Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim Foto di Whatsapp

Whatsapp tidak bisa kirim foto
Whatsapp tidak bisa kirim foto

Whatsapp menjadi aplikasi messenger terpopuler di dunia. Meski begitu, bukan berarti whatsapp tidak punya kekurangan. Beberapa kali pengguna mengeluhkan fitur yang rusak, misalnya tidak bisa kirim foto dan video di Whatsapp.

Apakah kamu pernah mengalami hal tersebut? Tidak bisa mengirim foto di whatsapp lalu muncul notifikasi "Maaf, file media ini tidak ada di penyimpanan internal telepon Anda".

Ada juga pengguna yang tidak bisa menerima file media seperti foto dan video melalui whatsapp. Jika kamu mendapati masalah ini terjadi pada mu, kami rekomendasikan beberapa solusi pemecahannya.

Baca Juga: Cara Mengetik dengan Suara

Penyebab Tidak Bisa Kirim Foto Di Whatsapp

Sebelum membahas cara mengatasi tidak bisa kirim foto dan video di whatsapp, kita perlu tahu apa penyebab masalah ini terjadi.

Umumnya, tidak bisa mengirim foto atau gambar disebabkan oleh jaringan internet yang kurang baik, izin penyimpanan tidak diberikan dan salah pengaturan dalam aplikasi.

  1. Jaringan Internet yang lemot tentu mempengaruhi akses whatsapp. Jika sinyal internet yang digunakan kurang baik, maka kita akan kesulitan untuk mengirim foto, video bahkan teks di whatsapp.
  2. Akses penyimpanan harus diberikan. Sebab, whatsapp membutuhkan izin ini untuk berkirim file media seperti foto dan video.
  3. Salah atur aplikasi Whatsapp. Dalam aplikasi berkirim pesan ini ada menu yang digunakan untuk mengatur file media. Barangkali menu ini tidak sengaja terubah sehingga menghambat kita saat akan berkirim foto atau video.

Selain tiga penyebab di atas, sebenarnya ada kemungkinan lain yang akan kita bahas beserta cara mengatasinya.

Baca Juga: Mengatasi Fitur Voice Typing Tidak Muncul

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Foto

Untuk mengatasi aplikasi whatsapp yang tidak bisa kirim foto, ada beberapa cara yang kami sarankan. Beberapa di antaranya mungkin akan cocok kamu praktikkan. Silakan simak tutorialnya berikut ini.

1. Memeriksa Koneksi Internet

Cara yang pertama adalah dengan memeriksa koneksi Internet. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sinyal internet berpengaruh terhadap akses Whatsapp, jadi kamu harus memastikan koneksi Internet mu lancar.

Cara memeriksa kecepatan sinyal internet adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke website fast.com
  • Secara otomatis kecepatan internet mu akan diuji
  • Tunggu hingga proses pengujian selesai.
Kecepatan Internet
Kecepatan Internet

Gambar di atas adalah contoh kecepatan internet yang kami gunakan. Bisa terlihat bahwa kecepatan internet saya 18 Mbps, kecepatan ini saya anggap cukup cepat. Ini merupakan kecepatan download.

Tapi kita juga bisa melihat di kanan bawah kecepatan upload Internet saya 3.4 Mbps, kecepatan ini saya anggap normal, tidak cepat tapi juga tidak lambat.

Kecepatan download dan upload memang berbeda, biasanya kecepatan upload akan lebih rendah dari download. Padahal, kecepatan upload ini lah yang jadi tolok ukur mengirim file foto atau video di Whatsapp.

Kamu juga bisa mengetahui kecepatan internet di HP. Tutorialnya bisa kamu temukan di artikel Cara Menampilkan Kecepatan Internet Di Hp.

Sebenarnya tidak ada patokan pasti tentang kecepatan Internet, tapi berdasarkan pengalaman kami, koneksi internet akan lambat jika kecepatannya mencapai 100 Kbps atau lebih rendah.

Jika sudah demikian, kami sarankan untuk mengganti provider Internet mu. Tapi jika sinyal internet mu bagus, berarti masalahnya bukan pada koneksi Internet.

