Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ycoca Penghasil Uang Apakah Penipuan? Simak Penjelasannya

Ycoca Penghasil Uang - Belakangan muncul aplikasi baru yang konon bisa menjadi alternatif untuk mendapat penghasilan, Ycoca namanya. Konsep aplikasi ini mirip investasi, pengguna yang menyetorkan uang dijanjikan penghasilan karena uang tersebut akan di investasikan.

Kamu yang deposit atau menyetor uang ke aplikasi ini dijanjikan penghasilan tanpa harus bersusah payah dan hanya perlu menunggu uang mu cair. Sebab uang mu akan diolah pihak Ycoca dengan membeli mesin penjual otomatis atau biasa dikenal sebagai vending machine. Dari mesin inilah keuntungan/profit tersebut didapat.

Ycoca Penghasil Uang

Terdengar masuk akal dan menguntungkan bukan? Namun kamu perlu tahu lebih dalam tentang aplikasi ini, mulai dari tujuannya, latar belakang, sampai fakta yang harus kamu pertimbangkan jika ingin berinvestasi di Ycoca apk.

Apa Itu Aplikasi Ycoca

Pihak Ycoca sendiri tidak menjelaskan secara tersurat tentang platform mereka, namun berdasarkan konsep dan pemasarannya, aplikasi ini merupakan aplikasi investasi yang mengumpulkan dana dari banyak pengguna lalu mengolah dana tersebut hingga memperoleh laba/untung dan membaginya dengan pengguna.

Sebelum menerima keuntungan kamu harus memilih mesin untuk jadi sarana investasi, mesin-mesin tersebut membutuhkan dana yang berbeda-beda menyesuaikan keuntungan yang didapat. Uniknya, aplikasi ini menyediakan pilihan mesin gratis yang bisa menghasilkan uang Rp3.710 per hari. Jenis mesin, harga dan keuntungannya bisa kamu lihat tabel di bawah ini.

Jenis Mesin Penjual
Otomatis
Siklus
Penghasilan
Dana yg
Dibutuhkan
Penghasilan
per Jam
Pendapatan
per Hari
Jenis Gratis (COCA)Satu TahunRp0Rp371Rp3.710
Jenis Kecil (COCA-I)Satu TahunRp300.000Rp1.764,7Rp17.647
Jenis Besar (COCA-II)Satu TahunRp1.200.000Rp7.500Rp75.000
Jenis Kombinasi (COCA-III)Satu TahunRp3.360.000Rp22.380Rp223.800
Jenis Versi (COCA-IV)Satu TahunRp6.720.000Rp47.950Rp479.500
Jenis Toko (COCA-Merek)Satu TahunRp23.000.000Rp175.153,9Rp1.751.539

Konsep deposit dan memilih jenis investasi seperti ini mengingatkan saya pada aplikasi lain yang sudah tutup, yaitu Golns penghasil uang. Aplikasi tersebut sempat booming dan viral ketika banyak youtuber dan blogger yang mempromosikannya, tapi pada akhirnya Golns tutup setelah berhasil mendapat keuntungan dari deposit yang dilakukan pengguna.

Baca Juga: Golns Penghasil Uang

Aplikasi yang mengumpulkan dana dari penggunanya sangat rawan scam/penipuan, biasanya aplikasi ini menjanjikan penghasilan yang banyak dengan waktu singkat.

Jika tidak ingin bernasib seperti pengguna Golns yang tertipu MLM skema ponzi berkedok aplikasi penghasil uang. Kamu harus memikirkan matang-matang sebelum melakukan deposit di aplikasi Ycoca, karena ada banyak fakta janggal yang saya temukan di aplikasi ini.

5 Fakta Janggal Aplikasi Ycoca

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi seperti Ycoca ini berpotensi menipu. Modus penipuannya adalah mengumpulkan uang yang disetor pengguna, lalu biasanya akun pengguna tersebut tidak bisa lagi diakses setelah melakukan penyetoran atau bahkan aplikasinya langsung tutup.

Saya merangkum lima fakta aneh tentang aplikasi ini yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan sebelum melakukan deposit.

