Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Golns Membayar atau Hanya Penipuan? Simak 5 Keanehannya

Golns
Golns Membayar atau Hanya Penipuan? Simak 5 Keanehannya - Banyak aplikasi atau website yang menawarkan penghasilan dari situsnya, dengan beragam sistem dan nominal. Sayangnya tidak semua website atau aplikasi tersebut benar membayar, ada banyak situs web yang terbukti menipu atau scam.

Baru-baru ini muncul situs web bernama Golns/Goins yang menawarkan penghasilan tambahan dengan tugas yang mudah, yaitu memberi like ke postingan Instagram tertentu dengan bayaran Rp2.800 untuk setiap postinganya. Namun kemudahan dan praktisnya proses untuk mendapat bayaran seharusnya menjadi pertanyaan, apakah benar website ini membayar atau menipu?

Cara Kerja Golns

Sekilas cara kerjanya mirip seperti media pengiklan, dimana website tersebut membuka jasa like berbayar pada postingan Instagram seseorang. Si pengguna atau orang yang mendaftar di situs tersebut itulah yang menjadi sumber like. Lalu penghasilan dari pengiklan akan dibagi dengan user yang telah ikut serta memberi like di unggahan Instagramnya. 

Apakah Golns Membayar?

Sampai sekarang saya belum bisa memastikan apakah benar situs web ini membayar atau hanya menipu penggunanya, tapi ada beberapa keanehan yang saya dapati di websitenya, salah satu keanehan tersebut adalah namanya. Nama website ini tidak jelas, golns atau goins, selain itu masih ada beberapa keanehan lain yang saya dapatkan, berikut ini daftarnya.

1. Tidak Ada Element Dasar seperti About us

Halaman About dan Contact adalah unsur mendasar dalam sebuah website, apalagi jika situs web tersebut berlatar belakang bisnis. Halaman About atau "Tentang" biasanya berisi alasan dan tujuan berdirinya suatu web atau perusahaan. Sedangkan halaman Contact berfungsi untuk menghubungi pihak perusahaan.

Pada situs Golns tidak terdapat halaman tersebut yang merupakan element dasar suatu website. Saat kamu memasuki situs resminya, kamu hanya akan mendapati panel-panel untuk pendaftaran dan login ke website.

Halaman About dan Contact suatu website perusahaan bisnis penting karena menjadi jembatan antara perusahaan dengan mitranya. Apalagi jika situs web semacam ini yang mengumpulkan dana dari para user-nya, seharusnya ada alamat fisik tempat perusahaan itu beroperasi dan hal ini yang membuat saya berfikir bahwa golns/goins penipuan.

Tapi meskipun halaman Contact tidak di tambahkan, ketika berhasil login kamu akan melihat pop-up yang berisi pemberitahuan untuk menghubungi nomor terlampir via Whatsapp jika ada masalah tentang transaksi yang dilakukan. 

2. Website Terlihat Amatir

Pendaftaran Golns
Tampilan situs web golns nampak biasa saja bahkan bisa tergolong kurang baik. web tersebut tidak support untuk dibuka di perangkat PC, tampilan websitenya terlihat sedikit berantakan pada halaman pendaftaran. Saat berhasil masuk pun kamu akan melihat banner yang tidak rapi jika dibuka dengan PC atau laptop.

Tidak responsive-nya website menjadi poin buruk tambahan, karena justru perangkat PC dan laptop biasanya selalu lebih lancar untuk digunakan membuka suatu situs web dibandingkan handphone. Jika ingin tetap positive thinking, kita bisa saja berpikir bahwa website ini memang hanya diperuntukan untuk pengguna smartphone, tapi tetap saja aneh jika suatu website justru lebih responsive di smartphone dibandingkan PC atau laptop.

3. Harus Mendaftar dengan Kode Rujukan

Kode Rujukan Golns
Kode rujukan atau refferal code adalah beberapa digit angka yang membentuk kode unik. Sistem referral ini memang umum digunakan, biasanya pengguna baru suatu produk layanan atau sejenisnya akan diberikan opsi kode rujukan, dimana jika si pengguna baru memasukkan kode rujukan yang dimilikinya ia akan mendapat bonus atau kemudahan tertentu.

