Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe - Reset factory atau kembali ke pengaturan pabrik adalah penghapusan semua data ponsel atau pemformatan. Semua handphone bisa di reset ke pengaturan pabrik.

Umumnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk reset HP, yaitu melalui setelan dan cara hard reset. Ke dua cara ini bisa diterapkan pada HP Xiaomi. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Reset HP Xiaomi

Cara reset hp xiaomi

Xiaomi merupakan brand smartphone yang memiliki cukup banyak konsumen di Indonesia, karena harganya tergolong murah dengan spesifikasi yang sama dengan brand lain. Meski begitu, HP Xiaomi juga bisa mengalami berbagai masalah seperti hang, lemot, atau penyimpanan penuh.

Jika ruang penyimpanan di HP Xiaomi mu penuh, kamu bisa melakukan reset factory untuk mengatasinya. Kamu punya pilihan dua cara reset di HP Xiaomi, kedua cara ini sama-sama mudah di praktikan. Cara reset hp ini bisa digunakan pada semua tipe HP Xiaomi.

1. Reset Lewat Setelan

Cara yang pertama melalui menu setelan atau pengaturan. Cara ini bisa dilakukan jika ponsel mu masih bisa mengakses menu setelan. Ada beberapa kasus hp yang akan di kembalikan ke pengaturan pabrik, dalam keadaan hang, stuck, atau Freeze. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka menu Setelan atau Settings
  2. Lalu cari Setelan tambahan
  3. Selanjutnya Scroll kebawah hingga menemukan submenu Cadangkan dan Pulihkan
  4. Pilih Setel ulang telepon dan konfirmasi dengan memilih hapus
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai
  6. HP mu akan me reboot dengan sendirinya
  7. Tunggu proses reboot.

Cara ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan disemua tipe Xiaomi tapi juga semua smartphone. Karena tahap intinyau hanya perlu masuk ke menu setelan > Pilih menu Cadangkan dan pulihkan atau sejenisnya.

2. Cara Hard Reset Factory Xiaomi

Cara melakukan hard reset factory pada HP Xiaomi sangatlah mudah, tapi kamu harus memastikan bahwa baterai hp mu cukup hingga proses reset selesai, minimal 50% supaya tidak kehabisan daya ketika proses berlangsung.  Cara reset ini menggunakan tombol power.

  1. Matikan Hp terlebih dahulu
  2. Masuk ke menu recovery dengan menekan tombol power + Volume Up hingga muncul logo Xiaomi
  3. Selanjutnya akan muncul opsi bahasa, disarankan memilih bahasa Inggris
  4. Pilih Wipe Data, lalu tekan tombol Yes untuk menghapus data
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  6.  Ketika sudah selesai, disarankan untuk melakukan restart.

Perlu diketahui bahwa hard reset akan menghapus semua data dalam handphone tanpa ada pencadangan. Jadi pikirkan baik-baik sebelum melakukannya.

Resiko Melakukan Reset Factory

Melakukan Reset HP sama saja dengan menghapus data-data ponsel. Namun jika dilakukan dengan benar data handphone mu masih bisa dikembalikan.

Jika kamu menggunakan cara yang pertama, bia dipastikan bahwa data aman. karena sebelum melakukan reset data ponsel mua akan dipindahkan ke penyimpanan cloud.

Namun jika kamu menggunakan cara yang kedua, kemungkinan besar data ponsel mu tidak bisak diakses lagi setelah proses reset selesai, karena tidak ada tahap pencadangan dalam cara ini. 

Akhir Kata

Itu tadi dua cara mudah melakukan reset factory atau kembali ke pengaturan pabrik pada hp Xiaomi. Kamu bisa memilih salah tau dengan mempertimbangkan resikonya.