7 Tips Bermain Game Berat di HP Kentang

Post a Comment
Tips Bermain Game Berat di Hp Kentang
7 Tips Bermain Game di HP Kentang - Bermain game bukan lagi sekedar mengisi waktu luang, namun ada juga orang yang bermain game sebagai rutinitas-nya. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, aktivitas nge-game bisa di lakukan dimana saja dengan perangkat mobile yang sudah lebih canggih.
Dunia game juga terus berkembang, para developer game terus meningkatkan kualitas game-nya baik dari segi gameplay maupun audio visual. Pada umumnya semakin tinggi kualitas grafik suatu game akan semakin berat juga game tersebut dijalankan. Bagi pengguna HP entry level atau biasa disebut HP kentang, tentu akan merasa apes karena tidak bisa leluasa menikmati ke seruan game yang sedang hype sebab spesifikasi handphone yang kurang mumpuni.

6 Tips Bermain Game Berat di HP Kentang

Pengguna HP dengan spesifikasi rendah sebenarnya masih bisa merasakan bermain game berat jika mau sedikit mengeluarkan usaha lebih. Berikut ini beberapa tips untuk bermain game berat di Hp Kentang secara optimal.

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi
pixabay.com

Salah satu faktor penghambat kinerja smartphone adalah kapasitas penyimpanan yang sesak. Jika itu terjadi, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan untuk memberi ruang kosong di smartphone mu. Storage atau penyimpanan yang lega akan meringankan kerja Hp sehingga kinerja saat bermain game dapat optimal.

Sebaiknya aplikasi yang di uninstall adalah aplikasi yang dapat di akses lewat browser, seperti Instagram, Facebook, atau twitter agar tetap bisa menggunakan layanan sosmed tersebut meski tidak lewat aplikasinya.

2. Membersihkan Cache

Membersihkan Cache

Pada umumnya setiap aplikasi akan menyimpan cachenya untuk berbagai tujuan. Cache tersebut harus rutin dihapus untuk menjaga file cache tidak bertambah besar dan kapasitas penyimpanan tetap lapang. Biasanya cache akan terhapus otomatis oleh sistem dari aplikasi itu sendiri, namun ada juga aplikasi yang tidak berjalan normal saat proses pembersihan cachenya.

Untuk menghapus cache secara manual tidaklah sulit, kamu tinggal ke menu setting > lalu buka menu aplikasi > pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya > tekan penyimpanan lalu klik panel HAPUS DATA.

3. Berhentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kinerja HP kentang mu adalah dengan memberhentikan atau mematikan aplikasi lain yang sedang aktif. Semakin banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan semakin besar pula beban RAM yang menyebabkan ponsel terasa lamban dan lemot.

Selain menambah beban RAM, baterai ponsel juga akan lebih cepat habis sehingga performa saat bermain game berat akan berkurang. Karena itulah menghentikan aplikasi yang berjalan secara bersaman penting untuk mengoptimalkan kinerja ponsel.

4. Tidak di Charging Saat Bermain

Charging
pixabay.com

Menggunakan ponsel saat sedang diisi daya baterainya dapat mengakibatkan meningkatnya suhu ponsel, hawa panas tersebut akan mengurangi performa ponsel dan kamu akan mengalami lagging saat bermain game.

Terlepas dari aktivitas nge-game, menggunakan ponsel saat sedang di charging memang bukanlah hal yang baik. Karena dapat merusak ponsel secara keseluruhan. Jadi sebelum bermain game atau menggunakannya untuk aktivitas lain, pastikan daya baterai ponsel sudah terisi penuh.

5. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Pada tips kelima ini tergolong sebagai faktor eksternal. Karena selain spesifikasi HP yang tinggi, koneksi internet yang stabil juga dibutuhkan demi kelancaran saat bermain game. Apalagi jika yang dimainkan adalah game online. Jadi sebaiknya kamu menggunakan koneksi internet 4G atau jaringan wifi yang stabil.

6. Menurunkan Kualitas Grafik

Setiap game biasanya memberi opsi kualitas grafik yang beragam, mulai dari yang biasa saja hingga grafik realistis. Semakin tinggi grafik pada game, semakin tinggi juga spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkannya. Untuk mengakali hal ini, pengguna HP Kentang bisa mengubah settingan grafis menjadi low, medium atau sejenisnya agar bisa menikmati game tanpa lagging.

7. Menggunakan Aplikasi Game Booster

Aplikasi Game Booster

Cara yang ke tujuh ini sebaiknya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir, sebab masih ada pro kontra terhadap penggunaan aplikasi game booster. Ada beberapa game yang melarang penggunanya menggunakan aplikasi sejenis ini. PUBG Mobile misalnya, akan melakukan banned pada pemain yang ketahuan menggunakan game booster saat bermain.

Contoh aplikasi game booster yang bisa kamu unduh gratis di playstore adalah GLTools, aplikasi ini sudah banyak digunakan gamer lain untuk meningkatkan performa saat bermain game.

Kesimpulan

Itu tadi adalah 7 tips yang bisa kamu gunakan untuk memperlancar aktivitas ngegame di handphone kentang mu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email