness dapat membantu pelanggan membedakan produk kita dengan produk lain.

Brand Awarness adalah salah satu elemen dalam strategi marketing yang harus dipahami pebisnis. Apapun jenis bisnisnya, aspek brand awareness-nya harus diperhatikan.

Pengertian Brand Awareness atau Kesadaran Merek sendiri adalah acuan sejauh mana merek diakui oleh pelanggan dan dikaitkan dengan produk atau layanan tertentu.

Membangun Brand Awareness
Brand Awareness

Contohnya, dipikiran mu terbesit nama Gojek atau Grab ketika mendengar kata ojek online. Hal inilah yang disebut brand awareness.

Orang-orang sudah tahu kalau Gojek dan Grab itu adalah layanan ojek online. Orang-orang juga banyak yang menghubungkan kalau ojek online itu yaa Gojek atau Grab.

Perusahaan atau merek dengan brand awareness tinggi akan mendapat kepercayaan pelanggan, loyalitas pelanggan, peningkatan kredibilitas, dan masih banyak lagi.

Cara Membangun Brand Awareness

Dibutuhkan strategi brand awareness untuk membantu merek menyebarluaskan pesan, meningkatkan audiens, dan membuat merek dikenal oleh target pasar.

Kunci untuk membangun brand awareness adalah konsisten, sehingga dapat memperkuat citra merek di mata audiens.

Supaya bisa menjalankan strategi kesadaran merek, kita perlu mengetahui apa saja hal yang harus dilakukan.

Kami merekomendasikan 8 cara membangun brand awareness yang dapat kamu coba. Mungkin tidak akan seberhasil Gojek atau Grab, tapi bisa menjadi langkah awal untuk perkembangan bisnis mu.

1. Identitas Merek

Langkah awal membangun brand awareness adalah dengan melekatkan identitas pada merek agar mudah dikenali.

Suatu merek akan lebih mudah diingat ketika merek tersebut memiliki identitas khas. Identitas brand yang kuat akan meningkatkan brand awareness.

Identitas yang khas memudahkan brand terhubung dengan audiensnya. Ketika audiens merasa terhubung atau merasa memiliki kesamaan dengan suatu merek, ia akan cenderung mengingatnya.

Identitas brand ini bermacam-macam, bisa lucu, emosional, bahagia, mewah atau apapun yang konsisten dengan produk mu.

2. Endors Influencer

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer, yaitu orang yang punya kemampuan mempengaruhi orang lain dengan kapasitas yang dimilikinya.

Kita bisa mengendors influencer untuk mempromosikan produk kita dengan tujuan dapat meningkatkan brand awareness.

Tapi kita tidak boleh asal memilih influencer. Pastikan influencer yang dipilih memiliki nilai dan minat yang sejalan dengan merek yang kita bangun.

Hal tersebut penting karena memungkinkan kita menggunakan jaringan mereka untuk menarik audiens besar dari follower mereka yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan kita.

3. Content Marketing

Konten yang berkualitas akan memberi kesan pada audiens dan secara langsung membantu kita membangun brand awareness.

Saat pelanggan menikmati konten kita, kemungkinan besar mereka akan membagikannya ke orang lain, dan membawa lebih banyak pelanggan potensial ke halaman media sosial produk kita.

Content Marketing untuk Membangun Brand Awareness
sumber: pixabay.com

Membuat konten marketing memang terbilang “susah-susah gampang”. Tapi kamu bisa menggunakan prinsip AIDA marketing untuk mempermudah membuat konten berkualitas.

Jadi kita harus rutin membuat konten berkualitas dan sesuai dengan minat target pasar kita, agar bisa mendapatkan audiens yang potensial menjadi pelanggan.

4. Program Rujukan

Program rujukan atau referral system adalah strategi membangun brand awareness dengan cara mendorong pelanggan untuk mengundang pelanggan baru lainnya.

Dalam program rujukan, pelanggan akan diberi insentif atau imbalan jika berhasil mengundang pelanggan baru.

Meskipun terkesan mahal, program rujukan ini termasuk cara yang efektif untuk strategi pemasaran dan membangun kesadaran merek.

Contohnya Neobank. Bank digital itu berhasil mendapatkan banyak pelanggan dan menjadi populer dalam waktu singkat karena salah satu strategi marketingnya menggunakan strategi program rujukan.

5. Barang Gratis

Membagikan barang gratis atau souvenir yang menampilkan logo merek juga merupakan cara membangun brand awareness.

Hampir semua orang suka dengan barang gratis, dan mereka cenderung akan membicarakannya dengan orang lain. Hal itu dapat menjadi startegi membangun kesadaran merek sekaligus promosi.

Membuat dan membagikan barang secara gratis memang butuh biaya, tetapi kamu bisa coba dengan mencetak logo merek pada pulpen, koozie atau gantungan kunci untuk menekan biaya produksinya.

Setelah itu, bagikan barang-barang tersebut pada festival atau event-evet lokal di sekitaran bisnis mu.

6. Lomba Media Sosial

Membuat lomba media sosial adalah cara murah untuk membangun brand awarenes dengan mudah, karena semua orang suka hadiah.

Buat lomba media sosial di mana kontestan mengirimkan foto atau video di akun media sosial mereka. Berikan ketentuan bahwa pemenang dipengaruhi oleh engangementkonten (jumlah like dan komentar).

Kontestan akan membagikan konten dengan teman dan keluarga untuk mendapatkan lebih banyak engangement.

Lalu hasilnya, merek mu jadi dikenal banyak orang dan secara langsung akan meningkatkan brand awareness.

7. Beriklan PPC

Beriklan PPC menjadi cara yang mudah dan praktis untuk membangun brand awareness dari nol. PPC adalah metode pemasaran digital dimana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan di klik.

PPC bisa menjadi cara yang paling ampuh meningkatkan kesadaran merek jika dibarengi dengan pemilihan kata kunci yang sesuai.

Dengan penelitian kata kunci yang baik, merek mu dapat muncul di bagian atas Google untuk pencarian yang relevan.

Bahkan jika pengguna tidak mengklik iklan PPC mu, hanya dengan melihat merek mu di bagian atas hasil pencarian membuat kesan untuk membangun kesadaran merek.

8. Kontroversi

Kontroversi menjadi strategi ampuh untuk membangun brand awareness. Karena orang-orang suka dengan hal-hal kontroversial.

Kontroversi bisa dibuat dengan mengambil sikap yang tidak biasa pada topik industri produk mu. Dengan demikian, akan ada banyak orang memperhatikan produk mu.

Tetapi baik buruknya perhatian yang didapat tergantung materi kontroversinya

Contoh kontroversi yang meningkatkan brand awareness adalah Geprek Bensu yang katanya tampil di acara Paris Fashion Week.

Pentingnya Brand Awareness

Pentingnya Brand Awareness
sumber: voxco.com

Brand Awareness penting dalam menentukan bagaimana pelanggan membuat pilihan mereka. Brand Awareness atau kesadaran merek membantu pelanggan mengingat dan memahami produk kita.

Kesadaran merek berperan penting pada tahap awal pemasaran, yaitu ketiga target pasar sudah ditentukan.

Selain itu, brand awareness juga jadi landasan fundamental untuk mendapatkan pelanggan. Karena brand awareness mengacu pda kemampuan orang untuk mengingat dan memahami produk kita.

Jadi membangun brand awaren wajib dilakukan jika ingin bisnis kita berjalan lancar.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment