Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi IndiHome Lemot: Terhubung Tapi Tidak Ada Internet

IndiHome Lemot - Apakah kamu pernah mengalami wifi indihome terhubung tapi tidak ada internet? Hal ini memang sering terjadi kepada pengguna provider internet tersebut, ada beberapa cara mengatasi masalah ini.

Kecepatan sinyal IndiHome sebenarnya tidak buruk, bahkan bisa dibilang bagus. Tapi masalah yang sering dikeluhkan pengguna adalah sinyal kuat tersebut bisa tiba-tiba menjadi lemot bahkan hilang sepenuhnya.

Wifi IndiHome Lemot
Wifi IndiHome Lemot

Entah kenapa provider internet IndiHome sering gangguan, padahal merupakan provider milik negara yang seharusnya bisa memberikan layanan terbaik. Meskipun begitu, nyatanya jumlah konsumen Indihome masih terbilang banyak.

Jika Wifi IndiHome mu lemot atau statusnya terhubung tapi tidak ada internet, kamu harus paham bagaimana cara mengatasinya.

Mengatasi Wifi IndiHome Lemot

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba jika wifi IndiHome mu tidak ada internet. Sebagian cara yang kami tulis dalam artikel bisa dipraktikkan dengan mudah, tapi sebagian cara lainnya butuh keahlian untuk mempraktikkannya.

Tentu saja cara yang paling aman mengatasi wifi IndiHome lemot adalah dengan meminta bantuan teknisi resmi.

Tapi bagi kamu yang tidak mau membayar uang tip untuk teknisi, bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar wifi IndiHome tidak lemot.

1. Restart Modem

Restart modem adalah cara yang paling umum digunakan kentika wifi bermasalah, bahkan teknisi pun juga akan melakukan restart pda modem terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan lain.

Ada dua metode restart modem, melalui panel Admin dan langsung melalui modemnya.

Restart dengan Panel Admin

  1. Buka browser, sebaiknya gunakan PC
  2. Masukan ip gateway default modem IndiHome, biasanya 192.168.0.1 atau 192.168.1.1
  3. Login menggunakan Username dan Password wifi mu
  4. Masuk ke menu System tools
  5. Klik Reboot untuk melakukan restart pada modem
  6. Tunggu hingga modem menyala kembali.

Restart Langsung dari Modem

  1. Matikan modem dengan menekan tombol Power modem
  2. Cabut saklar untuk router/modem
  3. Tunggu beberapa menit
  4. Hidupkan kembali dengan memasang saklar dan menekan tombol power
  5. Jika lampu berwarna hijau, koneksi internet mu sudah kembali normal.

2. Matikan Router

Salah satu penyebab wifi IndiHome lemot adalah karena suhu router terlalu panas. Jadi kamu perlu mengistirahatkan router atau modem agar wifi indihome tidak lemot.

Cara mematikan router sangat mudah, kamu bisa langsung mencabut saklar router, maka otomatis router kan mati. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol power hingga lampu router mati.

Setelah router atau modem dimatikan, tunggu beberapa menit hingga suhu router menurun, lalu hidupkan kembali saat suhu router sudah normal.

3. Reset Modem

Melakukan reset modem bisa jadi solusi ketika cara-cara sebelumnya masih belum berhasil. Tapi yang perlu kamu ketahui, ketika melakukan reset modem artinya kamu membuat modem kembali ke pengaturan pabrik, sehingga harus melakukan beberapa pengaturan setelahnya.

Jadi sebelum mereset modem, pastikan kamu paham cara mengatur modem untuk terhubung kebali ke Internet. Berikut ini langkah-langkah reset modem.

  1. Pastikan modem dalam keadaan menyala
  2. Siapkan benda kecil seperti jarum, tusuk gigi atau yang lainnya
  3. Lalu masukan ke lubag kecil yang biasanya berada di belakang modem
  4. Tekan dan tahan beberapa saat hingga berbunyi "bip" dan lampu mati
  5. Terus tekan hingga lampu indikator kembali menyala
  6. Tunggu hingga modem kembali menyala
Setelah modem menyala, kamu perlu mengatur beberapa hal agar modem dapat menangkap jaringan wifi. Jika kamu tidak paham cara mengatur settingan modem, kami tidak menyarankan mu menggunakan cara ini.

4. Nyalakan Mode Pesawat

Ketika sinyal wifi indihome lemot, bisa saja masalahnya justru ada pada device mu. Cara mengatasinya adalah dengan menghidupkan mode pesawat.

Dengan menghidupkan mode peswat, device mu akan terputus dengan semua jaringan Internet. Tunggu hingga beberapa menit, lalu matikan lagi mode pesawat dan coba hubungkan lagi ke wifi IndiHome.

Cara ini ibarat seperti melakukan restart, tapi yang direstart hanya koneksi Internetnya.

5. Memperbarui Driver Wifi Laptop

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, wifi lemot bisa terjadi karena devicenya. Khusus untuk pengguna laptop, jika mengalami wifi indihome terhubung tapi tidak ada internet, kamu bisa mengupdate driver wifi laptop.

Untuk memperbarui driver laptop, kamu perlu pergi ke Device Manager, lalu pilih Network Adapters, klik kanan pada file yang bertuliskan "wireless", lalu klik update driver.

Kesimpulan

Itu tadi beberapa cara mengatasi wifi Indihome lemot. Tentu saja cara yang paling aman adalah dengan meminta bantuan teknisi, supaya tidak ada kerusakan yang kita alami.