Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa di Waktu Luang

Kerja Sampingan - Banyak pelajar dan mahasiswa yang kesusahan mendapat penghasilan karena bekerja full time akan menyita waktu belajar mereka. Tapi ada loh kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang tidak menyita waktu.

Selain masalah waktu, yang jadi persoalan lain adalah minim pengalaman. Pelajar dan mahasiswa seringkali diremehkan ketika hendak melamar kerja karena dianggap belum punya pengalaman kerja.

Padahal penting bagi pelajar, khususnya mahasiswa untuk punya penghasilan. Jika pelajar dan mahasiswa sudah berpenghasilan, secara tidak langsung akan membantu meringankan tanggungan orang tua.

Kerja Sampingan
Pixabay.com

Kerja sampingan bisa jadi solusi bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin punya penghasilan tapi belum punya pengalaman kerja dan tidak mau waktu belajarnya tersita.

Kami membuat daftar 10 kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa dikerjakan saat waktu luang, sehingga tidak mengurangi waktu belajar.

Kerja Sampingan untuk Mahasiswa dan Pelajar

Banyak mahasiswa perantauan dari desa ke kota yang mengandalkan kiriman orang tua untuk biaya hidup. Sebenarnya Mahasiswa punya peluang besar kerja sampingan online maupun offline karena tergolong usia produktif dan tinggal di kota yang biasanya tersedia banyak lapangan kerja.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP dan SMA/SMK/MA atau sederajat tentu berbeda dengan pekerjaan untuk mahasiswa. Kebanyakan pelajar belum punya KTP, sedangkan hal tersebut merupakan syarat untuk daftar kerja.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, kami juga memasukkan pekerjaan sampingan yang tidak membutuhkan kartu identitas. Jadi pelajar yang tidak punya KTP masih bisa menghasilkan uang.

Berikut ini daftar 10 kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa:

1. Content Writer

Kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa adalah Content Writer. Content Writer adalah penulis konten untuk situs web.

Peluang sebagai content writer masih terbuka lebar. Banyak situs media online yang membayar kontributornya jika berhasil menulis konten unik dan menarik.

Jika kamu ingin tahu apa saja website yang membayar kontributornya, silakan membaca artikel Website Penghasil Uang untuk Penulis.

Selain menulis di media online, kamu juga bisa menawarkan jasa tulis artikel mu ke media sosial. Sebab, ada juga website yang dikelola secara perorangan dan butuh jasa tulis artikel.

Penghasilan dari kerja sampingan ini beragam, ada yang dibayar belasan hingga ratusan ribu per artikel, tapi ada juga yang sistem kontrak.

2. Content Creator

Tidak bisa dipungkiri menjadi content creator medsos yang terkenal adalah cara mudah mendapatkan uang. Ada banyak peluang yang terbuka jika kita terkenal di medsos, paid promote misalnya.

Tapi tentu saja menjadi terkenal di media sosial bukanlah perkara yang mudah. Butuh usaha dan mungkin waktu yang lama untuk bisa membangun audience.

Solusinya, kamu bisa menggunakan platform influencer marketing. Dengan platform ini, bermodalkan follower 1-3rb kamu sudah bisa mendulang rupiah dengan paid promote atau promosi berbayar.

3. Mengikuti Survey Berbayar

Mengerjakan survey bisa jadi kerja sampingan online lewat hp untuk pelajar dan mahasiswa. Kamu hanya perlu menjawab kuesioner/pertanyaan survey untuk mendapat imbalan.

Bayaran dari mengerjakan survey berbayar ini beragam, mulai dari puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu, tergantung platform survey-nya.

Salah satu platform survey online yang menguntungkan adalah Nusareserach, bayaran yang ditawarkan mulai dari 50rb sampai 100rb rupiah.

Baca artikel Nusaresearch, Survey Berbayar Indonesia jika kamu ingin dapat bayaran dari survey online.

4. Dropship

Dropship adalah sistem penjualan dimana sang penjual hanya bertugas memasarkan barang tanpa stok barang.

Contohnya, Dropshiper A ingin menjual topi, dia memilih toko B di e-commerce hijau sebagai supplier-nya. Yang perlu dilakukan Dropshiper A adalah membuat toko di e-commerce oren lalu memasang gambar topi dari toko B dengan harga yang lebih mahal.

Jika ada yang membeli topi, dropshiper A akan melakukan pemesanan di toko B dengan mengisikan alamat dari pembeli topi di toko A.

Dropship pantas di coba sebagai usaha sampingan untuk pelajar dan mahasiswa, khususnya yang gemar berjualan. Keuntungan dari dropship tergantung seberapa pandai kita memilih supplier.

5. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing mirip dengan dropship, tapi agak lebih mudah. Seorang Affiliate Marketer hanya bertugas membagikan link affiliasi suatu produk, jika ada yang membeli produk tersebut dari link yang dibagikan, maka affiliate marketer akan mendapat komisi.

