Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Developer Options/Mode Pengembang Xiaomi

Developer Options Xiaomi - Mode Pengembang adalah cara untuk meningkatkan fitur smartphone Android. Mode Pengembang ini mirip seperti teknik Root, yaitu membuka fitur-fitur tersembunyi dalam ponsel. Namun bedanya, Mode Pengembang merupakan bawaan pabrik sedangkan Root adalah cara paksaan yang berisiko merusak ponsel.

Mode Pengembang atau Developer Options sering juga disebut Developer Mode hampir pasti ada disetiap ponsel Android, tapi keberadaannya disembunyikan. Pada umumnya untuk mengakses mode pengembang kamu hanya perlu ke menu Settings > About Phone > Build Number. Tapi ada sedikit perbedaan pada setiap merek smartphone android.

Cara Mengaktifkan Developer Options

Di artikel ini akan dijelasakan cara mengaktifkan mode pengembang atau Developer Options Xiaomi. Jika kamu punya keperluan sehingga harus mengaktifkan mode pengembang di hp Xiaomi, Sebaiknya simak tutorial berikut ini.

Cara Mengaktifkan Developer Options di Hp Xiaomi

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengaktifkan mode pengembang di hp Xiaomi.

Mengaktifkan Mode Pengembang

1. Masuk ke menu Settings/Setelan
2. Pilih menu About Phone/Tentang perangkat
3. Kamu akan melihat menu MIUI version, klik tujuh kali berturut-turut sampai ada pop-up kecil bertuliskan You are now a developer (Sekarang anda seorang pengembang).

Setelah itu kamu bisa memeriksa apakah fitur ini sudah aktif. Caranya ke menu Settings > Additional Settings lalu scroll ke bawah, jika ada menu Developer options artinya cara ini berhasil.

Cara Cek Developer Options
Baca Juga:

Cara Menonaktifkan Mode Pengembang/Developer Options

Jika kamu merasa fitur ini sudah tidak dibutuhkan, kamu bisa menonaktifkannya atau menyembunyikannya. Ada dua cara yang bisa kamu coba. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara 1

Cara Menonaktifkan Mode Developer

1. Buka halaman Settings/Setelan
2. Cari dan pilih menu Addtional Settings
3. Scroll ke bawah sampai menemukan menu Developer Options, klik menu tersebut
4. Klik panel hingga warnanya berubah dari biru menjadi abu-abu.

Di beberapa seri smartphone Xiaomi cara ini tidak terlalu efektif, karena terkadang menu mode pengembang masih bisa ditemukan. Jika demikian kamu bisa mencoba cara ke dua di bawah ini.

Cara 2

Cara Menonaktifkan Mode Pengembang

1. Buka halaman Settings/Setelan
2. Cari dan pilih menu Apps/Aplikasi
3. Cari dan pilih Menu Settings
4. Pilih menu Storage
5. Klik Clear Data lalu pilih Clear all data

Yang kamu perlu ketahui kalau cara di atas beresiko menghapus data aplikasi, termasuk file, pengaturan akun, dan cache. Jika kamu tidak masalah dengan hal itu, klik panel OK. Selesai, Developer Options sudah dinonaktifkan.

Manfaat Developer Options

Perlu diketahui, sebenarnya mode pengembang pada awalnya tidak disembunyikan. Saat versi Android 4.2 Developer Mode mulai hilang. Banyak yang bilang pengaturan ini dihilangkan atau lebih tepatnya disembunyikan karena mayoritas pengguna android tidak terlalu membutuhkannya. Padahal adanya pengaturan ini memberi banyak manfaat.

Jika Mode Pengembang atau Developer mode diaktifkan, kamu bisa mengakses beberapa fitur penting. Misalnya mengubah tema ponsel menjadi Dark atau Light, Unlock Phone, menginstal aplikasi via USB, dan USB debugging. USB debugging sendiri harus kamu aktifkan jika ingin menggunakan Hp Sebagai webcam laptop atau komputer.

Baca Juga:
Cara Menggunakan Hp Sebagai Webcam
Mengatasi Droidcam No Device Detected

Namun perlu diingat bahwa Developer Mode tidak akan meningkatkan peforma ponsel, tapi hanya memunculkan fitur tersembunyi. 

Akhir Kata

Itulah tadi cara mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan Developer Options atau Developer Mode. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan Developer Mode, meskipun bagi pengguna awam fitur ini tidak terlalu berguna. Tapi suatu saat bisa saja kita dipaksa keadaan untuk mengaktifkan pengaturan ini. Semoga tutorial dan penjelasan di atas dapat dipahami dan berguna.