Penjelasan Aplikasi Smartera, Legit atau Penipuan?

Smartera – Seiring dengan naiknya minat masyarakat untuk berinvestasi, banyak bermunculan investasi bodong alias penipu. Baru-baru ini muncul platform investasi baru bernama SmarTera yang patut

Gilang Surya

Smartera– Seiring dengan naiknya minat masyarakat untuk berinvestasi, banyak bermunculan investasi bodong alias penipu. Baru-baru ini muncul platform investasi baru bernama SmarTera yang patut kamu waspadai.

Investasi mulai digemari masyarakat, karena banyak yang menjanjikan keuntungan besar dari Investasi. Sayangnya ada banyak investasi bondong, alias penipuan yang muncul memanfaatkan momen ini.

Kemajuan teknologi juga jadi salah satu sebab banyaknya investasi abal-abal. Banyak platform investasi berbentuk web atau aplikasi yang menjanjikan keuntungan, padahal hanya tipuan belaka.

Aplikasi SmarTera
Aplikasi SmarTera

Contoh platform investasi bodong berbasis website adalah Ycoca yang beberapa waktu lalu sempat viral dan kini sudah tidak bisa diakses. Dan masih banyak lagi platform investasi bodong yang sudah terbukti menipu.

Apakah aplikasi smartera merupakan investasi bodong? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Tapi kami telah menyusun penjelasan dan fakta terkait aplikasi ini, dengan tujuan membantu menilai apakah Smartera legit atau penipuan.

Apa Itu Aplikasi SmarTera

Smartera adalah aplikasi yang tampak seperti platform investasi. Aplikasi ini baru muncul beberapa hari belakangan dan menjadi topik pembicaraan karena menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

Aplikasi ini menawarkan keuntungan dengan cara menyewakan “mesin investasi” kepada penggunanya. Mesin yang disewakan pun harganya terbilang mahal, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Aplikasi SmarTer
Aplikasi SmarTer

Pendapatan yang dijanjikan Smartera juga terbilang fantastis jika disebut sebagai “investasi” yaitu puluhan ribu rupiah sampai jutaan rupiah per hari.

Dengan tawaran yang fantastis tersebut, tentu banyak tertarik menggunakan aplikasi ini untuk mendapat penghasilan. Apalagi keuntungan yang ditawarkan bisa didapat secara otomatis, alias tanpa usaha.

Mesin yang kamu sewa tadi akan bekerja secara otomatis dan memberi keuntungan dengan jumlah yang konsisten setiap harinya. Seperti itulah sistem aplikasi smartera. Jadi kamu hanya perlu sesekali memantau lewat aplikasi.

Cara Menggunakan Aplikasi SmarTera

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menghasilkan uang dari aplikasi ini hanya perlu menyewa mesin investasi. Selanjutnya, mesin tersebut akan beroperasi dengan sendirirnya dan menghasilkan uang untuk mu.

Namun, sebelum mulai menggunakan SmarTera, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini caranya.

  1. Masuk ke website https://smartera.link/#/home
  2. Selanjutnya pilih menu Sign In dan pilih panel Daftar Akun
  3. Isi formulir dengan alamat email dan password lalu pilih Daftar Akun
  4. Jangan lupa memasukkan kode verfikasi dengan benar
  5. Terakhir, pilih Daftar Akun
  6. Selesai, kamu akan langsung masuk ke dashboard aplikasi.
Mesin Investasi SmarTer
Mesin Investasi SmarTer

Kamu akan mendapat bonus saldo 100 ribu rupiah jika mendaftar melali link referral. Setelah selesai mendaftar, kamu bisa mulai menyewa mesin Tapi kamu perlu tahu harga sewa mesin-mesin ini. Di bawah ini daftar mesin yang disewakan beserta biaya sewanya.