Cara ini digunakan banyak orang sebagai sumber penghasilan utama karena memang potensi untung dari Affiliate Marketing cukup besar, lebih dari 50% dari harga produk (jika produk digital).

Kamu bisa menggunakan google mencari produk untuk di promosikan dengan link affliasi. Tapi jika tidak ingin susah, kamu bisa mendaftar program Affiliate Marketer di E-commerce seperti shopee dan tokopedia.

6. Jasa Penerjemah

Punya skill berbahasa asing artinya kamu menambah nilai plus dalam diri mu. Karena dengan skill tersebut kamu bisa membuka banyak peluang di pasar kerja.

Untuk pelajar dan mahasiswa yang punya keahlian berbahasa asing, bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa penerjemah.

Kamu bisa menawarkan jasa penerjemah di media sosial. Biasanya penerjemah akan diminta menerjemahkan tulisan, misalnya jurnal, paper, atau bahkan buku. Tapi terkadang ada permintaan untuk menerjemahkan video.

Tentu semakin banyak media yang diterjemahkan akan semakin besar juga bayarannya. Tapi pada umumnya, bayaran untuk menerjemahkan dokumen selain dari bahasa inggris akan mendapat bayaran mahal.

Potensi penghasilan dari kerja sampingan ini cukup lumayan, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu dalam satu kali kerja. 

7. Joki Tugas

Usaha sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa adalah Joki Tugas. Menerima bayaran karena mengerjakan tugas sekolah orang lain.

Joki tugas umum dilakukan anak sekolahan, baik sebagai konsumen atau pelaku. Jangan tanya tentang penghasilan, sebab akan selalu ada siswa yang malas atau tidak punya waktu mengerjakan tugasnya sendiri.

Jika kamu berniat menjadi Joki Tugas, kamu perlu memperhatikan kemampuan mu, jangan sampai kamu menerima orderan tugas yang tidak kamu kuasai.

Solusinya, kamu harus menentukan tugas seperti apa yang akan kamu terima. Biasanya Joki Tugas lebih sering menerima orderan untuk merangkum buku atau menyiapkan ppt presentasi.

8. Guru Les

Menjadi guru les untuk anak SD di lingkungan sekitar rumah merupakan cara yang baik untuk dapat penghasilan tambahan. Selain mendapat uang, kamu juga akan merasakan kepuasan batin.

Tapi kamu juga harus ingat kapasitas dan kemampuan mu, jadi kami sarankan untuk tidak memasang tarif tinggi. Satu kali pertemuan 5000 rupiah untuk satu orang anak, rasanya sudah cukup.

Tidak salah menjadi guru dengan tujuan mencari uang, tapi alangkah baiknya dilakukan dengan ikhlas.

9. Kurir Paruh Waktu

Jika kamu menginginkan penghasilan yang lebih pasti, menjadi kurir paruh waktu mungkin perlu kamu pertimbangkan.

Kurir menjadi profesi yang ikut berkembang bersamaan dengan meningkatnya frekuensi belanja online di masyarakat. Tak jarang perusahaan ekspedisi kewalahan dalam mengantar paket.

Karena itulah banyak perusahaan ekspedisi yang membuka lowongan kerja sebagai kurir paruh waktu. Beda antara kurir paruh waktu dan kurir tetap adalah pada penghasilan dan jumlah paket yang dikirim.

Kurir tetap akan mendapat berbagai tunjangan disamping penghasilan mengantar paket, sedangkan kurir paruh waktu hanya mendapat penghasilan berdasarkan jumlah paket yang diantar.

Mahasiswa yang punya motor dan SIM akan cocok dengan pekerjaan ini. Perlu diketahui, tidak semua perusahaan ekspedisi membuka lowongan kurir paruh waktu, jadi kamu harus rajin mencari lowongannya.

10. Driver Ojek Online

Jadi driver ojek online bisa jadi alternatif kerja sampingan untuk mahasiswa. Konsumen yang luas dan jam kerja yang fleksibel jadi alasan kenapa mahasiswa cocok jadi driver ojol.

Mahasiswa bisa mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi driver ojol sesuai kebutuhan. Jika sedang belajar atau kuliah, aplikasi driver ojol bisa dimatikan. Sebaliknya, jika sedang luang, aplikasi harus di aktifkan untuk mendapat customer.

Di kota-kota besar, ojek online sudah sangat populer, sehingga jangkauan konsumennya pun luas. Jadi kamu tidak perlu khawatir tidak dapat orderan, asalkan performa sebagai driver masih bagus, orderana akan lancar masuk ke ponsel mu.

Kesimpulan

Ada banyak kerja sampingan untuk pelajar maupun mahasiswa bisa dilakukan tanpa mengganggu waktu belajar asalkan tepat memilih.