Cara Scan Kertas Menjadi File Pdf di HP Android

Post a Comment

Cara Scan Kertas Menjadi File Pdf di HP Android - Kemajuan teknologi yang semakin pesat memungkinkan kita untuk mengerjakan berbagai hal dari Handphone. Contohnya scan dokumen kertas menjadi file format pdf bukanlah hal yang mustahil dilakukan dengan HP.

Ada dua cara yang dapat dicoba yaitu dengan mengunduh aplikasi tambahan atau memanfaatkan aplikasi bawaan Smartphone. Tentunya dua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak langkah-langkah dibawah ini.

Cara Scan Menggunakan Aplikasi Notebloc

Menggunakan Notebloc untuk scan dokumen merupakan opsi terbaik untuk orang yang tidak mau ribet dan ingin praktis. Karena Notebloc memiliki interface sederhana dan cara penggunaan yang simple sehingga di mudah dipahami orang awam. Sebelum menyimak tutorialnya, pastikan aplikasi Notebloc sudah terinstal di HP mu, download aplikasinya disini. Jika sudah langsung simak langkah-langkah di bawah ini.

Langkah Pertama

Siapkan dokumen atau kertas yang akan dan buka aplikasi Notebloc.


Langkah Kedua

Aplikasi Scaning Notebloc

Klik ikon kamera pada bagian bawah aplikasi untuk mengambil gambar dokumen. Sebaiknya jangan gunakan fitur flash karena akan memberikan efek bintik cahaya pada gambar sehingga membuat hasil discan akan terlihat tidak profesional apalagi jika yang akan di scan adalah foto berwarna

Langkah Ketiga

Aplikasi Scaning Notebloc

Setelah selesai mengambil gambar dokumen, sesuaikan batas gambar dengan menggeser garis dan sudut hijau, pastikan tidak ada berkas cahaya dalam foto dan semua isi dokumen termuat. Lalu tekan centang.

Langkah Keempat

Aplikasi Scaning Notebloc

Pada bagian ini kamu akan melihat pratinjau dari hasil scan dokumen mu. kamu bisa menyesuaikan warna dan ukuran dokumen mu di tahap ini. Kalau dirasa sudah pas tekan centang untuk menyimpan.

Langkah Kelima

Aplikasi Scaning Notebloc

Simpan file dengan menekan ikon titik tiga di bagian kanan bawah layar, pilih "simpan ke penyimpanan" disini kamu bisa memilih format berkas sebagai pdf atau jpg, kamu juga bisa merubah ukuran berkas menjadi lebih kecil. Selanjutnya tekan panel "SIMPAN KE PENYIMPANAN" dan kamu sudah berhasil scaning dengan HP Android mu.

Cara Scan dengan Google Drive

Kamu juga bisa memanfaatkan salah satu layanan google untuk mengubah dokumen fisik menjadi file format pdf lewat handphone. Google Drive, selain sebagai tempat menyimpan dan berbagi file juga bisa digunakan untuk scaning dokumen kertas menjadi file format pdf. Berikut ini tutorialnya.

Langkah Pertama

Sebelum memulai scaning, pastikan Google Drive merupakan versi terbaru, jika masih menggunakan versi lama kamu bisa memperbarui nya disini.

Langkah Kedua

Scaning dengan Google Drive

Buka Google Drive lalu klik ikon plus, dan pilih ikon pindai dengan gambar kamera untuk scaning dokumen mu.

Langkah Ketiga

Scaning dengan Google Drive

Setelah selesai mengambil gambar, kamu akan melihat langsung pratinjau file mu tanpa harus mengatus batas gambar karena sudah otomatis. Tekan panel simpan untuk menyimpan projek.

Langkah Keempat

Scaning dengan Google Drive

Pilih akun dan destinasi file akan di simpan, lalu klik simpan dan file pdf mu, untuk mendownloadnya klik ikon titik tiga lalu pilih download.

Kesimpulan

Itulah tadi dua cara mudah scan kertas menjadi file pdf di HP Android. Saya rekomendasi kan untuk menggunakan cara pertama yaitu dengan aplikasi notebloc karena hasil yang diberikan lebih baik. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email