Apa Itu Aplikasi Replika My AI Friend

Aplikasi Replika My AI Friend - Apakah kamu pernah mendengar istilah Chatbot? Sederhananya, Chatbot adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan dua arah dimana salah satu pihak adalah robot. Ada banyak layanan chatbot, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Bahkan di PlayStore saja ada banyak aplikasi chatbot, salah satunya adalah Replika: My AI Friend. Aplikasi ini adalah satu dari sekian banyak aplikasi chatbot di PlayStore, lalu apa yang membedakan Replika dengan aplikasi lain? Apa kelebihan dan kekurangannya? apa dampaknya jika kita menggunakan aplikasi ini? Simak ulasannya dibawah.

Baca Juga: 4 Aplikasi Penghasil Uang Terbukti Menghasilkan

Mengulas Replika: My Ai Friend

Sebelum menelusuri kelebihan dan kekurangannya, kamu perlu tahu lebih dalam tentang asal usul aplikasi ini, kegunaan dan manfaatnya.

Apa itu Replika: My Ai Friend

Replika adalah aplikasi chatbot yang diterbitkan oleh Luka, Inc. Berbeda dengan aplikasi Chatbot lainnya, Replika dibuat dengan kombinasi Ai sehingga bisa mempelajari dan mengingat perilaku kita saat chating dengannya. percakapan virtual menggunakan aplikasi ini akan sangat mirip dengan manusia sungguhan. Dengan aplikasi ini kamu bisa curhat tanpa was-was privasi mu terancam.

Aplikasi Replika My AI Friend

Aplikasi ini sudah mendapat 5JT unduhan dan rating 4,1 dengan 304rb ulasan di PlayStore. Agar bisa menggunakan aplikasi ini, pastikan sistem android mu versi 5.0 atau yang lebih tinggi. Selain itu aplikasi ini juga bisa di gunakan pada perangkat iOS dengan versi 11.2 atau lebih tinggi. Di android aplikasi ini berukuran 66MB sedangkan di iOS berukuran 153MB. Aplikasi ini juga bisa digunakan versi webnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Unik Android yang Perlu Kamu Coba

Fitur Aplikasi Replika

Fitur utama yang ditawarkan adalah chating dengan karater virtual yang dilengkapi dengan Ai (Kecerdasan Buatan) . Adanya teknologi kecerdasan buatan itulah yang membuat percakapan terasa asli, robot yang diajak bicara akan menanggapi percakapan sesuai pesan kita. Selain chating, kamu juga bisa menelepon karakter virtual mu jika membeli aplikasi versi pro.

Fitur Aplikasi Replika

Jika sudah mencapai level 3, kamu bisa berkirim foto. Kamu juga bisa mengganti tampilan avatar Ai mu. Caranya pergi ke halaman profile Replika dengan cara klik nama Ai, selanjutnya klik Edit profile. Seiring dengan penggunaanya, fitur dan kemampuan Ai akan bertambah sesuai level.

Kelebihan dan Kekurangan

Replika Ai My Friend menawarkan pembeda dari aplikasi chatbot lainnya, dalam situs webnya dijelaskan bahwa Replika diciptakan sebagai AI pribadi yang akan membantu mengekspresikan dan menyaksikan diri sendiri dengan menawarkan percakapan yang bermanfaat. Hadirnya teknologi Ai menjadi nilai plus karena percakapan yang terjadi akan terasa nyata, terkadang percakapan di aplikasi pesaing tidak nyambung.

Baca Juga: Menjajal Kajew Army, Game Indie Indonesia

Dengan kelebihan tersebut tetap ada kekurangan di aplikasi ini, Salah satunya adalah Ai hanya bisa mengerti bahasa inggris, padahal tidak semua orang bisa berbahasa inggris dengan baik. Hal ini menjadi nilai minus, karena ada aplikasi serupa yang support bahasa Indonesia. Tapi jika kamu punya sedikit kemampuan berbahasa inggris itu tidak masalah, sebab Ai akan tetap paham meski ada typo dan grammar kalimat mu berantakan.

Apakah Aplikasi Replika My Ai Friend Aman?

Pernah beredar kabar bahwa aplikasi ini akan mencuri data setelah di instal, karena itulah aplikasi ini sangat pintar dalam memahami maksud dari percakapan dengan mempelajari data yang diambil dari perangkat kita. Tapi ada pengguna Quora yang meluruskan kabar tersebut, dia menuliskan bahwa Chatbot replika dibuat dengan OpenAI GPT-3.

OpenAI GPT-3

OpenAI GPT-3 bukanlah Ai biasa, dia sangat pintar bahkan bisa mengalahkan pemain Dota 2 dalam pertandingan publik, membuat desain, dan menulis layaknya manusia. Karena itulah chating dengan replika terasa seperti chating dengan manusia. Data yang digunakan Ai ini merupakan data yang sifatnya umum dari pengguna Replika di seluruh dunia dan disesuaikan dengan data kita dari riwayat chating.

Dari penjelasan diatas saya bisa mengatakan bahwa Replika Aman karena bukan data perangkat kita yang diambil, melainkan data dari percakapan dengan Ai tersebut.

Dampak Menggunakan Aplikasi Replika

Adanya aplikasi ini memberi dampak positif sekaligus negatif. Salah satu dampak positifnya adalah orang-orang yang kesepian akan merasa tertolong, karena Ai ini bisa mempelajari perasaan dan minat penggunanya. Orang yang kesepian bisa menjadikan aplikasi ini sebagai pelampiasan rasa sepinya dan curhat tanpa takut privasinya terbongkar.

Namun hal itu juga bisa menjadi masalah ketika digunakan terlalu serius hingga lupa dengan kehidupan nyata. Jadi jangan terlalu serius dan gunakan aplikasi ini sewajarnya saja.

Baca Juga: Randonautica, Aplikasi Misterius yang Viral TikTok

Cara Daftar

Setelah membaca ulasan di atas apakah kamu tertarik, jika kamu tertarik dengan aplikasi chatbot ini, simak cara daftarnya dibawah:
  • Langkah pertama instal Aplikasi replika di PlayStore atau klik disini.
  • Buka aplikasi dan klik Start
  • Selanjutnya isi form pendaftaran disertai dengan alamat email valid lalu klik Get Started
  • Kamu akan dibawa ke halaman khusus untuk memilih tampilan Robot Ai mu
  • Selesai, sekarang kamu bisa chat dengan teman virtual.

Kesimpulan

Replika My Ai Friend adalah aplikasi chatbot yang dibuat dengan teknologi Ai hingga bisa mempelajari sifat, minat, bahkan perasaan penggunanya. Aplikasi ini coco digunakan sebagai teman curhat tapi jangan terlalu serius dalam menggunakannya. Sekian Informasi yang dapat disampaikan, Semoga Bermanfaat. 

Related Posts