Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh

Mengatasi HP Kehabisan Ruang - Ruang penyimpanan atau memori merupakan hal penting dalam suatu perangkat baik itu mobile maupun Desktop.

Cara mengatasi Ruang penyimpanan Penuh

Ruang penyimpanan atau Storage berfungsi untuk menyimpan segala data pada perangkat, kehabisan ruang penyimpanan berarti tidak ada data lagi yang bisa disimpan.

Selain itu storage full juga berdampak pada performa perangkat, misalnya smarthphone jadi lemot, tidak cukup ruang untuk mengunduh aplikasi, dan yang paling parah bisa terjadi kerusakan permanen.

Bagi kamu yang HP nya hampir kehabisan ruang, simak artikel 5 Cara Mengatasi Penyimpanan Hampir Penuh dibawah ini.

Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh

Berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori penuh pada smartphone mu.

1. Uninstal Aplikasi yang Tidak Penting

Cara pertama untuk mengosongkan ruang penyimpanan smarthphone adalah dengan menghapus atau uninstal aplikasi yang tidak penting.

Seringkali kita mengunduh aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan, atau hanya digunakan satu kali. Untuk mengefisien kan memori HP, sebaiknya kita memilah aplikasi yang perlu dan tidak perlu ada pada perangkat kita.

Berikut ini ciri-ciri aplikasi yang tidak penting untuk membantu mu menentukan aplikasi mana yang harus dihapus.

a. Jarang Digunakan

Aplikasi yang jarang digunakan biasanya diunduh ketika moment tertentu dan sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

b. Aplikasi Web

Aplikasi web adalah aplikasi yang bisa digunakan melalui website, misalnya youtube, facebook, dan instagram. Menghapus aplikasi tipe ini perlu dipertimbangkan jika HP mu hampir kehabisan ruang.

2. Menghapus Cache Aplikasi

Jika kamu enggan menghapus aplikasi karena tetap ingin menggunakannya suatu saat, maka solusinya adalah menghapus data aplikasi.

Ukuran aplikasi akan semakin besar seiring dengan penggunaan yang semakin sering. Hal ini karena data riwayat aktivitas atau cache pada aplikasi tersebut juga akan tersimpan.

Kamu bisa menghapus cache tersebut untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi. Berikut ini caranya:

  • Pergi ke Pengaturan
  • Buka menu Apikasi 
  • Tap salah satu aplikasi, lalu pilih Penyimpanan > Hapus Memori.
Aplikasi yang di hapus cache nya dengan cara ini akan kehilangan data sementara, tapi ketika aplikasi tersebut dijalankan, data-data nya akan muncul kembali namun ukuran aplikasi juga bertambah lagi.

3. Menambahkan SD Card

Data-data pada smarthphone akan disimpan otomatis pada memori internal jika HP tersebut tidak menggunakan SD Card.

Ketika data-data berupa file dan cache sudah memenuhi memori internal maka perangkat akan berjalan lambat dan menurunkan fungsi perangkat itu.

Menambahkan SD Card adalah salah satu solusinya. File dan cache aplikasi bisa dipindahkan ke kartu memori sehingga penyimpanan Storage internal mu bisa lebih lega. Berikut ini caranya:

a. Memindahkan File ke SD Card    

  • Pergi ke File Saya > Penyimpanan Internal
  • Lalu pilih file yang akan dipindah ke SD Card
  • Tap ikon 3 titik > Pindahkan > Kartu SD
b. Memindahkan Cache ke SD Card
  • Buka Pengaturan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Tap salah satu aplikasi, lalu pilih Penyimpanan > Ubah

Kamu bisa menggunakan kartu memori dengan kapasitas 4GB, namun jika memiliki budget lebih disarankan memakai Micro SD dengan kapsitas 16GB atau 32GB.

4. Mengupload File ke Google Drive

Jika kamu sudah memindahkan file dan cache aplikasi ke SD Card namun ruang penyimpanan mu masih penuh dan Micro SD nya juga ikut penuh, maka kamu perlu solusi lain.

Kamu bisa memanfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan file. Jenis file yang dapat disimpan di G Drive antara lain foto, video, Doc, Pdf dll.

Ketika file sudah berhasil dipindahkan ke G Drive, kamu bisa menghapus file tersebut dari perangkat mu. Kamu tetap bisa mengakses file tersebut lewat G Drive secara online.

Berikut ini cara upload file ke Google Drive:

  • Buka G Drive
  • Pilih ikon Plus(+) > Upload > Tap file yang akan di Upload

G Drive menyediakan penyimpanan gratis sebesar 15GB untuk setiap akun Gmail.

5. Reset Handphone

Cara ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan. Mereset perangkat sebenarnya tidak dianjurkan karena akan menghapus semua data secara permanen.

Tapi apabila memori internal sudah penuh hingga HP mu sulit dioperasikan maka cara mengatasinya adalah dengan mereset HP atau kembali ke pengaturan pabrik.

Berikut ini cara mereset HP android:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Manajemen Umum > Reset
  • Tunggu hingga prosesnya selesai
Perlu diingat bahwa cara ini hanya dianjurkan sebagai langkah terakhir untuk mengatasi memori penuh di Handphone android.

Akhir Kata

Itulah tadi cara untuk mengatasi ruang penyimpanan yang penuh. Kehabisan ruang tentu akan menghambat fungsi HP, jadi perhatikan kondisi storage smarthphone mu.