Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Cek Mutasi BRI atau Transaksi Terakhir

Cek Mutasi Rekening BRI - Bank bukan hanya menjadi tempat menyimpan uang, kita juga bisa melakukan berbagai transaksi melalui rekening bank. Apalagi di zaman sekarang, saat banyak muncul berbagai produk layanan digital, online shop dan marketplace yang mempermudah belanja, transaksi menggunakan layanan bank pasti meningkat.

Cara Cek Mutasi BRI
Cara Cek Mutasi BRI

Tahukah kamu bahwa kita bisa cek transaksi BRI yang pernah kita lakukan?

Bank BRI sebagai salah satu bank besar di Indonesia memfasilitasi nasabah yang ingin tahu riwayat transaksi mereka. Terkadang kita perlu cek mutasi BRI atau riwayat transaksi yang pernah kita lakukan, entah itu untuk tujuan mengatur keuangan atau memeriksa apakah ada transaksi mencurigakan di rekening BRI kita.

Cara Cek Mutasi Rekening BRI

Sebelum membaca tutorialnya, kamu perlu tahu bahwa cek mutasi BRI hanya bisa untuk 5 transaksi terakhir, kita tidak bisa mengetahui transaksi dimasa lampau.

Ada beberapa metode yang bisa kita coba untuk mengecek mutasi di rekening BRI. Yang pertama adalah melalui ATM, lalu SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking. Sebenarnya kita sudah dimudahkan untuk cek transaksi terakhir di BRI dengan pilihan metode tersebut, tapi masih banyak yang tidak tahu cara mempraktikannya.

Jika kamu termasuk orang yang kebingungan ketika ingin cek mutasi, sebaiknya simak tutorial cek mutasi BRI di bawah ini.

1. Cek Mutasi BRI di ATM

Mungkin banyak yang belum tahu kalau mesin ATM bisa digunakan untuk cek mutasi BRI. Selama ini kebanyakan dari kita hanya tahu mesin ATM digunakan untuk tarik tunai, transfer antar bank, atau membayar tagihan. Padahal, mesin ATM juga bisa digunakan untuk memeriksa riwayat transaksi. Berikut ini tutorialnya.

Cara Cek Mutasi BRI dengan ATM
Cara Cek Mutasi BRI dengan ATM

  1. Pergi ke ATM BRI terdekat lalu masukan Kartu ATM
  2. Pilih bahasa dan masukan pin ATM dengan benar
  3. Pilih Menu Lainnya lalu pilih sub menu Registrasi dan Info Lain
  4. Setelah itu pilih menu Mutasi Rekening
  5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih jenis rekening, ada Rekening Giro dan Tabungan. Pilih Rekening Tabungan
  6. Tunggu hingga muncul Struk lima transaksi terakhir.

Kekurangan dari cara cek mutasi BRI di ATM adalah hanya bisa untuk lima transaksi terakhir. Kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp500 jika menggunakan ATM Link, tapi biaya admin ini masih terbilang kecil.

2. Cek Mutasi BRI dengan SMS Banking

Jika kamu tidak ingin repot pergi ke ATM, kamu bisa menggunakan SMS Banking untuk cek mutasi rekening BRI. Tapi dengan syarat nomor mu sudah terdaftar di akun SMS Banking. Kamu bisa pergi ke kantor cabang BRI terdekat dan mendaftarkan nomor mu melalui customer service.

Tapi jika nomor HP mu sudah terdaftar untuk SMS Banking, silakan ikuti langkah-langkah ini. Pertama buat format pesan INFO MUTASI spasi pin sms banking (contoh: INFO MUTASI 12345) > Kemudian kirim ke 3300 > Kamu akan menerima pesan balasan berisi riwayat 5 transaksi terakhir.

Sama seperti menggunakan mesin ATM, cek mutasi dengan sms banking hanya bisa untuk lima transaksi terakhir. Kamu dikenakan biaya Rp660/sms dalam bentuk pulsa.

3. Cek Mutasi BRI melalui Internet Banking

Cek Mutasi melalui Internet Banking punya banyak keunggulan dibanding ATM dan SMS Banking. Dengan Internet banking kamu dapat memeriksa riwayat transaksi hingga 6 bulan ke belakang dengan maksimal detail transaksi 1 bulan kebelakang.

Untuk menggunakan Internet Banking kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke kantor cabang. Memang agak repot diawal, tapi setelah kamu punya akun Internet banking, semua kegiatan transaksi akan jadi lebih mudah dan praktis.

Jika kamu sudah punya akun Internet Banking, silakan perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke website https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  2. Login dengan memasukan User ID dan Password. Jangan lupa isi kode verifikasi dengan benar lalu klik Masuk.
  3. Pilih menu Rekening pilih sub menu Mutasi Rekening
  4. Pilih data transaksi dari tanggal berapa sampai tanggal berapa
  5. Lalu tekan Tampilkan
Memiliki akun Internet banking memang sangat bermanfaat, jadi pastikan kamu sudah membuatnya di kantor cabang BRI terdekat.

 4. Cek Mutasi Rekening BRI di BRImo atau Mobile Banking

Aplikasi BRI mobile baning sudah berganti menjadi BRImo. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Play Store maupun Appstore. Dengan aplikasi BRImo kamu bisa cek mutasi rekening, transfer antar bank, dan lain-lain. Untuk menggunakan aplikasi BRImo kamu harus punya akun Internet Banking.

Berikut ini cara cek mutasi BRI di aplikasi BRImo atau Mobile Banking.

Cek Mutasi dengan Mobile Banking
Cek Mutasi dengan Mobile Banking

  1. Unduh aplikasi BRImo versi terbaru
  2. Login menggunakan aku Internet banking
  3. Pilih menu Mutasi yang berada di panel bawah
  4. Pilih tanggal dengan yang kamu inginkan
  5. Tunggu hingga selesai.

Menggunakan aplikasi BRImo lebih praktis dibanding menggunakan Internet Banking lewat websitenya. Karena kita tidak perlu lagi masuk ke website Internet banking.

Kesimpulan

Ada empat cara untuk cek riwayat transaksi yaitu dengan ATM, SMS Banking, Internet Banking, dan BRImo. Cek mutasi dengan Internet Banking di aplikasi BRImo adalah cara yang paling mudah dan praktis. Jika kamu ingin cek mutasi rekening BRI tapi tidak punya akun Internet banking, mau tidak mau kamu harus pergi ke ATM.