4 Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mendownload Aplikasi Tambahan



Dizaman yang serba digital saat ini kita dituntut untuk lebih bisa menguasai berbagai teknologi bahkan sekedar untuk mengirim tugas sekolah, apalagi di situasi pandemi ini sistem pembelajaran dirubah menjadi daring atau online. Tak jarang guru mengintruksikan untuk mengumpul tugas yang diberikan dalam bentuk foto, baik via whatsapp, google classroom, google drive, bahkan google form. Masalahnya, beberapa aplikasi atau website tersebut membatasi ukuran foto dan file yang bisa diupload. Jika ukuran foto atau file kamu melebihi batas, tentu saja yang harus dilakukan adalah kompres atau resize ukuran foto menjadi lebih kecil.
Jika ingin memperkecil ukuran foto kita memiliki dua pilihan yaitu, menggunakan aplikasi atau tidak menggunakan aplikasi. Kali ini saya akan membagikan 4 cara memperkecil ukuran foto tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

1. Meminta Untuk Mengirimkan Lewat Whatsapp


Walaupun memerlukan aplikasi, cara yang satu ini tetap saya tambahkan karena whatsapp merupakan aplikasi yang umum dipakai di seluruh dunia. Cara ini juga termasuk gampang, siapa orang yang menggunakan whatsapp tapi gak bisa ngirim foto?. Mungkin kamu orang yang serig berkirim foto menggunakan aplikasi ini, tapi sadarkah kamu ukuran foto yang kamu kirim akan jadi lebih kecil dari foto aslinya?. Foto yang diterima akan secara otomatis dikompres keukuran yang lebih kecil.


2. Menggunakan Microsoft Office

Untuk menggunakan cara ini kamu harus punya laptop atau pc. Ketika kamu membeli laptop atau pc biasanya unit yang kamu pesan akan dilengkapi dahulu dengan software-software standard seperti microsoft office. Jadi cara ini tetap masuk ke dalam dafar. Berikut ini langkah-langkah kompresfoto menggunakan microsoft office.

 • Klik kanan pada foto yang akan dirisize.

 • Arahkan kursur ke open with, kemudian pilih microsodt office


Setelah terbuka klik edit picture, seperti pada gambar di bawah

Pada sub menu Change Picture Size klik compress picture

Setelah terbuka kamu akan diberikan pilihan untuk mengompres foto

Klik ok lalu save dengan menekan Ctrl+S


3. Menggunakan Web

Ada banyak website yang menyediakan jasa kompres foto dengan gratis. Resize ukuran foto menjadi lebih kecil berkali-kali lipat. Cara ini sangat efektif, kamu tidak perlu menginstal aplikasi lain yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet, karena kamu harus mengunggah foto dan mengunduh hasil kompresnya. Namun, cara ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada foto yang bersifat privacy karena rawan tindak kejahatan. Dari sekian banyak website penyedia layanan kompres foto, saya akan merekomendasikan 2 yang terbaik menurut pengalaman saya.

a. Compress JPEG

Pada website ini kamu tidak hanya bisa memperkecil ukuran gambar yang berupa JPEG saja. Ada tiga opsi file yang dapat kamu pilih, yaitu JPEG, PNG, dan PDF. Iya, Compress JPEG juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Compress JPEG.


  • Langkah pertama buka web tersebut, bisa klik Compress JPEG
  • Jika halaman sudah terbuka, pilih jenis file lalu unggah berkas
  • Selanjutnya jika berkas sudah ter upload maka akan ada tanda loading
  • Tunggu hingga loadingnya selesai lalu klik unduh berkas
  • File yang didownload berupa file ZIP jika kalian memilih untuk mengunduh semua berkas, namun tidak perlu khawatir kamu hanya perlu untuk mengekstrak file tersebut. Untuk penggunan android dapat menonton video dibawah ini:

b. Compressnow

Menurut saya compessnow adalah yang paling mudah digunakan, saat memasuki halaman web tersebut kamu akan melihat dua tombol yaitu Upload dan Compress. Kamu juga dapat mengatur besar kecilnya ukuran gambar hasil kompres melalui persentase di bawah bar upload dan compress (jika kamu menggunakan Smartphone). Semakin kecil persentasenya semakin besar ukuran gambar dan sebaliknya. Berikut cara menggunakan compressnow.


  • Langkah pertama buka web tersebut, bisa klik Compressnow
  • Jika halaman sudah terbuka, klik upload
  • Pilih foto yang akan dikompres
  • Selanjutnya klik Compress
  • Scroll kebawah dan kamu akan mendapati file foto yang sudah terkompres
  • Lalu download.

4. Screenshot Foto

Ini adalah cara ter mudah yang bisa kamu lakukan untuk kompres foto ke ukuran yang lebih kecil. Screenshot akan menghasilkan foto dengan kualitas yang sama seperti foto aslinya namun dengan ukuran yang lebih kecil. Ada berbagai macam cara untuk screenshot foto, umumnya pengguna android maupun IOS akan menekan tombol power dan home atau volume. Namun, ada juga smartphone keluaran terbaru yang hanya perlu mengusap layarnya dari atas ke bawah untuk screenshot.

Mengecilkan ukuran foto memang terdengar sepele. Namun, di zaman yang modern dan serba digital kita harus bisa menyesuaikan diri dengan menambah pengetahuan seputar teknologi termasuk cara mengecilkan ukuran foto atau kompres foto. Ilmu ini penting karena banyak segala bentuk pendaftaraan menggunakan sistem online bahkan melamar pekerjaan pun online.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email