Cara Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan CorelDraw

Post a Comment
Cara Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan CorelDraw - Thumbnail merupakan faktor penting dalam optimasi video youtube. Orang-orang lebih cenderung memperhatikan Thumbnail daripada judul video, karena itulah banyak youtuber yang membuat Thumbnail hiperbola atau tidak sesuai dengan isi videonya yang biasa disebut clikbait.

Thumbnail memang menjadi salah satu penentu jumlah viewers yang akan diperoleh. Karena itu, penting untuk para youtuber mempelajari cara membuat Thumbnail Youtube yang unik sehingga bisa mengundang penonton.

Thumbnail Youtube yang akan dibuat kali ini mirip dengan yang digunakan para youtuber di videonya, berisi kombinasi kalimat, dan ilustrasi. Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa digunakan, namun kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan CorelDraw, langsung saja simak langkah-langkah dibawah ini.

Contoh Thumbnail Youtube
Contoh Thumbnail Youtube


Tutorial Membuat Thumbnail Youtube dengan CorelDraw X7

Saya menggunakan CorelDraw X7 namun kamu tetap bisa mengikuti cara dibawah ini dengan CorelDraw versi lainnya.

Langkah Pertama

Cari bahan yang dibutuhkan seperti ilustrasi manusia, logo youtube, emoticon,atau apapun itu. Kamu bisa mendapatkan bahan tersebut di situs microstock bebas royalti seperti pixabay, pexels, dan freepik. Situs yang biasa saya gunakan adalah pixabay.



Langkah Kedua

Setelah semua bahan sudah siap, buka lembar kerja CorelDraw dengan ukuran 1280 x 720 px (pixels) dan ekspor gambar yang akan kamu gunakan sebagai Thumbnail Youtube.


Langkah Ketiga

Buatlah background dengan meng-klik logo kotak pada tool bar sebanyak dua kali, pilih warna yang sesuai dan simple agar tidak terkesan lebay.


Langkah Keempat

Selanjutnya seleksi ilustrasi manusia pada gambar kamu bisa menggunakan B-Spline tool, Pen tool, maupun Bezier. Ikuti pola ilustrasi tersebut dari kepala hingga kali.


Langkah Kelima

Jika sudah selesai, klik pola tersebut dengan menekan Shift lalu klik gambar tanpa melepasnya setelah itu klik intersect.


Langkah Keenam

Susun gambar-gambar tersebut semenarik mungkin.


Langkah Ketujuh

Berikan text sesuai konteks dengan Text tool. Pilih jenis dan ukuran font dengan tepat. Beri outline pada text agar terlihat lebih tegas.


Langkah Kedelapan

Atur tata letak text yang dibuat. Setelah terlihat rapi tinggal di export, dengan memblok semua partikel lalu tekan Ctrl + E.


Itulah tadi Cara Membuat Thumbnail Youtube Menggunakan CorelDraw. Membuat Thumbnail yang menarik memang bisa mengundag penonton, namun harus sesuai dengan isi video jika tidak, bisa saja penonton akan kesal dan pergi satu persatu atau bahkan channel youtube mu bisa di report. Tutorial diatas bisa kamu kreasikan sendiri dan sekreatif mungkin. selamat mencoba.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email