Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Aplikasi Sampingan, Benar Membayar atau Penipuan?

Aplikasi Sampingan - Ada banyak sekali platform kerja online di internet, sayangnya sebagian besar hanyalah scam. Meski begitu, tidak semua aplikasi atau website kerja online adalah penipuan, karena ada juga platform yang legit alias benar-benar membayar penggunanya.

Contoh platform kerja online yang membayar adalah Picoworkers dan Remotasks. Kedua website tersebut dikenal sebagai plaatform microjobs yang menyediakan tugas-tugas ringan dengan bayaran yang lumayan.

Salah satu platform kerja online lain yang diunggulkan dan sudah digunakan banyak orang adalah aplikasi Sampingan. Aplikasi tersebut diharapkan bisa mendatangkan  penghasilan untuk penggunanya.

Tapi apakah benar aplikasi sampingan adalah platform kerja online yang legit? Bagaimana cara menggunakannya? dan Berapa uang yang bisa kita dapat dari aplikasi ini?

Apa Itu Aplikasi Sampingan

Review Aplikasi Sampingan
Review Aplikasi Sampingan

Bekerja dari rumah saat ini menjadi keinginan banyak orang. Jika kamu punya keinginan yang sama, mungkin kamu perlu mencoba aplikasi ini karena ada beragam pekerjaan online untuk pemula tanpa keahlian khusus.

Aplikasi Sampingan sendiri adalah platform yang menghubungkan penggunanya ke banyak pekerjaan sampingan. Kamu bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan di aplikasi ini.

Bisa dibilang aplikasi ini termasuk platform microjob online Indonesia, karena pekerjaan yang disediakan berupa pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa diselesaikan dengan mudah.

Aplikasi yang dirilis tanggal 18 November 2018 ini sudah mendapat lebih dari 1 juta kali download. Aplikasi ini juga mendapat rating 3,4 dari 49 ribu ulasan di Google PlayStore.

Jumlah unduhan yang besar dan rating yang lumayan tersebut bisa jadi pertimbangan untuk menilai aplikasi ini legit atau scam, tapi kita tetap tidak boleh berpatokan pada rating dan jumlah unduhan karena dua hal tersebut bisa dengan mudah dimanipulasi.

Lalu, apakah aplikasi Sampingan benar membayar atau penipuan?

Aplikasi Sampingan Legit atau Scam?

Banyak yang mempertanyakan apakah aplikasi Sampingan penipuan. Hal tersebut wajar, karena sebelumnya ada banyak aplikasi serupa yang ternyata scam. 

Contoh aplikasi penghasil uang yang scam adalah Aplikasi Golns. Aplikasi tersebut meminta penggunanya untuk menyetor uang tapi beberapa waktu kemudian aplikasi tidak dapat diakses. Alhasil, banyak orang yang kehilangan uangnya di aplikasi Golns.

Lalu, apakah Sampingan Apk scam seperti aplikasi Golns? Jawabannya belum tentu. Aplikasi Sampingan tidak meminta uang pada pengguna, tetapi hanya meminta waktu pengguna untuk mengerjakan tugas di dalam aplikasi.

Meski begitu, ada beberapa pengguna memberikan komentar negatif terhadap aplikasi ini karena berbagai masalah. Beberapa masalah yang dikeluhkan pengguna misalnya sedikitnya pekerjaan yang tersedia, lambatnya verifikasi tugas, hingga kode OTP yang tidak masuk.

Tentang masalah pekerjaan yang terbatas, perlu diketahui bahwa Apk Sampingan menawarkan pekerjaan paruh waktu atau partime, pekerjaan penuh atau full time, dan misi harian.

Kebanyakan pengguna mengeluhkan kosongnya lowongan pekerjaan part time dan misi harian. Padahal dua jenis pekerjaan tersebut yang banyak dibutuhkan pengguna

Terkait hal ini, pihak developer memberikan pernyataan pada salah satu ulasan di PlayStore bahwa mereka sedang berfokus pada lowongan kerja full time.

Loker di Aplikasi Sampingan
Ulasan Pengguna

Artinya, aplikasi ini hampir tidak bisa digunakan untuk mendapat penghasilan dari rumah. Berbeda dengan aplikasi Survey Online Nusaresearch yang bisa digunakan untuk mendapat penghasilan hanya dengan bermodal kuota Internet dan Handphone.

Jadi jika ada yang bertanya apakah aplikasi Sampingan penipuan, kami tidak bisa menjawabnya dengan pasti.Tetapi kami berani bilang kalau aplikasi ini lebih mirip aplikasi lowongan kerja daripada platform kerja online.

Hal tersebut karena minimnya misi harian yang bisa dikerjakan dari rumah, hanya ada pekerjaan full time yang mengharuskan pengguna untuk bekerja di luar rumah.

Tapi meskipun begitu, masih ada juga pengguna yang memberikan ulasan positif untuk aplikasi Sampingan. Ada beberapa pengguna yang mengaku menerima bayaran dari aplikasi ini.

Ada juga pengguna yang merasa terbantu karena bisa mendapatkan pekerjaan dari aplikasi ini. Memang aplikasi ini layak kamu coba jika sedang mencari lowongan kerja full time.

Apakah Aplikasi Sampingan Aman?

Dalam menggunakan suatu aplikasi, kita harus mengetahui keamanannya, begitu juga dengan aplikasi Sampingan. Kamu harus tahu keamanan aplikasi ini jika ingin menggunakannya untuk mencari loker.

Sebenarnya butuh keahlian khusus untuk menilai aman tidaknya suatu aplikasi. Tapi pada artikel ini kami ingin kamu untuk mempertimbangkan data-data yang dikumpulkan berikut ini.

Data-data yang dikumpulkan Aplikasi Sampingan
Data-data yang Dikumpulkan

Di atas adalah data-data yang dikumpulkan, data tersebut sebenarnya masih wajar mengingat fungsi aplikasi Sampingan adalah untuk menghubungkan pengguna dengan lowongan kerja.

Tapi kembali lagi ke diri masing-masing, apakah kamu bersedia data-data tersebut dikumpulkan dari handphone mu?

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa aplikasi Sampingan lebih mirip aplikasi lowongan kerja dari pada platform kerja online. Sulit sekali mendapat pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, kebanyakan hanya ada lowongan kerja full time.

Jika kamu mencari platform kerja online, aplikasi ini bukanlah pilihan yang tepat, tapi jika kamu ingin mencari lowongan pekerjaan, aplikasi ini sangat layak untuk kamu coba.