Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Mi Remote Tidak Berfungsi

Mengatasi Mi Remot Tidak Berfungsi - Salah satu ciri khas HP Xiaomi adalah adanya aplikasi Mi Remote. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengontrol berbagai perangkat yaitu TV, Set-top box, AC, Kipas, Smart Box, Projektor, Kamera, dan Satelit TV.

Karena sangat fungsional, hadirnya aplikasi Mi Remote menjadi alternatif untuk pengguna remote konvensional sekaligus membawa nilai plus untuk Xiaomi. Sayangnya aplikasi ini terkadang mengalami masalah, seperti Mi Remote Not Working atau tidak berfungsi.

Kamu tidak perlu khawatir jika aplikasi remote di HP xiaomi mu tidak berfungsi, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya, simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Mi Remote Tidak Berfungsi

Mengatasi Mi Remote Xiaomi Tidak Berfungsi

Sebelum mengulas cara mengatasi aplikasi Mi Remote tidak berfungsi, kamu perlu tahu lebih dulu penyebabnya. Biasanya penyebab aplikasi ini tidak berfungsi adalah rusaknya infrared atau inframerah

Infrared atau Inframerah merupakan komponen penting untuk menggunakan Mi Remote. Dengan Inframerah inilah sinyal akan dipancarkan melalui HP ke device lain. Jika terjadi kerusakan pada inframerah bisa dipastikan Mi Remote tidak akan berfungsi.

Kerusakan tersebut bisa terjadi karena berbagai sebab misalnya, akibat jatuh sehingga merusak sensor inframerah. Inframerah biasanya terletak dibagian atas Handphone namun ada juga yang terletak di bagian bawah.

Selain Infrared, kamu juga harus memastikan ketersediaan merek device mu pada aplikasi. Sebenarnya Mi Remote bisa digunakan terhadap berbagai merek, namun tetap ada kemungkinan merek device mu belum tersedia.

Cara Mengatasi Mi Remote Tidak Berfungsi

Tidak berfungsinya Mi Remote bisa terjadi karena kesalahan konfigurasi di dalam aplikasi. Cara mengatasinya sangat mudah, simak langkah langkah dibawah ini.

Memperbaiki Tombol Mi Remote

Langkah 1 - Buka aplikasi Mi Remote, pastikan kamu sudah mengaturnya ke perangkat yang kamu tuju. Dalam contoh ini menggunakan perangkat LG TV

Langkah 2 - Pilih menu navigasi dengan ikon () lalu pilih Perbaiki tombol

Langkah 3 - Kamu akan dibawa ke halaman panel Remote khusus untuk meng-tes fungsi tombol. Pastikan Ponsel mu terhubung ke internet agar dapat memperbaiki tombol.

Biasanya setelah melakukan cara diatas aplikasi Mi Remote mu sudah bisa berfungsi lagi. Tapi jika tidak berhasil ada beberapa cara lain yang dapat kamu coba untuk memperbaiki aplikasi remote xiaomi. Berikut ini caranya:

1. Membersihkan Infrared

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Mi Remote membutuhkan infrared, jika aplikasi mu tidak bekerja kemungkinan masalahnya ada pada infrared. Maka kamu perlu memperhatikan hardware yang satu ini.

Periksalah inframerah, apakah ada kerusakan atau tidak, lalu bersihkan inframerah agar sinyal dari HP dapat diterima perangkat lain dengan sempurna. Jika kamu mendapati ada kerusakan di Inframerah, maka kamu haru membawa ke tukang service atau ke service center xiaomi.

2. Periksa Pengaturan Izin atau Permission

Mi Remote membutuhkan akses lokasi dan penyimpanan untuk dapat bekerja. Periksalah perizinan aplikasi tersebut, apakah sudah diberikan akses atau belum. Caranya pergi ke Pengaturan > Aplikasi atau Apl > Kelola Aplikasi > pilih Mi Remote > Perizinan apl. Pastikan akses lokasi dan penyimpanan sudah diberikan.

3. Sambungkan ke WiFi atau Data Seluler

Ketika akan menggunakan Mi Remote alangkah baiknya jika ponelmu sudah terhubung ke internet. Sebenarnya tidak jelas aplikasi ini membutuhkan jaringan internet atau tidak, tapi akan lebih baik jika ponsel mu terhubung ke jaringan.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Jika infrared dalam keadaan baik, izin aplikasi sudah diberikan dan ponsel terhubung ke internet namun masih tidak berfungsi, kamu bisa mencoba untuk menghapu cache aplikasi Mi Remote. Cara ini digunakan untuk meringankan kerja ponsel.

Membersihkan Cache Mi Remote

Untuk menghapus cache kamu tinggal pergi ke Pengaturan > pilih menu Aplikasi atau AplKelola Aplikasi > pilih Mi Remote > Hapus Data > Bersihkan Cache jika dirasa tidak cukup kamu juga bisa menghapus data aplikasi dengan klik Hapus semua data. Lalu Retart HP mu.

5. Instal Ulang Aplikasi

Setelah melakukan keempat cara diatas tapi tetap tidak berfungsi, kamu harus memperbarui aplikasi Mi Remote atau menginstal ulang.

Jika ingin menginstal ulang kamu perlu uninstal terlebih dahulu lalu instal lagi lewat playstore. Download aplikasinya dengan KLIK DISINI.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Mi Remote yang tidak berfungsi. Jangan sungkan komentar atau hubungi saya lewat halaman kontak jika masih ada kendala. Semoga Bermanfaat.