Apakah Aplikasi Sestyc Menghasilkan Uang?

Post a Comment
Menghasilkan Uang dengan Sestyc

Apakah Aplikasi Sestyc Menghasilkan Uang? - Ada banyak cara menghasilkan uang di tengah pesatnya kemajuan dunia digital saat ini. Salah satu yang paling populer adalah dengan menjadi content creator, biasanya orang membuat konten di platform terkenal seperti youtube dan Instagram untuk bisa mendapatkan uang.

Namun ada satu aplikasi karya anak bangsa yang bisa dijadikan wadah berekspresi sekaligus menghasilkan uang dari konten yang diposting. Sestyc, aplikasi ini dibuat oleh PT Karya Digital Indo dan rilis pertama kali pada 1 April 2019.

Fitur Aplikasi Sestyc

Aplikasi Sestyc adalah media sosial buatan anak bangsa, konsep aplikasi ini mirip dengan Instagram, bedanya selain membagikan foto dan video, kamu juga bisa mengunggah tulisan/quote layaknya twit pada twitter dan status facebook, mengobrol dengan banyak orang menggunakan fitur obrolan anonim jika tidak ingin identitas mu diketahui orang lain. 

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencari teman dengan fitur Orang-orang Sekitar, fitur ini memberikan opsi kepada pengguna untuk mengetahui apakah ada pengguna lain di sekitar pengguna dalam jarak tertentu. Baru-baru ini muncul kabar bahwa aplikasi ini bisa mendatangkan penghasilan. Tapi apakah benar sestyc bisa digunakan untuk menghasilkan uang? Berikut ini penjelasannya.

Sestyc Menghasilkan Uang

Dengan maksud mengikuti perkembangan zaman dimana banyak anak muda yang berkeinginan menghasilkan uang dengan menjadi pembuat konten, Sestyc menghadirkan fitur S-vids yang mirip dengan IGTV. Adanya fitur tersebut membuka peluang content creator untuk menghasilkan uang dengan mengunggah konten berupa video eksklusif

Klipingan.com belum menemukan bukti bahwa media sosial ini benar-benar bisa digunakan untuk menghasilkan uang tapi jika kamu tetap ingin mencoba, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengunggah konten di S-vids, berikut ini daftarnya.

1. Mendaftar Content Creator

Berbeda dengan Instagram, kamu diharuskan mendaftar menjadi content creator jika ingin menghasilkan uang dengan aplikasi ini. Untuk menjadi conten creator Sestyc, kamu harus memiliki Paspor atau SIM sebagai syarat pendaftaran, kamu juga bisa menggunakan KTP.

Proses pendaftarannya pun cukup mudah, kamu tinggal masuk ke menu pengaturan, lalu pilih tab content creator dengan logo kuas, akan ada halaman pemberitahuan jika kamu belum terdaftar sebagai content creator tekan panel biru, lalu masukan nama lengkap sesuai KTP dan unggah foto KTP pada panel yang disediakan. Tunggu hingga 2 hari untuk melihat pendaftaran mu disetujui atau tidak.

Baca Juga: 5 Fakta Vtube Aplikasi Kontroversial

2. Persyaratan Konten

Tidak sembarangan konten bisa diuangkan, hanya konten video dengan durasi minimal satu menit yang bisa diunggah menjadi konten eksklusif. Jadi kamu tidak bisa mengunggah foto menjadi konten eksklusif.

Sayangnya tidak ada aturan khusus yang mengatur ketentuan konten. Tidak ada istilah Copyright dalam aplikasi Sestyc, hal ini tentu merugikan para seniman yang karyanya dibajak untuk konten S-vids demi menghasilkan uang. Moderasi konten juga tidak dilakukan, karena saya beberapa kali menemukan konten dewasa di dalam aplikasi ini yang tidak pantas dilihat oleh anak-anak.

3. Metode Monetize

Cara mendapatkan uang dengan Sestyc

Metode monetize atau monetisasi di aplikasi sosial media karya anak bangsa ini cukup mudah dipahami. Para Creator bisa menentukan harga konten eksklusifnya dalam bentuk  koin yang nantinya akan di konversikan ke mata uang rupiah dengan nilai mulai dari Rp1.000 sampai Rp10.000. Jika pengguna lain ingin menonton konten tersebut, diharuskan membayar sesuai tarif yang di tentukan creator.

Koin dapat diperoleh dengan membelinya di dalam aplikasi, tepatnya pada halaman toko sestyc di menu pengaturan. Jika diperhatikan, metode monetisasi ini mirip seperti aplikasi streaming Bigo Live, dimana sang creator akan menerima bayaran dari saweran yang dikirim oleh penonton. Dalam hal ini saweran yang dimaksud adalah sticker untuk pengguna Bigo live dan koin untuk pengguna Sestyc

4. Cara Pembayaran Sestyc

Untuk dapat menarik penghasilan, kamu harus memenuhi batas minimum pembayaran sebesar Rp100.000 nominal ini sangat kecil dibanding youtube yang minimum pembayaran sebesar Rp1.300.000 melalui Google Adsensenya. 

Meskipun tidak sebesar youtube, batas minimum pembayaran sestyc akan sulit dicapai karena aplikasi ini masih belum banyak digunakan. Selain itu, saya rasa tidak banyak orang yang mau membayar untuk sekedar menonton video pendek apalagi jika konten yang diunggah hanya reupload.

Baca Juga: Golns Membayar Atau Penipuan? Simak 5 Keanehannya

Kesimpulan

Cara menghasilkan uang di aplikasi sestyc sebenarnya sama saja dengan platform media sosial lainnya. Kamu dituntut untuk bisa membuat konten semenarik mungkin agar pengguna lain rela mengeluarkan biaya demi konten mu itu. Tapi perlu diingat bahwa media sosial ini masih belum banyak digunakan jadi jangan ber ekspektasi terlalu tinggi, terkecuali jika kamu sudah memiliki pengikut yang banyak dan loyal di platform lain mungkin akan lebih mudah mendapatkan uang di aplikasi ini. Semoga Bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email