Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

HP Xiaomi Cepat Panas - Selain desain yang menarik, kenyamanan dan performa Handphone adalah hal penting. Ketika kita membeli hp pasti yang diharapkan adalah performanya bagus dan nyaman saat digunakan. Kriteria nyaman digunakan secara umum adalah tidak ada gangguan pada smartphone, misalnya semua fitur berfungsi dengan baik, gambar yang ditampilkan jelas dan suhu hp normal.

Pengguna smartphone pasti pernah mendengar isu bahwa hp Xiaomi cepat panas. Apakah benar demikian? Memang banyak sekali keluhan dari pengguna tentang suhu hp tersebut. Ketika suhu sudah sangat tinggi, akibatnya akan berpengaruh pada performa smartphone, apalagi jika digunakan untuk pekerjaan berat, seperti bermain game dan rendering video.

Penyebab Hp Xiaomi Cepat Panas
Penyebab Hp Xiaomi Cepat Panas

Ada banyak alasan kenapa Hp Xiaomi cepat panas. Hal-hal sepele seperti menggunakan handphone sambil di charger, salah memilih softcase, dan sinyal lemah adalah contoh penyebab suhu hp terlalu panas atau overheat. Masih ada penyebab-penyebab lain yang perlu kamu ketahui. Berikut ini informasi yang kami rangkum terkait penyebab tersebut dan cara mengatasinya.

Baca Juga:

Penyebab Hp Xiaomi Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

1. Menggunakan Hp Sambil di Charger

Ketika dicharger hp sedang menerima aliran listrik yang akan disimpan dalam baterai. Jika digunakan sambil dicharger, otomatis suhu akan meningkat yang menyebabkan kinerja CPU dan GPU jadi lemah. Menggunakan Hp ketika pengisian daya juga sangat beresiko, karena ada banyak kasus hp meledak ketika dicharger.

Jadi sebaiknya gunakan ponsel ketika proses pengisisan daya bateri sudah selesai. Mungkin memang boleh menggunakan ponsel sambil di charger, namun jangan terlalu sering karena bisa merusak hardware dan menyebabkan kerusakan.

2. Sinyal Lemah

Tahukah kamu kalau sinyal lemah bisa menyebabkan hp Xiami cepat panas? Hal ini  karena perangkat akan selalu berusaha mencari sinyal yang kuat. Meskipun memang sinyal yang tersedia lemah, perangkat akan terus mencari. Jika sudah terlalu lama, akan menyebabkan hp jadi panas. Sebenarnya hal ini bisa terjadi pada semua merek, tidak hanya Xiaomi.

Kami sarankan mematikan data seluler atau menghidupkan mode pesawat ketika sinyal provider yang kamu gunakan lemah. Atau jika tidak keberatan, kamu bisa mengganti provoder untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

3. Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Dalam smartphone ada beberapa aplikasi yang terus hidup dan tidak bisa dimatikan untuk menjalankan sistem, inilah yang disebut aplikasi yang berjalan di latar belakang. Semakin banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang, berarti akan semakin banyak RAM yang digunakan, semakin berat pula kerja yang dilakukan hardware lainnya. Hingga berdampak pada kenaikan suhu handphone.

Mengurangi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang
Mengurangi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Terkadang kita tanpa sengaja menginstal aplikasi yang bisa terus berjalan meski sudah dimatikan. Cara mengatasinya cukup mudah. Pergi ke menu Settings Developer Options > Bacground Process limit pilih at most 2 process atau standard limit. Langkah itu untuk membatasi aplikasi berjalan di latar belakang.

Baca Juga:

4. Salah Memilih Softcase

Softcase dizaman sekarang sudah mulai bergeser fungsi. Yang awalnya untuk mengurangi benturan jika ponsel terjatuh, kini lebih cenderung sebagai aksesoris. Terkadang softcase didesain terlalu tebal, jika sudah demikian bisa menyebabkan hp Xiaomi cepat panas. Sebab, suhu dari hardware yang seharusnya bisa keluar dengan mudah melalui body handphone, justru tertahan oleh Sofcase.

Kami sarankan untuk melepas sebentar softcase yang digunakan jika hp Xiaomi mu terasa panas. Sebenarnya xiaomi memberikan softcase pada beberapa seri smartphone nya. Namun tetap saja, penggunaan softcase bisa menyebabkan suhu hp meningkat.

