Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Voice Typing Google Docs Tidak Muncul

Voice Typing Tidak Muncul - Mengetik jadi aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang, tapi ada juga yang merasa aktivitas ini melelahkan. Apalagi jika diharuskan mengetik dokumen yang panjang atau jumlahnya banyak. Untungnya zaman sekarang sudah ada fitur voice typing yang dapat mengubah suara menjadi kalimat.

Fitur ini terdapat di Google docs, layanan pengolahan kata dari Google. Kami sudah membuat artikel cara menggunakan fitur voice typing yang sebaiknya kamu baca terlebih dahulu. Sayangnya terkadang muncul kendala saat akan menggunakan fitur ini, misalnya saja fitur voice typing tidak muncul.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengatasi fitur voice typing tidak muncul. Simak langkah-langkah dibawah ini.

Mengatasi Voice Typing atau Dikte Tidak Muncul

Fitur voice typing atau dikte ini memang terkadang tidak aktif. Kamu perlu melakukan beberapa hal untuk mengaktifkan fitur ini.

Langkah Pertama - Buka laman google docs lalu buat file baru atau buka file yang sudah ada

Langkah Kedua - Pilih menu Tools atau Alat, lihat apakah ada fitur Dikte

Langkah Ketiga - Jika fitur dikte tidak ada, pilih Terjemahkan Dokumen atau Translate Document

Voice Typing Tidak Muncul
Voice Typing Tidak Muncul

Langkah Keempat - Pilih bahasa Indonesia lalu klik panel Terjemahkan Dokumen

Langkah Kelima - Periksalah apakah fitur voice typing sudah ada dengan klik ctrl+shift+S.

Voice Typing muncul
Voice Typing muncul

Itu tadi cara memunculkan fitur voice typing. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini melalui aplikasi google docs versi mobile. Beriku ini caranya.

Langkah Pertama - Download Google docs, bisa melalui PlayStore atau Appstore

Langkah Kedua - Masuk ke aplikasi dengan akun Gmail mu

Langkah Ketiga - Buat dokumen baru

Langlah Keempat - Tekan ikon Mikrofon yang ada pada keyboard, lalu mulai lah bicara.

Penyebab Fitur Voice Typing Tidak Muncul

Ada beberapa penyebab fitur voice typing ini tidak muncul. Yang pertama adalah mikrofon perangkat mu entah itu Laptop atau pun PC tidak aktif. Jika demikian, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di panel kontrol. Penyebab lainnya adalah pilihan bahasa di akun google mu bukan bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan cara yang sudah kami paparkan untuk mengatasi ini.

Kesimpulan

Itulah tadi cara mengatasi fitur voice typing atau fitur dikte yang tidak muncul di google docs. Fitur ini sangat membantu jika kamu punya tugas membuat dokumen panjang atau jumlahnya banyak. Semoga tutorial di atas bisa dipahami dan bermanfaat.