  • ST-G01 biaya 100.000 (gratis) penghasilan harian sebesar Rp7.500
  • ST-G02 biaya 294.000 penghasilan harian sebesar Rp25.500
  • ST-G03 biaya 950.000 penghasilan harian sebesar Rp90.500
  • ST5G-B01 biaya 1.400.000 penghasilan harian sebesar Rp270.000
  • ST5G-B02 biaya 2.800.000 penghasilan harian sebesar Rp600.000
  • ST5G-B03 biaya 9.000.000 penghasilan  harian sebesar Rp2.700.000
  • ST-G01 biaya 3.000.000 penghasilan  harian sebesar Rp300.000
  • ST-G05 biaya 10.000.000 penghasilan harian sebesar Rp1.350.000.

 

Dengan catatan mesin-mesin di atas disewakan selama lima puluh sampai seratus hari. Tapi kamu perlu melakukan deposit atau menyetor uang terlebih dahulu ke dalam aplikasi SmarTera agar bisa menyewa mesin-mesin tersebut melalui menu Isi Ulang.

Apakah aman menyetorkan uang di aplikasi SmarTera?

Kami tidak menyarankan kamu mengeluarkan uang untuk aplikasi ini, mengingat aplikasi semacam ini bisa tiba-tiba hilang dan membawa kabur uang deposit penggunannya. Jadi menyetor uang di aplikasi ini berisiko besar kehilangan uang.

Aplikasi SmarTera Penipuan atau Legit?

Kami masih belum bisa menemukan bukti aplikasi ini benar membayar penggunanya. Tapi biasanya aplikasi semacam ini akan membayar diawal. Lalu lenyap dalam waktu kurang dari setengah tahun. Bahkan ada aplikasi serupa yang hilang dalam waktu satu bulan sejak kemunculannya.

Kami menduga aplikasi SmarTera berisiko penipuan, kami menemukan beberapa fakta janggal terkait aplikasi ini yang menguatkan dugaan kami.

1. Identitas Perusahaan Tidak Jelas

Kami tidak menemukan identitas perusahaan yang membawahi jalannya operasional aplikasi SmarTera. Dalam halaman Company Profile tertulis SmarTera Telecommunication Holdings Limited. Tapi kami tidak bisa menemukan informasi perusahaan yang dimaksud.

Yang kami temukan justru perusahaan SmarTone Telecommunications Holdings Limited. Memang nampak mirip. Karena itulah kami menduga SmarTera hanya menduplikasi perusahaan tersebut.

2. Keamanan Lemah

Keamanan website SmarTera.link sangat lemah. Kami mencoba mendaftar dengan akun email palsu dan berhasil. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya proses verifikasi via email dalam aplikasi ini.

Biasanya ketika kita mendaftar ke suatu layanan dan memasukkan email, akan ada pesan berupa link untuk memverifikasi kepemilikan email, hal itu tidak terjadi pada aplikasi SmarTera.

3. Kuasa Admin Grup Chat

Di dalam aplikasi ini, kamu akan menemukan link untuk bergabung di grup chat Telegram dan Whatsapp SmarTera. Anehnya hanya admin grup yang bisa mengirim pesan dan anggota grup tidak diberikan hak apa-apa kecuali menyimak pesan yang dikirimkan admin.

Hal ini patut diwaspadai, karena para anggota tidak bisa komplain atas masalah atau mungkin potensi kerugian yang akan mereka hadapi dalam aplikasi ini.

4. Sistem yang Aneh

Kejanggalan terakhir adalah sistem atau konsep bisnis SmarTera yang tidak masuk akal. Mereka mengklaim sebagai tempat investasi dan menjanjikan keuntungan konsisten setiap hari. Nyatanya tidak ada investasi yang bisa menjamin keuntungan, apalagi jumlah konsisten.

SmarTera juga tidak menyebut investasi apa yang ia maksud dan kegunaan dari mesin yang disewakan dengan harga mahal itu.

Kesimpulan

SmarTera adalah aplikasi yang menjanjikan penghaslan kepada penggunanya dengan “berinvestasi” di dalam aplikasinya. Aplikasi ini berisiko besar scam alias penipuan atau money game. Kami tidak merekomendasikan mu menggunakan aplikasi ini, apalagi sampai mengeluarkan uang untuk menyewa “mesin investasi” yang tidak jelas gunanya.
blank

Gilang Surya

Sejak 2020 mulai memanfaatkan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Content Writer Freelance.

Tags

Related Post

Leave a Comment