3 Cara Mudah Screenshot di PC dan Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Tutorial Screenshot PC atau Laptop

3 Cara Mudah Screenshot di PC dan Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan - Screenshot atau screen capture adalah foto tangkapan layar yang diambil dari gadget seperti smartphone, tablet, laptop, dan PC. Foto tangkapan layar biasanya digunakan untuk memberitahukan seseorang tentang hal apa yang ada di layar gadget kita atau digunakan untuk memperjelas uraian pada artikel tutorial agar memudahkan pembaca memahami tutorial tersebut, tentunya artikel ini juga akan berisi screenshot.

Cara yang dilakukan untuk screenshot pada perangkat-perangkat diatas tidaklah sama. Mengambil foto tangkapan layar merupakan hal yang mudah, tapi sebagian orang masih kebingungan mengerjakannya. Mengambil tangkapan layar di smartphone sudah menjadi hal biasa tapi dilakukan di PC atau laptop? mungkin belum pernah atau baru akan kamu lakukan saat membaca artikel ini.

Mengambil gambar layar pada laptop dan PC bisa dilakukan dengan aplikasi bawaan tanpa harus mengunduh software lainnya. Screenshot pada layar laptop dan PC juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan lewat variasi tombol di keyboard. Lalu cara apa yang sebaiknya digunakan untuk mengambil foto tangkapan layar di PC dan laptop?, Berikut ini 3 cara mudah yang dapat kamu lakukan.

1. Menggunakan Paint dengan tombol Print Screen

Cara pertama dengan menggunakan aplikasi paint dan tombol Print Screen. Paint merupakan aplikasi bawaan yang kamu dapatkan jika menggunakan windows sebagai operating system pada perangkatmu.

langkah 1: Buka halaman PC atau laptop yang ingin di screenshot.
Halaman yang akan di screenshot

langkah 2: Tekan tombol Prtsc SysRq yang terdapat di bagian atas keyboard atau setelah tombol F12.

langkah 3: Buka aplikasi paint, kemudian paste-kan tangkapan layar yang barusan diambil menggunakan kombinasi (Ctrl + v). Hasil Screenshot akan muncul selanjutnya simpan gambar dengan menekan tombol (Ctrl + s).

2. Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word memang bukan aplikasi bawaan laptop atau windows tapi software besutan microsoft ini wajib ada di laptop dan PC. Saking pentingnya aplikasi ini tak jarang saat pembelian laptop kita di berikan bonus paket lengkap Microsoft Office walaupun biasanya versi tani, karena itulah cara ini kami masukan di dalam daftar.

• langkah 1: Buka halaman PC atau laptop yang ingin di screenshot.

• langkah 2: Buka Microsoft Word tanpa menutup halaman yang akan di screenshot, pilih panel menu insert.

• langkah 3: Pada bagian submenu insert klik screenshot lalu pilih screen clipping. secara otomatis kamu akan menuju halaman sebelumnya dengan kursur berbentuk plus yang berfungsi untuk mengambil gambar.

• langkah 4: Arahkan kursur pada bagian halaman yang akan di screenshot sambil menekan tombol kiri mouse, lepas jika sudah. 

• langkah 5: Otomatis gambar akan terbuka di microsoft word. Simpan gambar dengan mengklik kanan mouse dan pilih save as picture

3. Menggunakan Tombol Windows dan Print Screen

Dari dua cara sebelumnya, cara ini adalah yang paling mudah. Tidak perlu menjalankan aplikasi apapun cukup dengan menekan kombinasi tombol windows dan Prtsc SysRq. Tekan dua tombol tersebut secara bersamaan dan monitor pun akan berkedip yang menandakan proses screen capture selesai. Foto tangkapan layar tersebut akan tersimpan di folder khusus screenshot.


Itu tadi tiga cara gampang untuk mengambil tangkapan layar atau Screenshot di PC dan laptop. Silahkan pilih salah satu. Namun, saya rekomendasikan untuk menggunakan cara no 3 karena paling simple dan praktis. Selamat mencoba.

Baca Juga:
 

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email