5. Kecerahan Layar

Sama seperti beberapa fitur yang sebelumnya kita bahas, kecerahan layar juga membutuhkan daya baterai yang tinggi. Semakin cerah layar, semakin banyak daya baterai yang dibutuhkan, akan semakin panas pula suhu hp. Di Xiaomi sendiri punya fitur Auto brighness yang akan mengatur kecerahan layar secara otomatis. Jika ponsel berada di tempat minim cahaya, maka layar akan menggelap, begitu juga sebaliknya, ketika hp berada di tempat terang maka layar hp akan cerah.

Kami menyarankan untuk mematikan fitur ini, sebab kecerahan otomatis nya sangat berlebihan sehingga baterai jadi boros dan hp jadi panas. Kamu hanya perlu mengatur kecerahan layar secara manual sesuai selera, tapi sebaiknya jangan terlalu terang maupun terlalu gelap, karena bisa merusak mata.

6. Penggunaan Berlebihan

Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan hp Xiaomi cepat panas. Biasanya pengguna memanfaatkan spesifikasi ponsel ini untuk bermain game berat. Ciri khas ponsel Xiaomi adalah spek gahar tapi murah. Memang hp ini bisa digunakan untuk bermain game berat, tapi jika dilakukan terus-menerus tentu akan membebani ponsel lalu performa akan menurun dan suhu jadi meningkat.

Baca Juga:

Sudah pasti tidak nyaman bermain game pada perangkat yang panas, lalu menyebabkan performa menurun. Jika sudah demikian, sebaiknya istirahatkan handphone mu dengan mematikan total atau jika di komputer disebut shut down. Sama seperti manusia, ponsel juga membutuhkan istirahat.

7. Penggunaan di Ruang Bersuhu Tinggi

Menggunakan ponsel di tempat yang bersuhu tinggi juga berdampak terhadap suhu ponsel loh. Jika kamu menggunakan hp di ruangan yang panas, besar kemungkinan hp mu akan ikut panas. Tidak hanya hp, suhu ruangan juga berdampak terhadap suhu laptop. Jadi suhu ruangan itu sangat penting kamu perhatikan jika ingin beraktifitas dengan gawai mu.

Sebaiknya gunakan ponsel di tempat yang sejuk, supaya suhu ponsel mu tetap normal. Jika terpaksa menggunakan hp di tempat yang panas, sebaiknya lepas softcase atau mendekat ke pendingin ruangan.

8. Beberapa Fitur belum Dinonaktifkan

Fitur yang Perlu Dinonaktifkan
Fitur yang Perlu Dinonaktifkan

Fitur-fitur krusial seperti GPS/Lokasi, Senter/Flashlight, Bluetooth, dan Hotspot ternyata membutuhkan daya baterai yang besar. Jika fitur ini diaktifkan dalam waktu yang lama atau diaktifkan bersamaan, maka hp xiaomi jadi cepat panas.

Sebabnya, perangkat akan terus mencari jaringan (Bluetooth, GPS, dan Hotspot) untuk terhubung meskipun tidak ada. Fitur senter juga demikian, bahkan jika fitur ini diaktifkan 10 menit nonstop, maka suhu ponsel mu akan meningkat. Sebaiknya kamu cek apakah fitur-fitur ini sedang aktif, jika iya sebaiknya kamu nonaktifkan agar suhu hp mu kembali normal.

9. Penggunaan Widget Terlalu Banyak

Penggunaan widget yang berlebihan akan memperlambat kinerja ponsel, karena akan membebani RAM. Akibatnya ponsel akan lemot dan suhu jadi panas.

Sebaiknya kurangi penggunaan widget, kami sarankan widget google search bar, jam, dan kalender. Sebab, selain tiga hal itu tidak ada widget yang lebih penting.

10. Update MIUI

Adanya bug bisa jadi penyebab hp Xiaomi cepat panas. Sistem akan terbebani jika terjadi bug pada ponsel. Maka kamu perlu update MIUI untuk meminimalisir bug. Cara melakukan update pada MIUI sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu Settings > About phone > disana kamu akan menemukan menu update MIUI.

Baca Juga:

Update UI sebenarnya perlu dilakukan pada semua smartphone sebab ini merupakan hal yang penting, menyangkut sistem yang digunakan.

Kesimpulan

Sebenarnya permasalahan suhu tidak hanya terjadi pada hp Xiaomi saja tapi merek-merek lain juga. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak penyebab hp Xiaomi cepat panas, yang bisa juga terjadi pada merek lain. Semoga informasi ini mudah dipahami dan bermanfaat.