Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Aplikasi Caping Apakah Membayar?

Aplikasi Caping - Bagi kamu yang hobi ngereceh online atau mencari penghasilan tambahan di internet namun hanya memiliki modal smartphone, jangan khawatir masih ada kesempatan untuk mendapat keuntungan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang memberi penghasilan.

Aplikasi Caping

Ada beragam aplikasi di PlayStore dan Appstore yang menawarkan bayaran dengan menjalankan tugas di dalam aplikasi tersebut. Salah satunya adalah Caping, aplikasi ini mengklaim bertujuan membantu masyarakat Indonesia mencari, menemukan, dan membaca informasi dengan cara yang lebih efektif.

Aplikasi yang satu ini turut meramaikan sederet daftar "aplikasi penghasil uang" dengan metodenya sendiri. Tertarik menggunakan Caping sebagai sumber pendapatan sampingan? Sebaiknya kamu baca ulasan berikut agar lebih tau tentang aplikasi ini, cara menggunakannya dan bayaran yang didapat.

Review Aplikasi Baca Berita Caping

Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik serta kekurangan dan kelebihannya, baca review dibawah ini untuk mengetahuinya.

Apa Itu Aplikasi Caping

Caping adalah aplikasi berita yang menghimpun berbagai media online di dalamnya atau biasa disebut aggregator. Aplikasi dengan tagline Jadikan Membaca Lebih Berharga ini merupakan karya anak bangsa melalui PT Englory Intertech Group. Hal ini bisa kita ketahui dari namanya yang berarti topi anyaman bambu yang dipakai petani Indonesia.

Sejak pertama kali diluncurkan tanggal 6 Agustus 2015, aplikasi ini sudah mendapat lebih dari 1Juta download dengan rating 3,6 dari 37ribu ulasan. Jumlah downloadnya mungkin memang tidak sebanyak aplikasi Cashzine dan BuzzBreak yang sebelumnya pernah kita ulas, Namun fitur-fitur dalam aplikasi ini tidak kalah dari pesaingnya. Apa saja fitur tersebut? cari tahu dibawah ini.

Fitur Aplikasi Caping

Seperti aplikasi berita pada umumnya, Caping News memiliki fitur yang berfungsi untuk membebaskan pengguna memilih kategori berita yang disuka. Ada banyak kategori yang disediakan, mulai dari politik, ekonomi, teknologi, game, dan masih banyak lagi.

Selain tulisan, aplikasi ini juga menyediakan berita dalam bentuk video. Video yang ada didalam aplikasi berasal dari youtube, jadi kamu tidak hanya bisa menikmati berita namun juga konten-konten youtube lainnya.

Fitur Obrolan

Salah satu fitur unik dalam aplikasi ini adalah fitur obrolan, fitur ini berfungsi sebagai tempat diskusi oleh pengguna. Topik diskusi pun beragam, namun biasanya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

biasanya diakhir materi diskusi ada poling unik yang berhubungan dengan topik diskusi. Adanya poling ini bisa membangkitkan mood kita untuk membaca dan beropini dalam fitur obrolan tersebut.

Cara Menggunakan Caping

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, pertama download aplikasi melalui playsore atau dengan klik disini. ketika mendaftar kamu akan ditanya kode rujukan, masukan wbjzz9 sebagai kode nya. Jika berhasil mendaftar kamu akan diberi opsi kategori berita, kamu dibebaskan untuk memilih kategori sebanyak apapun.

Selanjutnya, tugas mu adalah membaca berita yang sudah disediakan. Imbalan yang diberikan per berita adalah 20 poin, poin ini lah yang harus kamu kumpulkan jika ingin mendapat hadiah. Adapun cara lain mengumpulkan poin adalah dengan menonton video youtube melalui aplikasi ini, imbalan yang akan didapat juga sama yaitu 20 poin per video.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapat poin, misalnya menyukai komentar pada artikel, absen harian, mengambil bonus, membagikan konten, membagikan kode undangan dan membuka push notifikasi.

Cara Menggunakan Aplikasi Caping

Poin yang sudah terkumpul akan secara otomatis dikalkulasikan setiap 24 jam dan akan masuk ke saldo akun. Saldo itulah yang akan ditukarkan dengan beragam hadiah.

