Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Microsoft Office Gratis dan Legal

Microsoft Office Gratis dan Legal - Microsoft Office menjadi standar software untuk membuat dan mengolah kata. Kepopulerannya terus awet sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1983, pada waktu itu masih bernama Muti-Tool. Sayangnya butuh biaya besar untuk menggunakan produk Microsoft yang satu ini. Lisensi resmi Microfot Office dijual jutaan rupiah, bahkan versi 2019 dijual 354 Dolar atau sekitar 5 Juta Rupiah.

Karena harganya yang mahal, banyak dari kita yang malah menggunakan Microsoft Office bajakan. Padahal, menggunakan software bajakan berisiko menjangkiti PC/laptop dengan virus, bahkan jika ketahuan kamu bisa saja dipidanakan. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya gunakan versi asli.

Cara Dapat Microsoft Office Gratis
Cara Dapat Microsoft Office Gratis

Jangan khawatir jika kamu merasa lisensinya terlalu mahal, karena kami punya cara untuk mendapatkan lisensi Microsoft Office gratis dan legal. Simak dibawah ini.

Cara Dapat Microsoft Office Gratis dan Legal

1. Menggunakan Versi Website

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Microsoft Office website. Kamu bisa mengakses aplikasi Office secara online di website resminya. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan gratis. Yaitu Word, Power Point, Excel, Sway, Outlook, Teams, OneDrive, OneNote, Family Safety, Skype dan masih banyak lagi.

Cara menggunakan Microsoft Office gratis versi website sangatlah mudah. Kamu hanya perlu klik link ini, www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/free-office-online-for-the-web > lalu pilih panel Daftar Gratis > klik Buat akun baru > Masukan email atau nomor telepon untuk mendaftar. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Perlu diketahui, ada sedikit kekurangan pada aplikasi Microsoft versi web ini. Word misalnya, tidak ada fitur kotak teks, persamaan, bagan, dan Word art. Begitu juga dengan Excel, ada beberapa fitur yang absen dalam versi websitenya.

Sebenarnya kamu masih bisa membuat makalah atau essay dengan versi Microsoft Word gratis ini, tapi jika ingin membuat laporan keuangan, kamu akan kesulitan. Microsoft Office online ini sangat cocok digunakan bagi pelajar.

2. Aplikasi Microsoft Office Mobile

Tahukah kamu kalau Microsoft Office tersedia di perangkat mobile? Microsoft membuat layanan mobile untuk aplikasi office-nya. Hampir sama dengan versi websitenya, pilihan aplikasinya pun terbilang lengkap, ada Word, Excel, Power Point, Outlook, OneNote, Teams, dan lain-lain.

Kamu bisa menggunakan Microsoft Office Mobile untuk mengakses ke semua aplikasi yang barusan disebutkan. Kamu bisa mengedit dokumen, membuat spreadsheet, Presentasi, PDF dan yang lainnya hanya dengan satu aplikasi ini. Namun, jika kamu hanya membutuhkan beberapa layanan saja, kamu boleh hanya mengunduh aplikasi terpisah. Misalnya kamu hanya perlu mengedit dokumen, maka download saja Word Mobile.

Dibeberapa merek smartphone, Microsoft Office terinstal sebagai aplikasi bawaan. Keefektifan Microsoft Office Mobile tergantung ukuran layar perangkat. Kami sarankan untuk menggunakan tablet jika ingin mengakses Excel atau  Power Point. Jika hanya untuk Word, Smarthphone ukuran sedang juga sudah cukup nyaman.

Microsoft Word gratis ini bisa didownload di Android dan iOS. Untuk aplikasi yang terpisah bisa kamu download menggunakan link ke halaman Microsoft di PlayStore. Pengguna iOS juga bisa masuk halaman Microsoft di Appstore.

3. Menggunakan Versi Sekolah

Biasanya sekolah-sekolah memiliki lisensi Microsoft yang bisa digunakan banyak perangkat. Banyak sekolah yang memberikan lisensi Microsoft Office gratis atau murah. Jika kamu seorang pelajar, coba tanyakan pada operator Lab komputer sekolah mu, apakah bisa menggunakan Microsoft di perangkat pribadi.

Microsoft juga mengeluarkan Office 365 Education yang bertujuan untuk mendukung sekolah menggunakan layanan mereka. Tidak seperti cara yang sebelumnya, Jika kamu berhasil mendapatkan lisensi dari sekolah, maka Microsoft mu memiliki fitur yang lengkap.

Kesimpulan.

Dari cara-cara diatas kami sangat menganjurka untuk menggunakan Microsoft Office gratis versi website. Karena mudah digunakan dan mudah didapatkan. Tidak seperti versi mobilenya yang sulit di operasikan dengan layar kecil. Meminta lisensi dari sekolah juga cukup merepotkan, apalagi belum tentu diberikan. Semoga informasi ini mudah dipahami dan bermanfaat.

Baca Juga: