Brainly Diblokir? Berikut Ini Alasan dan Fakta Menariknya

Post a Comment
Kenapa Brainly Diblokir

Brainly Diblokir? Berikut Ini Alasan dan Fakta Menariknya - Baru-baru ini beredar kabar di media sosial bahwa situs belajar online Brainly akan diblokir pemerintah. Kabar ini menjadi perbincangan warganet khususnya pelajar yang merupakan pengguna utamanya.
Di masa pandemi covid-19 ini bisa dipastikan pengguna situs web ini meningkat. Karena sistem belajar yang dirubah menjadi daring terkadang mengharuskan para pelajar untuk mencari refrensi belajar di internet, dan Brainly salah satu perujuk andalannya bahkan sebelum pandemi ini muncul.
Lalu kenapa beredar kabar situs belajar online ini akan diblokir pemerintah padahal mempermudah proses pembelajaran siswa? berikut ini kemungkinan alasan pemerintah memblokir Brainly dan fakta menarik tentangnya.

Alasan dan Fakta Menarik Brainly Diblokir

Kabar Brainly akan diblokir pemerintah masih menjadi kabar burung. Karena itu klipingan.com akan memberikan ulasan singkat tentang kemungkinan alasan pemerintah memblokir situs Brainly dan fakta menariknya.

Pelajar Menjadi Ketergantungan

Isu Brainly Diblokir Pemerintah

Masih belum pasti darimana sumber awal kabar ini, yang jelas rumor Brainly diblokir pemerintah kini menjadi isu hangat. Salah satu pengguna twitter @trezeruto dan @flowerssyiy membagikan postingan mengenai isu yang sedang ramai ini. Postingan tersebut mendapat berbagai tanggapan dari pengguna twitter lainnya.

Isu Brainly Diblokir Pemerintah

Dari komentar tersebut kita bisa tau bahwa banyak pelajar yang mengandalkan Brainly saat kesulitan dengan tugasnya. Tinggal mengetik kan soal dan jawaban akan langsung tersedia. Kemudahan ini justru bisa membuat siswa ketergantungan dan malas belajar karena tidak perlu usaha untuk memahami soal, tapi sudah mendapat jawabannya. Bisa jadi hal ini yang menjadi alasan kuat pemerintah memblokir situs belajar online tersebut (jika benar akan diblokir).

Lebih Mirip Situs Tanya Jawab

Brainly lebih mirip situs tanya jawab dibandingkan belajar online. Hal ini karena fitur utamanya memang hanya mengajukan dan menjawab pertanyaan. Tidak ada materi yang disusun dan diupload seperti pada situs belajar online pada umumnya, karena itulah Brainly lebih cocok disebut situs tanya jawab. Dengan ini siswa/siswi bisa mendapatkan jawaban instan dan menjadi bergantung pada situs web tersebut.

Walaupun pada beberapa pertanyaan yang dijawab moderator disertai dengan penjelasan, tapi tetap saja bukan materi pembelajaran yang disusun tim official Brainly.

Hoaks Pemblokiran Brainly

Kabar pemblokiran Brainly sudah terdengar sejak 14 agustus lalu dan belum ada konfirmasai pada saat itu. Saat artikel ini ditulis akun Instagram Brainly Indonesia @brainlyid memposting gambar dengan caption klarifikasi-nya bahwa isu yang beredar hanyalah hoaks semata.

Memang selama rumor ini beredar pihak Brainly tidak menanggapi, hingga official account Instagramnya mengunggah postingan tersebut. Dalam postingan itu pihaknya menyatakan akan tetap membantu pelajar Indonesia bersinar seperti biasa.

Itu tadi ulasan singkat tentang pemblokiran Brainly, dibawah ini ada fakta menarik branly yang perlu kamu simak.

Tidak Ada Reward untuk Moderator 

Dengan jutaan pengguna tiap harinya, tentu Brainly membutuhkan banyak sumber daya untuk mengelola situs dalam bentuk web maupun aplikasi. Karena itu pihaknya sering mengundang penggunanya yang aktif menjadi moderator untuk mengelola konten berupa jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Total sudah ada 2000 moderator diseluruh dunia.

Meskipun Brainly menampilkan iklan yang merupakan sumber penghasilan di situs webnya, para moderator yang ikut bertanggung jawab mengelola konten tidak akan mendapat bayaran meski ada tingkatan levelnya. Jadi para moderator dan penjawab soal mengerjakan tugasnya dengan tulus tanpa mengharap bayaran. Biarpun tidak dapat upah, tapi para moderator dan penjawab mendapat media untuk berlatih soal-soal yang di ajukan penanya.

Pencapaian Sejak Awal Berdiri

Hingga saat ini Brainly sudah tersedia di lebih dari 35 negera dengan 200 juta pengunjung unik setiap bulannya. Total pertanyaan yang sudah terjawab dengan situs ini adalah 50+ juta pertanyaan di seluruh dunia. Lebih dari 2000 moderator siap menjaga konten agar tetap relevan dan nyaman dibaca. Situs ini juga memiliki anggota yang ahli dalam berbagai bidang, jadi jawaban yang didapat akan lebih terpercaya.

Itulah tadi ulasan singkat dari kabar pemblokiran Brainly oleh pemerintah. Dari sini kita bisa belajar untuk tidak langsung menelan mentah-mentah berita yang didapat, juga manfaatkan kemudahan se-bijak mungkin jangan sampai kemudahan yang saat ini kita dapat justru mendatangkan kesulitan di kemudian hari.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email