5 Tempat Belajar Copywriting Gratis untuk Pemula

Belajar Copywriting Gratis – Copywriting adalah usaha mempengaruhi seseorang untuk melakukan suatu tindakan melalui teks tulisan. Ada juga yang bilang bahwa copywriting ialah seni merangkai

Gilang Surya

Belajar Copywriting Gratis – Copywriting adalah usaha mempengaruhi seseorang untuk melakukan suatu tindakan melalui teks tulisan. Ada juga yang bilang bahwa copywriting ialah seni merangkai kata yang membuat orang melalukan tindakan yang kita inginkan.

Dalam dunia bisnis, Copywriting menjadi hal fundamental untuk menjalankan strategi pemasaran. Sayangnya, copywriting cenderung kurang diminati, dan sedikit mendapat perhatian.

Padahal copywriting sangat berpengaruh terhadap keberhasilan strategi pemasaran yang dijalankan. Tanpa penerapan copywriting, kecil kemungkinannya ada orang yang tertarik dengan produk jualan kita.

Belajar Copywriting Gratis
Tempat Belajar Copywriting

Karena tujuan copywriting adalah mempengaruhi orang lain, dalam hal berbisnis tujuan akhirnya adalah mempengaruhi orang lain untuk membeli produk yang kita jual.

Copywriting adalah skill yang penting dipelajari di zaman sekarang, apalagi lagi untuk pengusaha, orang yang baru merintis bisnis, marketer,blogger atau siapa pun itu yang punya tujuan menjual barang melalui tulisan.

Tempat Belajar Copywriting Gratis

Pada umumnya copywriting diajarkan pada kelas berbayar atau khursus online. Biaya khursus copywriting biasanya lumayan besar, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin belajar copywriting tapi tidak punya modal besar, karena ada tempat belajar copywriting gratis yang bisa kita manfaatkan.

Sebenarnya ada banyak website belajar copywriting di internet yang bisa dengan mudah kita temukan. Selain itu, ada juga beberapa channel youtube yang memberikan pengajaran copywriting gratis

Tapi dalam artikel ini kami akan merekomendasikan 5 tempat untuk belajar copywriting gratis di internet, baik dari situs web, channel youtube maupun akun instagram. Berikut ini daftarnya.

1. Kopywriting Kourse

Kopywriting Kourse adalah channel youtube yang berfokus pada konten copywriting. Dengan channel ini kita bisa mulai belajar copywriting dari dasar.

Di channel ini kita bisa belajar banyak hal, mulai dari hal dasar seperti penjelasan apa itu copywriting, cara menjadi copywriter untuk pemula, cara membuat headline, cara menulis tagline yang menarik, dan lain sebagainya.

Kopywriting Kourse juga membuat konten tentang formula AIDA. Formula AIDA adalah struktur tulisan yang biasa digunakan copywriter untuk mempermudah membuat copy.

Kopywriting Kourse juga mempunyai website, copywritingcourse.com. Kita bisa belajar copywriting gratis melalu blog post di website tersebut.

2. Dan Lok

Dan Lok adalah seorang pebisnis asal Hongkong. Dia sering membuat konten tentang bisnis di channel youtubenya. Dan Lok membuat berbagai konten yang berhubungan dengan bisnis, salah satunya copywriting.

Ada banyak video tentang copywriting dalam channel youtube tersebut. Melalui playlist Copywriting Secrets Dan Lok mengajarkan serba-serbi copywriting.

Dilihat dari video copywriting buatannya, Dan Lok lebih berfokus pada karir seorang copywriter. Dia membuat video tentang cara memulai karir seorang copywriter, cara mendapat penghasilan dengan copywriting, biaya jasa copywriting, dan sebagainya.

Selain itu, Dan Lok juga membuat beberapa video tentang praktik copywriting. Misanya cara membuat email copy yang menarik, rahasia copywriting, dan tips & trik copywriting.

3. Tangan Belang

Channel youtube Tangan Belang bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang ingin belajar copywriting gratis.

Channel youtube tangan belang memang tidak berfokus pada pembahasan copywriting, tapi channel ini sering membahas mengenai strategi copywriting merek-merek terkenal.

Contohnya, Tangan Belang pernah membahas tentang betapa cerdasnya teknik copywriting yang dilakukan Apple dalam video berjudul BELAJAR COPYWRITING DARI APPLE.

Tangan Belang menjelaskan langkah-langkah menulis copy dan merek Apple dijadikan contoh kasusnya. Selain Apple, tangan belang juga membuat video strategi komunikasi yang dilakukan merek-merek populer lain, seperti Philips, Baygon, dan Teh Botol Sosro.

Meskipun tidak membuat video tutorial khusus copywriting, kita  bisa belajar copywriting dari video-video tentang strategi komunikasi brand terkenal yang dibuat Tangan Belang.

4. Siauwandreas

Akun instagram @siauwandreas sering membagikan tips dan trik copywriting, baik dalam bentuk video maupun carousel.

@siauwandreas terkadang juga memberikan tips copywriting yang spesifik, seperti Copywriting untuk jasa joki mobile legend, copywriting untuk marketing WA, copywriting untuk caption Instagram, dan sejenisnya.

Jika kamu ingin belajar copywriting yang santai, kami rekomendasikan untuk mengnjungi akun isntagram @siauwandreas. Karena konten copywriting dalam akun ig tersebut dikemas dengan menyenangkan.

5. Website Provider Hosting

Tempat belajar copywriting gratis yang terakhir adalah website provider hosting. Pada halaman blog website provider hosting biasanya memberikan tips dan trik digital marketing, salah satunya copywriting.

Kita bisa memanfaatkan blog post provider hosting untuk meningkatkan kemampuan copywriting kita. Karena materi yang diberikan biasanya sudah terstruktur dan lengkap, sehingga memudahkan pemula yang ingin belajar copywriting.

Contoh website provider hosting untuk belajar copywriting misalnya dewaweb.com, niagahoster.co.id, dan qwords.com.

Kesimpulan

Dari daftar lima tempat belajar copywriting gratis diatas, kamu bisa memilih mana yang lebih cocok dengan mu. Tapi jika kamu benar-benar baru dalam dunia copywriting, kami menyarankan untuk beljar dari website provider hosting dan akun instagram @siauwandreas.

Selanjutnya kamu bisa belajar dari channel youtube Dan Lok, Tangan Belang atau Kopywriting Kourse untuk mendapat pemahaman yang lebih dalam.

blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment