Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Bayar Listrik Lewat ATM BRI - Listrik sudah jadi kebutuhan masyarakat modern. Di Indonesia, pasokan listrik utama disediakan oleh PLN yang merupakan Badan Usaha Milik Negara.

Kita harus membayar listrik yang kita gunakan setiap bulannya. Biasanya membayar tagihan listrik dilakukan dengan datang ke kantor PLN. Tapi tahukah kamu kalau kita bisa membayar tagihan listrik lewat ATM? 

Cara Bayar Listrik Di ATM BRI
Cara Bayar Listrik Di ATM BRI

Bayar listrik lewat ATM tentu akan memudahkan kita karena tidak perlu antre di kantor PLN. Selain itu, kita juga bisa membeli token listrik lewat ATM loh.

PLN bekerja sama dengan BRI yang merupakan salah satu bank besar di Indonesia agar bisa memberikan layanan yang luas kepada konsumen, terutama untuk transaksi listrik.

Nasabah Bank Rakyat Indonesia juga bisa loh bayar listrik lewat ATM BRI.

Cara Mudah Bayar Listrik di ATM BRI

Dengan puluhan ribu mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke pelosok desa, kita tidak akan kesulitan untuk menemukan ATM BRI.

Sebenarnya ada dua cara mudah untuk melakukan pembayaran tagihan listrik lewat ATM BRI, yaitu langsung datang ke mesin ATM atau melalui aplikasi E-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Baca Juga: Nusaresearch Aplikasi Penghasil Saldo Gopay

Tentu saja kedua cara tersebut punya kelebihan dan kekurangan. Jika kamu penasaran bagaimana cara bayar listrik lewat ATM BRI serta kelebihan dan kekurangannya, simak tutorial di bawah ini.

1. Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Pergi ke ATM
Pergi ke ATM

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum pergi ke unit ATM BRI untuk melakukan pembayaran tagihan listrik. Yang pertama, kita perlu menyiapkan nomor meter listrik 12 digit, lalu kartu ATM BRI dengan saldo yang cukup.

Jika kedua hal tersebut sudah kamu siapkan, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Silakan pergi unit ATM BRI terdekat
  2. Masukan kartu ATM ke mesin ATM
  3. Jangan lupa memasukkan PIN ATM dengan benar
  4. Pilih menu Pembayaran/Pembelian
  5. Setelah itu pilih menu "Listrik/PLN"
  6. Akan muncul dua pilihan "Pascabayar" dan "Prabayar". Pascabayar artinya kita membayar listrik yang sudah kita gunakan. Sedangkan Prabayar artinya kita membayar listrik yang akan kita gunakan. Pilih menu "pascabayar" karena biasanya listrik dirumah-rumah berjenis Pascabayar.
  7. Masukan nomor meter listrik mu, lalu pilih "Benar"
  8. Pada layar ATM akan muncul informasi untuk mengonfirmasi pembayaran yang berisi Nama Pemilik rekening listrik, jumlah pembayaran, dan lain-lain. Jika info tersebut sudah tepat, pilih Ya/Bayar/Benar.
  9. Akan muncul menu pilihan rekening, umumnya pengguna akan menggunakan Rekening Tabungan
  10. Tunggu hingga struk keluar dan ambil kartu ATM mu.

Kelebihan datang langsung ke unit ATM untuk bayar listrik lewat ATM BRI adalah terasa lebih aman. Tentu kita akan merasa lebih aman jika bertransaksi langsung di tempat yang resmi seperti mesin ATM. Kelebihan lainnya, kita akan langsung mendapat bukti fisik pembayaran berupa struk pembayaran listrik.

Baca Juga: Cara Mendapat Uang di Internet Tanpa Rekening Bank

Kekurangan cara ini adalah kamu tidak bisa mengetahui terlebih dahulu berapa tagihan yang harus kamu bayar. Jadi kamu harus menyiapkan saldo yang sekiranya cukup untuk membayar tagihan listrik dalam satu bulan.

2. Cara Bayar Listrik di ATM BRI dengan E-commerce

Bayar Listrik di E-commerce
Bayar Listrik di E-commerce

Sama seperti cara sebelumnya, kamu juga perlu menyiapkan nomor meter rekening listrik dan kartu ATM. Bedanya, kamu juga membutuhkan akun e-commerce.

Ada banyak E-commerce yang bisa digunakan untuk bayar listrik di ATM, tapi kami hanya akan mencontohkan di Tokopedia. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Bayar Listrik di ATM BRI dengan Tokopedia

  1. Buka aplikasi Tokopedia versi terbaru dan pastikan kamu sudah login
  2. Pilih menu "Top-Up & Tagihan"
  3. Selanjutnya pilih "Listrik PLN"
  4. Pilih jenis listrik yang akan kamu bayar. Ada pilihan Token Listrik, Tagihan Listrik, dan PLN Non-Taglis. Pilih sesuai jenis listrik di rumah mu
  5. Masukan nomer rekening listrik sepanjang 12 digit di kolom yang disediakan
  6. Pilih "lanjut"
  7. Akan muncul informasi pembayaran yang berisi ID pelanggan, Nama pemilik rekening listrik, dan total bayar
  8. (Tidak Wajib) Pilih "Makin hemat pakai promo" untuk dapat diskon atau cashback yang menguntungkan
  9. Lalu klik "Bayar"
  10. Pilih metode pembayaran "Transfer Manual" dengan bank BRI
  11. Masukan nomor rekening BRI serta nama pemilik rekening, lalu klik "Bayar"
  12. Akan muncul nomor rekening BRI milik Tokopedia
  13. Transfer uang ke rekening tersebut dengan nominal yang sama seperti pada informasi pembayaran. Pastikan nominalnya sama persis hingga tiga digit terakhir.
  14. Ketika sudah selesai transfer, dalam waktu beberapa menit kamu akan mendapat email bahwa pembayaran sudah berhasil.

Kelebihan membayar tagihan listrik lewat ATM BRI dengan aplikasi e-commerce adalah peluang mendapat berbagai keuntungan seperti diskon dan cahback dengan nominal yang cukup lumayan. 

Bahkan kamu juga bisa mendapat bonus dalam bentuk pulsa. Selain itu, dengan aplikasi E-commerce kita juga bisa mengecek jumlah tagihan sebelum membayar.

Baca Juga: Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel

Kekurangan menggunakan aplikasi E-commerce untuk membayar listrik adalah kita diharuskan bekerja dua kali, melakukan pengisian formulir di aplikasi lalu melakukan transfer manual ke ATM. Kekurangan lain dari cara ini adalah, kita hanya akan mendapat struk pembayaran dalam bentuk digital.

Kesimpulan

Ada dua cara mudah bayar listrik di ATM BRI, yaitu dengan datang langsung ke unit ATM atau melalui aplikasi E-commerce. Tentu saja dua cara tersebut punya kelebihan dan kekurangan. Cara pertama cocok digunakan jika kamu ingin mendapat bukti fisik berupa struk ATM. Cara kedua pas digunakan jika kamu mengincar berbagai bonus seperti diskon, cashback dan lain-lain.