2. Akses Izin Penyimpanan

Supaya bisa mengirim dan menerima foto, kita harus mengizinkan whatsapp mengakses penyimpanan ponsel. Jika whatsapp mu tidak bisa kirim foto atau video, kemungkinan izin akses ke penyimpanan belum kamu buka.

Untuk memeriksa izin akses, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka halaman pengaturan
  • Masuk ke menu aplikasi
  • Masuk ke halaman kelola aplikasi
  • Pilih aplikasi Whatsapp
  • Masuk ke halaman perizinan aplikasi
  • Periksa apakah akses terhadap penyimpanan sudah diberikan.
Izin Akses Penyimpanan
Izin Akses Penyimpanan

Dalam contoh di atas, izin akses ke penyimpanan sudah diberikan. Sekarang cobalah kirim foto yang kamu inginkan.

Jika belum berhasil, mungkin saja masalahnya ada pada pengaturan aplikasi whatsapp mu.

3. Pengaturan Visibilitas Media

Di aplikasi whatsapp ada fitur "Visibilitas Media" atau "Tampilkan Media" jika fitur ini di nonaktifkan, maka kamu tidak bisa mengirim foto dari penyimpanan ponsel melalui whatsapp.

Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah, simak tutorialnya berikut ini.

Visibilitas Media
Visibilitas Media

  • Masuk ke aplikasi whatsapp
  • Buka menu dengan ikon tiga titik
  • Pilih Setelan
  • Lalu masuk ke menu Chat
  • Aktifkan fitur Visibilitas Media atau Tampilkan Media

Sebenarnya secara default fitur ini akan aktif dengan sendirinya ketika aplikasi whatsapp terinstal di smartphone, tapi bisa saja kita tidak sengaja menonaktifkannya saat mengotak-atik menu.

4. Hapus Cache

Jika kamu tidak pernah mengubah pengaturan di aplikasi whatsapp dan fitur Visibilitas Media juga masih aktif, kemungkinan cache aplikasi sudah terlalu banyak sehingga kamu tidak bisa mengirim foto di Whatsapp.

Solusinya bisa dengan menghapus cache agar terdapat ruang yang lebih luas dalam penyimpanan ponsel sehingga program atau fitur aplikasi dapat berjalan lancar. Berikut ini cara menghapus cache Whatsapp.

  • Buka halaman pengaturan
  • Masuk ke menu aplikasi
  • Masuk ke halaman kelola aplikasi
  • Pilih aplikasi Whatsapp
  • Masuk ke menu penyimpanan
  • Klik bersihkan cache.

Cache merupakan data yang disimpan sementara di memori telepon. Jika dibiarkan, cache akan menumpuk dan memenuhi penyimpanan telepon, akibatnya ponsel akan berjalan lambat.

Menghapus cache tidak akan berdampak pada data-data penting, hanya data bersifatnya sementara yang terhapus. Riwayat chat, kontak, dan file media whatsapp tidak akan terhapus.

5. Reinstal Aplikasi Whatsapp

Jika keempat cara sebelumnya sudah kamu coba dan tetap tidak berhasil, maka kami sarankan untuk melakukan reinstal aplikasi whatsapp.

Reinstal berarti menginstal ulang, artinya kamu perlu melakukan uninstal aplikasi whatsapp lalu menginstalnya kembali.

Dengan melakukan reinstal, aplikasi akan berjalan seperti baru. Tapi jika kamu melakukan reinstal, kemungkinan besar data-data mu akan hilang, kecuali kamu sudah melakukan backup data sebelumnya.

6. Whatsapp Sedang Gangguan

Meskipun perusahaan besar, whatsapp juga pernah down. Kita mungkin masih ingat ketika whatsapp dan Instagram tidak bisa diakses karena gangguan. Saat itu, serenta pengguna whatsapp mengeluh karena masalah ini.

Jika hal ini terjadi, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Karena solusinya hanya dengan memperbaiki gangguan dan itu tugas Official whatsapp.

Kesimpulan

Itu tadi beberapa solusi mengatasi tidak bisa kirim foto di whatsapp. Perlu diketahui bahwa masalah seperti ini biasa terjadi, karena itulah kami menyarankan enam solusi di atas. Semoga solusi tersebut bermanfaat.