Tools SEO Gratis Untuk Menulis Artikel

Post a Comment
Tools SEO Gratis

Tools SEO Gratis untuk Menulis Artikel - Terkadang kita mengalami banyak kesulitan saat menulis artikel, baik itu masalah ide atau hambatan memaksimalkan SEO. Terkhusus untuk kesulitan menerapkan SEO, sebenarnya ada banyak tools gratis yang bisa memudahkan kita saat menulis artikel.

Berbagai tools dapat digunakan gratis untuk menunjang SEO dalam artikel yang kita tulis. Tools tersebut bisa dengan mudah kita akses lewat google secara daring. Selain untuk memaksimalkan teknik SEO, menggunakan tools atau alat bantu untuk menulis artikel juga dapat mempersingkat waktu pengerjaan.

Agar waktu tidak tersita terlalu banyak sekaligus memaksimalkan SEO on page, kamu bisa mencoba beberapa tools dibawah ini untuk memudahkan dalam menulis artikel.

5 Tools Gratis untuk Menulis Artikel

Dibawah ini adalah daftar 5 tools SEO untuk memudahkan mu menulis artikel. Beberapa tools gratis ini bisa kamu upgrade ke versi premium supaya bisa mendapat fitur yang lebih lengkap.

1. Ubersuggest

Salah satu faktor penting untuk meningkatkan traffic atau pengunjung suatu blog dan website adalah riset kata kunci. Riset kata kunci sendiri dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang traffic yang bisa kita dapatkan dari artikel.

Ubersuggest

Tools SEO untuk riset kata kunci biasanya disebut keyword planner, salah satu keyword planner yang bisa kamu gunakan secara gratis adalah Ubersuggest. Dengan menggunakan ubersuggest kamu bisa mengetahui volume pencarian, tingkat kompetisi, kesulitan, bahkan ada prediksi cpc suatu keyword. Kamu bisa meningkatkan versi ubersuggest ke premium untuk menambah limit kata kunci yang bisa dimasukkan.

2. Lektur.id

Lektur.id sebenarnya adalah website yang menyediakan pustaka pendidikan terkini. Namun juga menyediakan mesin pencari kamus bahasa indonesia dan inggris, juga tesaurus antonim dan sinonim, dan juga penulisan kata baku dan tidak baku. Website ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk menulis artikel.

Lektur.id

Salah satu fitur tersebut adalah mesin pencari sinonim, fitur ini sangat bermanfaat karena variasi kata dalam suatu artikel itu penting dan pengulangan kata harus di minimalisir. Selain itu, terdapat juga alat cek typo yang bisa dipakai untuk menemukan kesalahan penulisan dalam artikel. Karena itulah website ini dapat di jadikan sebagai tools SEO. Semua fitur di lektur.id bisa kamu gunakan gratis sepenuhnya.

3. Prepostseo.com

Bisa dibilang prepostseo.com adalah pelengkap dari tools SEO sebelumnya. Karena selain memiliki fitur menghitung kata dan karakter, website ini juga akan menampilkan persentase kata, mulai dari satu kata hingga tiga kata. Jadi kamu bisa menentukan jumlah kata kunci yang ingin dimuat dalam artikel.

prepostseo.com

Fitur menarik lainnya dari prepostseo.com adalah READING TIME dan EXTRA WORD COUNT STATISTICS. Fitur READING TIME digunakan untuk mengetahui estimasi waktu yang dihabiskan untuk membaca artikel tersebut, sedangkan EXTRA WORD COUNT STATISTICS adalah fitur ringkasan spesifikasi dari artikel.

4. Duplichecker.com

Website ini berfungsi sebagai duplikat conten checker yang mendeteksi artikel tulisan kita berpotensi sebagai konten duplikat atau tidak. Situs duplichecker.com akan menunjukan persentase duplikat pada artikel.

duplichecker.com

Hal ini sangat berguna, karena jika artikel terdeteksi sebagai plagiat atau duplikat maka pihak google akan menghapus artikel tersebut bahkan bisa jadi menghapus blog yang memuat artikel plagiat. Sayangnya website ini membatasi artikel yang dapat di check harus seribu kata atau kurang dari itu.

5. Pixabay.com

Salah satu unsur penting dalam artikel adalah gambar. Pentingnya gambar sebagai selingan dari tulisan adalah untuk menyegarkan mata pembaca. Jadi pembaca akan lebih betah jika ada foto atau gambar yang bisa mengilustrasikan artikel yang sedang dibaca. Tempat untuk mendapatkan foto secara online biasanya disebut situs microstock.

pixabay.com

Salah satu situs microstock yang populer adalah pixabay.com, situs ini menyediakan berbagai jenis gambar yang bisa di unduh gratis mulai dari foto, gambar vector, ilustrasi, bahkan video. Foto atau gambar yang di unduh dari situs ini tidak akan mengandung watermark, kita juga tidak diharuskan untuk menulis credit jika ingin menggunakan foto dari website ini. Semua foto yang di pixabay.com dapat di unduh gratis, tapi kamu juga bisa berdonasi kepada si pemilik foto sebagai wujud rasa terima kasih.

Kesimpulan

Itulah tadi daftar 5 tools SEO yang bisa digunakan gratis. Kamu bisa menggunakan semua daftar diatas atau menambahkan-nya dengan tool SEO versi mu sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email