Pada umumnya memasukkan kode rujukan hanya menjadi opsi dan bukan keharusan untuk mendaftar. Lain hal dengan website ini, kamu harus memasukkan kode rujukan seseorang agar bisa mendaftar, tanpa itu kamu tidak akan bisa bergabung dengan golns/goins. Sistem seperti ini mirip dengan MLM yang tentu saja sudah basi untuk dibahas.

4. Biaya Upgrade Akun

Golns Membayar
Salah satu memiliki sistem keanggotaan berbayar. Akun yang baru terdaftar akan berpangkat anggota, akun ini memiliki kesempatan menyelesaikan 5 tugas setiap harinya dengan periode selama tiga hari. Setelah periode tersebut selesai, akun harus diupgrade minimal ke pangkat staff dengan periode satu tahun dan membutuhkan biaya Rp308.888 agar bisa mendapatkan tugas lagi.

Selain staff, ada pangkat lain yang lebih tinggi tentu dengan penawaran keuntungan yang lebih besar juga. Akun berpangkat pengawas dengan modal Rp588.888 untuk periode satu tahun, akun tersebut bisa menyelesaikan sepuluh misi dengan imbalan Rp3.000 per-misi. Dan pangkat tertinggi yaitu pengelola yang memiliki batasan 30 misi per hari dan imbalan Rp3.200 per misinya, namun modal yang dikeluarkan cukup besar hampir dua juta rupiah tepatnya Rp1.988.888.

Memang jika dikalkulasikan modal yang telah dikeluarkan satu kali setahun tersebut akan tertutupi dalam waktu satu bulan, hal ini menjadi daya tarik dan keuntungan jika benar membayar. Tapi singkatnya dan mudahnya proses itulah yang seharusnya menjadi pertimbangan jika ingin invest atau mengeluarkan modal untuk mendaftar di situs tersebut, apakah masuk akal modal untuk satu tahun tertutupi dalam waktu satu bulan?

5. Penilaian Tugas yang Sembarangan

Job desk utama atau tugas dalam website ini adalah memberikan like ke postingan Instagram yang telah ditentukan. Ketika kamu memilih salah satu tugas, kamu akan diarahkan ke unggahan Instagram seseorang dan diharuskan mengambil tangkapan layar sebagai bukti telah menjalankan tugas dengan benar lalu mengirimkannya lewat panel yang tersedia.

Saya pernah mencoba untuk memasukkan tangkapan layar postingan Instagram yang tidak sesuai dengan tugas, dan berhasil diterima. Saldo pada akun saya bertambah meski tidak menjalankan misi dengan benar, kamu bisa membuktikan ini sendiri. Hal ini yang membuat saya semakin yakin bahwa bisnis ini hanya penipuan dan hanya mengambil untung dari biaya upgrade akun yang dilakukan penggunanya.

Update

Untuk membuktikan langsung, saya mencoba deposit guna memenuhi batas penarikan saldo, tapi akun saya tidak bisa diakses karena kata sandi salah. Setelah berhasil login kembali, saldo di akun saya berkurang tapi dana yang sebelumnya saya tarik tidak masuk. Jika kamu ingin melakukan deposit, sebaiknya pikirkan kembali. Sekarang aplikasi ini sudah hilang dan terbukti menipu.

Kesimpulan

Banyak orang yang memamerkan penghasilannya tapi saya sendiri sudah membuktikan bahwa situs ini tidak benar-benar membayar. Kalaupun ada yang berhasil mendapat penghasilan, itu hanya faktor keberuntungan. Jika kamu orang yang ingin mendapat penghasilan dari internet, golns/goins bukan pilihan yang tepat. Karena situs seperti ini dapat hilang sewaktu-waktu atau akun mu tidak dapat di akses tanpa alasan yang jelas. Klipingan.com tidak menganjurkan untuk mendaftar tapi juga tidak melarang untuk bergabung, karena keputusan tetap di tangan pembaca.