Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Docs Voice Typing, Cara Mengetik dengan Suara Menggunakan

Google docs voice typing - Di zaman sekarang kegiatan surat-menyurat dan menulis dokumen jarang sekali menggunakan tinta basah, tapi dilakukan dengan sistem digital dengan berbagai perangkat baik mobile (Hp dan laptop) maupun desk-top (komputer).

Mengetik di depan layar monitor pun sudah jadi rutinitas bagi sebagian besar orang. Pelajar, Mahasiswa, maupun Karyawan seringkali berhadapan dengan keyboard dan monitor untuk menulis dokumen. Terkadang kegiatan ini dianggap melelahkan jika dokumen yang harus ditulis sangat panjang. Untungnya, sekarang sudah ada cara mengetik dengan suara atau voice typing.

Cara Menggunakan Google Docs Voice Typing

Cara Mengaktifkan Google Voice Typing
Google Docs Voice Typing

Teknologi mengetik dengan suara bisa kamu gunakan melalui Google docs. Google docs adalah layanan penulisan dan pengolahan kata yang serupa dengan Microsoft Word. Kami menganjurkan untuk menggunakan salah satu layanan google ini karena gratis dan banyak fitur canggih, salah satunya google docs voice typing.

Baca Juga: Cara Mengatasi Droidcam No Device Detected

Jika kamu masih asing dengan fitur voice typing atau kamu punya kendala mengaktifkan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tutorial lengkap. Simak di bawah ini:

1. Langkah pertama - Kamu perlu menyiapkan akun Gmail, karena untuk membuat dokumen google docs perlu login ke akun Gmail.

2. Langkah kedua - Jika kamu sudah login, buka situs google docs dengan klik link https://docs.google.com/document/create

3. Langkah ketiga - Klik menu alat atau tools. Lalu pilih Dikte atau voice typing. Kamu juga bisa menggunakan shortcut ctrl+shift+s untuk mengaktifkan fitur ini.

Fitur Voice Typing Google docs
Fitur Dikte Google docs

4. Langkah keempat - Jika muncul notifikasi di bagian atas, klik izinkan atau Allow agar Google docs dapat menerima kalimat yang kamu ucapkan.

Baca Juga: Cara Menghapus Watermark di Foto HP Xiaomi

5. Langkah kelima - Pilih bahasa dengan klik ikon segita kecil diatas ikon microphone. Lalu klik ikon microphone hingga berubah warna menjadi merah, lalu mulai bicaralah maka kalimat mu akan tertulis otomatis.

Mengganti Bahasa Fitur Dikte
Mengganti Bahasa Fitur Dikte

Itulah cara mengetik dengan suara menggunakan google docs voice typing. Sangat mudah bukan? Namun terkadang ada kendala, pada beberapa perangkat fitur ini tidak bisa langsung digunakan. Jika akun google mu menggunakan bahasa Indonesia, kamu perlu sedikit langkah tambahan untuk menggunakan fitur ini.

Mengatasi Voice Typing tidak Muncul di Google docs

Jika kamu tidak menemukan fitur dikte atau voice typing, kemungkinan akun google masih berbahasa Indonesia. Tapi kamu tidak perlu repot-repot merubah bahasa di akun google mu untuk mengatasi fitur dikte tidak muncul di google docs. Ada dua cara untuk mengatasi kendala ini, simak di bawah.

Mengatasi Kendala Fitur Dikte Tidak Muncul
Mengatasi Fitur Dikte google docs tidak Muncul

Cara yang pertama adalah dengan membuat salinan dokumen. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu klik menu alat atau tools lalu pilih terjemahkan dokumen atau translate document, kamu akan diminta memilih bahasa untuk terjemahan dokumen mu, tidak harus bahasa inggris, kamu juga bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Baca Juga: Cara Mengatasi Mi Remote Tidak Berfungsi

Jika sudah, klik panel terjemahkan, maka kamu akan di bawa ke dokumen baru. Cek apakah fitur voice typing sudah muncul di menu alat atau menggunakan shortcut ctrl+shift+s.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan handphone. Download aplikasi Google docs di playstore, lalu masukan akun email mu, jika sudah buatlah dokumen baru dengan memilih ikon plus (+), menggunakan fitur voice typing google docs di smartphone sangatlah mudah, klik ikon microphone pada keyboard lalu secara otomatis fitur ini siap digunakan.

Akhir Kata

Kemajuan teknologi memang tidak bisa dicegah, kita harus senantiasa beradaptasi dengan setiap perubahan yang ada agar bisa bertahan, sebab menguasai teknologi bukan lagi pilihan tapi kewajiban untuk bertahan hidup. Itulah tadi tutorial cara mengetik dengan suara menggunakan google docs voice typing, semoga mudah dipahami dan bermanfaat.

Baca Juga: Cara Daftar Twitter Tanpa Nomor HP