Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Droidcam No Device Detected

Droidcam No Device Detected - Bagi kamu yang sering melakukan video conference dengan aplikasi Zoom, pasti sudah tahu bahwa aplikasi ini bisa digunakan di perangkat Android dan PC/Laptop.

Saat melakukan video conference dengan aplikasi Zoom di laptop, kita bisa menggunakan kamera HP sebagai webcam nya. Caranya dengan menggunakan menghubungkan kamera HP ke PC/Laptop melalui aplikasi Droidcam.

Mengatasi Droidcam No Device Detected

Namun saat menggunakan droidcam, terkadang kita akan menemui beberapa kendala, salah satu yang paling sering terjadi adalah Perangkat tidak terdeteksi atau No Device Detected.

Biasanya masalah ini terjadi jika kamu menggunakan metode kabel USB untuk menghubungkan android dengan laptop atau PC. Tentu ada cara untuk mengatasi Droidcam no devices detected ini. Berikut ini tutorialnya.

Mengatasi Droidcam No Device Detected

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penyebab aplikasi droidcam dengan usb tidak terdeteksi. Berikut ini penyebab aplikasi droidcam usb tidak terdeteksi.

Penyebab Droicam No Device Detected

  1. Aplikasi Droidcam bukan versi terbaru
  2. Kabel USB tidak support transfer Data.
  3. USB Debugging belum aktif
  4. Akses notifikasi belum diberikan
Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengikuti langkah langkah dibawah ini

Langkah Pertama - Perbarui aplikasi droidcam baik di handphone maupun laptop. Klik disini untuk memperbarui.

Langkah Kedua - Lakukan USB debugging pada smarthphone mu. Semua ponsel Android bisa melakukan USB debugging, caranya seperti di bawah.

hp jadi webcam dengan usb
  • Buka Pengaturan > Tentang Ponsel > Informasi Perangkat Lunak
  • Selanjutnya tap Nomor versi beberapa kali
  • Kamu akan mendapat notifikasi bahwa menu pilihan pengembang sudah diaktifkan
Cara menggunakan droidcam via usb
  • Kembali ke pengaturan > Pilihan pengembang
  • Selanjutnya switch panel Mendebug USB

Setiap HP mungkin akan berbeda langkah-langkah untuk debugging usb, cara di atas saya lakukan pada HP samsung J5 Prime.

Tapi pada intinya untuk melakukan USB debugging kamu harus Tap beberapa kali menu Nomor Versi lalu pergi ke menu pengembang dan switch panel USB debugging.

Langkah Ketiga - Setelah USB debugging aktif, kamu hanya perlu menggunakan droidcam via USB agar kamera HP bisa tersambung ke laptop. Tutorialnya bisa kamu baca di Cara menggunakan HP sebagai Webcam.

Kesimpulan

No device detected atau perangkat tidak terdeteksi saat menggunakan Droidcam biasanya karena USB debugging belum aktif. Jadi kamu perlu mengaktifkannya dengan cara diatas. Sekian artikel droidcam no devices detected usb, semoga bermanfaat.