Apakah Caping Membayar?

Aplikasi berita yang satu ini menawarkan hadiah pulsa untuk pengguna yang berhasil mengumpulkan banyak poin. Poin yang dimaksud adalah poin aplikasi yang harus kamu kumpulkan dengan membaca berita atau menonton video.

Selain pulsa, Caping juga menawarkan hadiah berupa voucher saldo dompet digital seperti DANA. Sayangnya stok hadiah tersebut sering kosong jadi kita perlu menunggu hingga hadiah tersebut kembali tersedia meski tidak pasti.

Baca Juga: 4 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis

Lihat tabel dibawah ini untuk mengetahui hadiah voucher yang ditawarkan serta biaya nya.

Hadiah VoucherBiaya
Pulsa Rp5.000 Rp7.000
Gopay Rp10.000Rp15.000
OVO Rp20.000Rp25.000
DANA Rp10.000Rp15.000
--

Hadiah lain yang ditawarkan aplikasi ini adalah merchandise kaos dengan quote "Bukan Netizen Biasa" dan "Netizen Pintar, Positif Berkomentar" bagian belakang kaos juga terdapat logo caping. Untuk hadiah yang satu ini, saya rasa tidak akan ada yang mengklaim nya, karena desain kaosnya kurang menarik dan harganya mahal. 

Kelebihan & Kekurangan

Caping menampilkan berita dengan utuh, jadi pengguna tidak harus mengunjungi laman aslinya untuk membaca keseluruhan isi berita. hal ini menjadi kelebihan yang tidak dimiliki pesaingnya, karena aplikasi pesaing mengharuskan pengguna mengunjungi laman asli berita jika ingin membaca lengkap berita tersebut.

Keunggulan lainnya adalah video youtube yang ditampilkan beragam. Tidak hanya berita, ada juga jenis konten lain mulai dari konten viral, horor, kartun, bahkan vlog. Jadi kita bisa mendapat hiburan sambil mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukarkan voucher e-wallet.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah absen nya fitur refresh pada laman profil. Kekurangan ini mengharuskan kita untuk keluar aplikasi lalu masuk lagi jika ingin melihat informasi terbaru dari akun kita, padahal refresh merupakan fitur dasar dan umum yang harus ada.

Kurangnya stok hadiah juga menjadi nilai minus aplikasi ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hadiah voucher pulsa dan saldo e-wallet terbatas stoknya hanya seratus dan dibagikan dengan jam-jam tertentu. Kekurangan ini sebaiknya kamu pikirkan jika tujuan mendownload Caping hanya untuk mencari uang.

Apakah Worth it Mendownload Caping?

Jika tujuan mu mendownload aplikasi ini untuk mendapat uang, maka kamu akan rugi. Karena mengumpulkan saldo minimum agar bisa menukarkan hadiah perlu waktu yang sangat lama, ditambah kalkulasi poin ke rupiah juga tidak jelas, jadi kamu akan rugi waktu. Tenaga yang dikeluarkan mungkin tidak seberapa tapi waktu yang dihabiskan akan sangat berharga jika digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Tapi jika kamu adalah orang yang hobi membaca dan ingin terus update terhadap informasi, aplikasi ini saya rekomendasikan untuk di download. Praktis nya penggunaan menjadi alasan aplikasi ini layak di download, lewat aplikasi ini kamu bisa membaca berita lengkap dalam satu halaman, tidak seperti jika kamu membaca di website berita tersebut yang membagi satu berita ke beberapa halaman.

Selain itu, iklan yang muncul dalam aplikasi juga sangat sedikit. Jadi pengguna bisa membaca dengan nyaman tanpa harus terganggu iklan.

Kesimpulan

Caping adalah aplikasi baca berita yang tidak hanya menyediakan informasi tapi juga menawarkan bayaran. Saya tidak merekomendasikan aplikasi ini digunakan untuk mencari uang, karena kegunaan asli aplikasi ini adalah untuk membaca. Tidak worth it digunakan untuk memperoleh penghasilan tapi sangat layak di download sebagai aplikasi baca berita karena keunggulan yang sudah disampaikan sebelumnya. Itu saja yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.