1. Aplikasi Baru Tampilan Lama

Aplikasi ini masih sangat baru, domain ycoca.com ketika di cek dengan who.is baru didaftarkan tanggal 11 juli 2021 lewat penyedia hosting dan domain Godaddy. Karena baru beberapa hari dirilis belum ada review konkret tentang kebenaran aplikasi ini membayar atau menipu. Selain itu, juga ada banyak bug pada websitenya, hal ini sangat berisiko menghilangkan dana yang kita setor karena bug tersebut.

Baca Juga: Rajaview, Dibayar Nonton Youtube

Hal yang aneh dalam aplikasi ini adalah tampilan aplikasi dan situs web ini mirip dengan aplikasi serupa yang sudah tutup. Saya curiga, bisa jadi aplikasi ini dan aplikasi yang sudah tutup dibuat oleh satu pihak yang sama, kemiripan konsep dan tampilan menjadi alasan kecurigaan saya. Kamu akan sadar hal ini jika kamu pemain lama aplikasi penghasil uang.

2. Ycoca Tidak Terdaftar di OJK

Aplikasi ini belum terdaftar di OJK dan saya rasa tidak akan pernah terdaftar. Mungkin akan ada yang mengelak fakta ini dengan alasan Ycoca adalah aplikasi yang baru rilis, jadi wajar jika belum terdaftar di OJK. Padahal sebagai pihak yang menghimpun dana dari masyarakat, wajib untuk melapor dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi keuangan, misalnya Mobile Bank atau aplikasi investasi, pastikan aplikasi tersebut legal dan diawasi oleh OJK, sehingga jika ada penipuan dalam aplikasi tersebut, mudah dilacak dan dikenakan sanksi hukum.

3. Aplikasi Tidak Jelas

Aplikasi Ycoca tidak jelas siapa penggagasnya dan dimana lokasi operasionalnya. Sebagai pihak yang mengumpulkan uang dari banyak orang, seharusnya ada transparansi terkait info identitas perusahaan, seperti pemilik perusahaan (aplikasi), lokasi kantor, tujuan dibuat, dan kontak untuk dihubungi. Semua itu tidak disediakan aplikasi ini.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Saldo DANA

Info tersebut umumnya ada di situs resmi perusahaan, tapi nyatanya tidak terdapat di website ycoca.com situs resmi aplikasi ini, bahkan halaman "tentang kami" yang berfungsi menjelaskan identitas perusahaan juga tidak dibuat. Tentu saja hal ini sangat janggal bagi perusahaan yang mengambil dana dari masyarakat.

4. Penghasilan Tetap

Jika kita berinvestasi ke suatu perusahaan kita akan menerima keuntungan diakhir tahun, keuntungan itu disebut dividen dan jumlahnya tidak tetap tergantung kinerja perusahaan tempat kita berinvestasi. Sedangkan pada aplikasi ini pendapatannya dihitung harian bahkan per jam dan dibagi setiap hari. Fakta ini menjadi penguat pernyataan saya bahwa Ycoca berpotensi menipu.

Aplikasi ini lebih mirip MLM daripada investasi. Pengguna didorong mengajak orang lain bergabung dan deposit di aplikasi ini. Mungkin orang yang lebih dulu bergabung sempat mendapat untung, namun bagi yang terlambat malah buntung, karena aplikasinya tutup.

5. Situs Web Jelek

Website dari aplikasi ini juga sangat tidak siap, ada banyak bug dan tidak responsive bahkan tampilannya berantakan jika dibuka melalui perangkat laptop atau komputer. Jika memang aplikasi ini bisa memberi penghasilan ke orang lain seharusnya dia bisa membayar programer untuk membuat website yang lebih bagus.

Baca Juga: Fakta Kontroversial Vtube

Kesimpulan

Melihat beberapa fakta di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Ycoca tidak terpercaya sebagai platform investasi digital dan berpotensi menipu penggunanya. Saya tidak menganjurkan anda mengeluarkan uang ratusan ribu apalagi puluhan juta rupiah untuk aplikasi ini. Semoga tulisan ini bisa mencerahkan orang yang berminat dengan aplikasi ini.