Reels Instagram, Siap Gantikan Tiktok di India

Post a Comment
Reels Instagram
Pixabay.com

Reels, Pesaing Tiktok Besutan Instagram - Salah satu Imbas perseteruan India dan China adalah pemblokiran 59 aplikasi dari China oleh India. Termasuk Tiktok, aplikasi berbagi video yang populer di India. Hal ini menjadi kesempatan emas Instagram untuk mengenalkan fitur barunya yaitu Reels.

Reels di uji coba beberapa hari setelah Facebook mengumumkan penutupan Lasso, aplikasi serupa Tiktok. Alasannya lasso adalah bagian dari pengujian Reels.


Meskipun disebut sebagai pesaing Tiktok, Reels bukanlah sebuah aplikasi, namun hanya berupa fitur yang terintegrasi dengan Instagram. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video berdurasi 15 detik yang bisa dipasangkan dengan musik atau audio lainnya.

Reels juga menyediakan berbagai tools untuk mengedit video, seperti timer penghitung mundur dan tool untuk mengubah kecepatan video.

Pengenalan Reels di India dinilai sebagai langkah yang tepat. Dikutip dari inet.detik.com, Selain karena pasar India kehilangan Tiktok, kehadiran Reels di Negeri Bollywood juga terbilang ideal karena beberapa alasan. Salah satunya karena Facebook telah bekerjasama dengan Saregama, label musik terbesar di India

Hal ini memungkinkan Facebook selaku perusahaan yang mengakuisisi Instagram, melisensikan musik untuk digunakan Facebook dan Instagram. Saregama memegang lisensi lebih dari 100.000 lagu.

Sebelumnya, fitur ini rilis pada tahun 2019 di Brasil, hingga pada 25 juni 2020 dapat diakses pengguna Instagram di Jerman dan Perancis. Namun belum diumumkan kapan Reels akan diluncurkan di seluruh dunia.

Saat diuji coba di Brasil, para pengguna menyebut ingin ada ruang khusus untuk kumpulan konten Reels yang mereka buat dan menonton konten yang dibuat orang lain. Instagram akhirnya memindahkan fitur Reels ke ruang khusus di halaman profil sehingga pengguna dapat menemukan konten tersebut di bagian Explore.


Reels diharapkan dapat meraup pengguna Tiktok di India. India sendiri merupakan negara dengan jumlah pengguna Tiktok terbesar di dunia.

Meski begitu, Reels masih memiliki pesaing lokal yang mengalami peningkatan pengguna hingga 22 juta sejak pencekalan Tiktok. Aplikasi berbagi video singkat asal India tersebut adalah, Roposo, Chingari, dan Mitron.

Sumber : liputan6.com, inet.detik.com, tekno.tempo.co

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email